2014, Jejaring Sosial Bakal Gusur Email


NEW YORK - Popularitas jejaring sosial kian melonjak dari tahun ke tahun. Di tahun 2014 mendatang kemungkinan besar fungsi jejaring sosial akan terus meluas, bahkan diperkirakan akan menggusur fungsi email.

Firma riset Gartner memperkirakan, 20 persen komunikasi bisnis nantinya akan menggunakan jejaring sosial. Hegemoni email terus tertekan oleh Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Yammer. Peran Outlook semakin lama semakin terpinggirkan.

"Di masa lalu, sebuah organisasi hanya didukung email dan sangat terstruktur, hari ini, paradigma sosial konvergen dengan email, instant messaging (IM) menciptakan gaya kerjasama baru," kata Monica Basso, Research Vice President Gartner seperti dilansir Networkworld, Sabtu (13/11/2010).


Dikatakan Basso, perbedaan yang kaku antara jaringan email dan sosial akan terkikis. "Email akan mengembangkan atribut sosial, sementara jejaring sosial akan mengembangkan kemampuan seperti yang dimiliki email," kata Basso.

Pola komunikasi melalui jejaring sosial merupakan salah satu cara baru dalam berbisnis. Selain itu, bagi sebuah perusahaan jejaring sosial adalah sarana paling tepat untuk mempromosikan sebuah produk atau membangun brand di mata konsumen.

Lihat saja, jumlah pengguna Facebook yang kini telah tembus 500 juta. Jumlah ini sangat berpotensi untuk mengenalkan bisnis sebuah perusahaan.
(ugo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto