Facebook Habiskan USD450 Juta untuk Data Center


CAROLINA - Facebook kehabisan server untuk menangani 500 juta penggunanya. Mereka pun memutuskan untuk membangun sebuah data center baru di Carolina Utara yang memakan biaya sekira USD450 juta.

Hal tersebut diumumkan oleh gubernur California Utara, Bev Perdue, yang mengatakan bahwa membutuhkan waktu 18 bulan untuk menyelesaikan data-center tersebut. Selain itu data center tersebut juga diperkirakan mampu memperkerjakan 35 sampai 45 orang untuk mengoperasikannya (tidak termasuk 250 pekerjaan yang dibutuhkan selama proses konstruksinya). Data-center tersebut dibangun di Rutherford County, yang terletak di barat Charlotte, Carolina. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Jumat (12/11/2010).

Pihak Facebook dan gubernur juga menyatakan bahwa data-center tersebut ramah lingkungan juga hemat energi. Data-center itu akan menerapkan teknologi manajemen tenaga dan pendinginan yang inovatif. Selain itu diharapkan bahwa data-center tersebut akan mengurangi ketergantungan tenaga computing dan konsumsi tenaga yang berhubungan, dari tenaga yang dibutuhkan oleh data-center sebelumnya, beberapa tahun yang lalu.

Facebook mengganti data-center nya yang pertama pada bulan Januari (yang berbasis di Oregon) dalam rangka menghadapi pertumbuhannya yang cepat. Bagaimanapun pertumbuhan dari situs jejaring sosial tersebut begitu besar, sampai-sampai di tengah-tengah pembuatannya, mereka memutuskan untuk menambah kapasitas data-center.

Sebelumnya data-center Facebook seperti tidak mampu menampung pertumbuhan data pengguna yang melejit tapi kini Facebook telah menambah kapasitas data-centernya agar situs mereka bisa tetap berjalan.
(srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto