GM Resmi Tutup Merek Pontiac


DETROIT- Pontiac, salah satu merek legendaris yang telah ada lebih dari setengah abad akhirnya harus mengehentikan produksinya mulai akhir Oktober lalu.

Pasalnya, General Motor (GM) sebagai induk perusahaan, dikabarkan telah resmi menutup merek mobil yang sudah ada lebih dari 80 tahun tersebut, karena masalah keuangan.

Terhitung sejak tanggal itu pula juga kontrak antara GM dengan para dealer resmi yang menjual Pontiac juga berakhir.

Nama besar Pontiac dimulai pada tahun 1926, meskipun sebenarnya Pontiac hadir sekitar 19 tahun sebelumnya.

Di era 60an silam, merupakan periode paling sukse bagi Pontiac, yang merupakan merek mobil terlaris ketiga di Amerika di bawah Chevrolet dan Ford. Bahkan puncaknya di tahun 1968 Pontiac berhasil menjual mobil sebanyak hampir satu juta unit.

Namun pada saat tahun 80-an tiba, merek asal Amerika tersebut mengalami kemunduran. Dan dua dekade terakhir telah bergerak, lambat hingga mengalami krisis keuangan, selama krisis ekonomi tahun lalu.

GM juga terpaksa harus menjual beberapa merek yang dipegangnya, seperti Saab, Hummer dan Pontiac. Kedua merek pertama telah laku terjual. Dan kini GM kan fokus pada empat merek yang masih dipegannya, yakni Buick, Chevrolet, GMC dan Cadillac.

"Ketika era mobil berotot (muscle car) di masa jayanya, Pontiac adalah raja," kata Frederick Perrine yang memiliki dealer Pontiac seperti dikutip dari New York Times, Senin (1/11/2010). Perrine dan keluarganya merupakan keluarga yang menjual Pontiac sejak merek ini pertama kali dibangun.

Pontiac juga sempat tenar kembali, saat salah satu produknya, Trans Am generasi ketiga terpilih menjadi lakon film serial Knight Rider.

Film tersebut menceritakan kisah mobil pintar yang selalu membantu pemiliknya dalam menjalankan tugasnya, mobil tersebut dilengkapi dengan bodi anti peluru dan perangkat turbo yang mampu melarikan Kitt hingga kecepatan lebih dari 200 mph. (uky)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto