Kampanye Komersial, Enak Facebook atau Twitter?


Jakarta - Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media beriklan atau kampanye komersial. Lantas jika mau dibandingkan, lebih efektif mana? beriklan di Facebook atau Twitter?

Pengamat media sosial Nukman Luthfie mengatakan, percakapan di Twitter dan Facebook memiliki arah yang berbeda. Jika digunakan sebagai kampanye komersial atau sarana beriklan, Facebook dikatakan olehnya akan lebih efektif.

"Dilihat secara kasat mata saja, Facebook menyediakan platform yang lebih mendukung untuk beriklan ketimbang Twitter," kata Nukman saat dihubungi detikINET, Kamis (04/11/2010).

Selain itu, menurutnya hal ini juga dipengaruhi oleh perbedaan arah komunikasi antara Facebook dan Twitter. Facebook dinilai memiliki platform yang lebih lengkap sehingga memudahkan pengiklan.

"Kalau di Facebook kan sifatnya targetted, lebih mudah menyasar yang akan dituju. Sedangkan kalau di Twitter, mass. Ada lebih banyak orang sehingga sulit mengarahnya," terangnya.

Di Twitter menurutnya, sebuah tweet bisa direspons oleh siapa saja dan umumnya bahan pembicaraan sering tidak fokus karena melebar kemana-mana. Namun ditambahkan olehnya, sifat Twitter yang lebih cepat dalam menyampaikan informasi lebih cocok jika digunakan untuk word of mouth.
( rns / wsh )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto