Menkominfo Segera Realisasikan BTS Kotoran Sapi


Jakarta - Salah satu aksi penghijauan yang akan didorong Menkominfo Tifatul Sembiring untuk industri telekomunikasi ialah dengan cara menggunakan kotoran sapi sebagai sumber daya energi untuk operasional infrastruktur base transceiver station (BTS).

"Rencananya sudah lama. Namun realisasinya baru bisa sebelum akhir tahun 2010 ini. Tinggal menunggu jadwal lowong saya saja untuk tanggal peluncurannya," kata menteri di sela acara 'Hijau untuk Negeri' di Blitz Megaplex, Pacific Place, Jakarta, Kamis (4/11/2011)

Untuk mewujudkan misi 'go green' ala Kominfo di bawah kepemimpinan Tifatul, Departemen Pertanian pun kata menteri sudah digandeng untuk menyediakan puluhan sapi yang akan 'diperah' untuk dimanfaatkan kotorannya.

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan Departemen Pertanian untuk menyediakan 10-20 sapi yang kotorannya bisa diolah menjadi biofuel. Setiap 10 ekor sapi cukup untuk menyuplai satu BTS," papar menteri dari partai PKS ini.

Langkah program ini, lanjut dia, juga sudah mulai disosialisikan kepada seluruh operator telekomunikasi. "Salah satunya yang akan menggunakan adalah Telkomsel," ucap Tifatul.

Selain mengusung program BTS kotoran sapi, menteri juga mendukung inisiatif BTS ramah lingkungan lainnya dengan memanfaatkan penggunaan tenaga surya (solar cell) dan tenaga angin. ( rou / ash )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto