Nokia: Symbian Adalah Platform Terbaik!


Jakarta - Nokia menegaskan telah menutup pintunya rapat-rapat bagi platform Android. Meskipun sudah banyak vendor ponsel yang kepincut menggunakan OS yang digawangi Google ini, namun hal itu nyatanya tak cukup untuk turut memikat Nokia.

"Symbian adalah platform terbaik," klaim Kenny Mathers, Head Developer Relatios & Marketing Forum Nokia, APAC, kepada sejumlah wartawan di Hotel Grand Mahakam, Jakarta, Selasa (16/11/2010).

Meski Android merupakan salat satu pesaing Nokia di ranah ponsel pintar, Kenny menuturkan bahwa pihaknya memberi respek dengan apa yang Android telah lakukan. Pun demikian, ya cuma sebatas itu, tak sampai ikut menggunakan jasa Android di smartphone besutannya.

Menurut Kenny, Nokia memiliki sejumlah misi ketika ingin menciptakan sebuah handset. Pertama adalah ingin membuat gadget yang canggih. Lalu service yang ditawarkan dapat terintegerasi dengan layanan Nokia lainnya. Ketiga, tentu saja terjangkau oleh pengguna.

"Dan kami sudah mendapatkan semua itu pada Symbian. Jadi posisi kami terhadap Android sepertinya sudah jelas (menutup pintunya rapat-rapat)," pungkasnya.

Nokia memang habis-habisan dalam membela Symbian. Terlebih ketika vendor asal Finlandia ini memutuskan akan mengambil alih sepenuhnya pengembangan sistem operasi tersebut.

Symbian Foundation akan bertransisi dari peran sebagai pengendali perkembangan Symbian, menjadi lembaga pengurus lisensi Symbian saja. Lembaga ini bakal mengurus perizinan jika ada yang berminat memakai Symbian selain Nokia. Sementara Nokia bakal mengontrol penuh arah pengembangan platform Symbian mulai bulan April 2011.

Langkah Nokia ini dipandang tidak mengagetkan. Ben Wood, analis CSS Insight menyatakan, Nokia salah mengkalkulasi sehingga membuat Symbian open source. Padahal, dukungan dari vendor lain ternyata minim sehingga Nokia tetap yang paling bekerja keras.

Sinar Symbian memang perlahan pudar meski sejatinya masih jadi OS paling banyak dipakai di dunia. Belum lama ini, Samsung dan Sony Ericsson sudah mengucapkan selamat tinggal kepada Symbian.

Namun Nokia masih tetap percaya diri mengandalkan Symbian. Mereka juga baru meluncurkan ponsel andalan dengan Symbian^3, Nokia N8.
( ash / rns )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto