Pemanasan Global, Kepiting Raksasa Berpindah ke Antartika


SOUTHAMPTON - Perubahan suhu di laut membuat kepiting-kepiting raksasa memasuki ekosistem unik di Antartika. Rupanya perubahan suhu tersebut memaksa mereka untuk bermigrasi.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di National Oceanography Centre di Southampton, Inggris menemukan bahwa sedikit saja kenaikan suhu air laut karena pemanasan global bisa saja membuat kepiting-kepiting raksasa berpindah lokasi ke wilayah baru. Demikian seperti yang dikutip dari USA Today, Kamis (4/11/2010).

Kepiting berjenis 'Raja Kepiting' adalah sumber makanan yang cukup populer meski sepanjang sejarah, mereka terbukti tidak bisa hidup di Antartika. Jadi kepiting-kepiting yang kini hidup di sana tidak berevolusi untuk bisa hidup di lingkungan tersebut.

"Kepiting jenis tersebut cukup berdarah dingin dan larva mereka tidak bisa tumbuh dengan suhu air di bawah 32,9 derajat Farenheit. Batas suhu ini lah yang membuat mereka tidak ada di Laut Selatan (Antartika)," ujar Sven Thaje, seorang ekolog di University of Southampton School and Earth Science.

Para peneliti menemukan bahwa bahkan sedikit saja perubahan suhu laut yang dikarenakan Pemanasan Global dapat membuat kepiting-kepiting raksasa tersebut berpindah ke wilayah baru.

"Naiknya suhu air laut secara cepat yang diamati di sepanjang West Antartic Peninsula bisa membuat kepiting-kepiting besar tersebut menyebar dari lereng peninsula sampai ke benua antartika itu sendiri," ujar Sally Hall, wakil dari Sven Thaje di penelitan ini.

Para peneliti mempelajari distribusi dari 17 spesies Raja Kepiting di Lautan Selatan Antartika. Mereka menemukan bahwa air terdingin yang bisa diadaptasi oleh kepiting-kepiting tersebut adalah pada suhu 32,9 derajat Farenheit di Laut Ross. Kehadiran kepiting-kepiting di sekitar wilayah Antartika ini dapat menyebabkan pergantian besar dari populasi hewan yang kini ada di laut wilayah Antartika.

"Kekhawatiran dari penampakan yang mendadak dari kepiting pemangsa ini dapat mengancam populasi hewan-hewan laut kecil di wilayah seperti Laut Bellingshausen di sisi barat Antartic Peninsula," tambah Hall.
(srn)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto