Perusahaan Film Kartun 'Tom & Jerry' Bangkrut


LOS ANGELES - Perusahaan film yang memproduksi kartun Tom & Jerry serta film James Bond, Metro Goldwyn Mayer (MGM) dinyatakan bangkrut. Namun mereka berharap, hakim pengadilan pailit mau memberikan waktu 30 hari untuk restrukturisasi.

Seperti diberitakan Reuters, keputusan tersebut dikeluarkan Rabu, 3 November 2010, yang menandakan puncak bagi MGM untuk merestrukturisasi perusahaannya

Keputusan tersebut memaksa MGM memberikan kesempatan kepada kreditur untuk men-swap utang sebesar lebih dari USD4 miliar untuk eukuitas pada perusahaan hasil reorganisasi.

Manajemen MGM akan diambil oleh Gary Barber dan Roger Birnbaum, yang menjalankan perusahaan film Spyglass Entertainment.

MGM mengajukan perlindungan dari kreditur setelah terikat perjanjian dengan Carl Icahn, yakni salah satu penanggung utang terbesar, untuk memenangkan dukungan miliarder demi restrukturisasi perusahaan.

Icahn sebelumnya mendukung tawaran untuk menggabungkan MGM dengan studio lain, yakni Lions Gate Entertainment Corp. MGM juga mengatakan pemberi pinjaman dijamin untuk mendukung reorganisasi.

MGM didirikan sejak 1924 yang dikenal dengan logo Singa. Perusahaan ini sudah banyak merilis film yang masuk jajaran box office, di antaranya adalah James Bond dan The Wizard of OZ.

Tidak hanya film-film box office, perusahaan ini juga memproduksi kartun, seperti Tom & Jerry dan Pink Panther, serta film seri petinju Rocky yang dibintangi Sylvester Stallone. Sebelumnya, MGM juga dilirik oleh pemodal dari perusahaan film India, yang menawarkan untuk membayar lunas utang-utangnya.(nov)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto