XL Vs Indosat, Adu Cepat Raih 40 Juta Pelanggan


JAKARTA - Operator telekomunikasi Indosat dan XL Axiata akan beradu cepat untuk meraih 40 juta pelanggan hingga akhir tahun. Hingga akhir Oktober jumlah pelanggan keduanya hanya berbeda sekira 1,2 juta pelanggan.

XL Axiata mengalami kenaikan jumlah pelanggan sekira 9 persen dari kuartal kedua menjadi sekira 38,5 juta pelanggan. Sementara Indosat mengklaim memiliki 39,7 juta pelanggan.

"Akhir tahun ini kami menargetkan sekira 40 juta pelanggan," kata Director and Chief Commercial Officer Indosat, Laszlo Barta di sela acara peluncuran program Mu24h IM3 di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (2/10/2010).

Melihat 'tipisnya' perbedaan ini, Indosat sepertinya masih berada di atas angin untuk meraih sekira 40 juta jumlah pelanggan.

"Kami tak hanya fokus pada IM3 saja tapi juga untuk produk-produk lain, seperti Mentari," kata Barta.

Pertempuran keduanya akan semakin sengit menjelang akhir tahun 2010. Pasalnya kedua operator sama-sama menargetkan sekira 40 juta pelanggan hingga akhir tahun.

Tapi bila menegok sejenak ke jumlah pelanggan, Indosat tampaknya hanya tinggal membutuhkan sekira 300 ribu pelanggan. Indosat Optimistis untuk meraih jumlah tersebut terutama dipasok oleh tambahan jumlah pelanggan Blackberry. Indosat mengklaim hingga saat ini jumlah pelanggan baru Blackberry di mana dalam sehari dikatakan bisa mencapai 40 ribu per hari.

Sementara untuk laba bersih bisa dilihat, dari XL pada kuartal ketiga 2010 yang mencapai Rp2,1 triliun, Sedangkan laba bersih Indosat hanya Rp530,9 miliar.

Pendapatan seluler Indosat pun kalah kinclong dengan raihan Rp11,914 triliun, sementara XL meraih pendapatan usaha 13 triliun rupiah. Untuk nilai kapitalisasi pasar, Indosat pada posisi Rp32,6 triliun, jauh tertinggal dari XL dengan besaran Rp48,5 triliun.
(ugo)
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto