Friday, November 5, 2010

Inilah Negara Terbaik dan Terburuk Versi PBB


VIVAnews - Norwegia kembali dinobatkan sebagai negara yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia. Sebaliknya, Zimbabwe menempati posisi paling buncit.

Demikian menurut "Laporan Pembangunan Manusia 2010" yang diterbitkan oleh Badan PBB untuk Program Pembangunan (UNDP), Kamis 4 November 2010. Laporan tahunan itu memberikan peringkat berupa Indeks Pembangunan Manusia (HDI) kepada 169 negara yang disurvei.

Penelitian itu berdasarkan tingkat kekayaan, kemiskinan, kesehatan, keseteraan jender, kebebasan politik dan pendidikan negara-negara terkait. Negara yang memiliki skor terbesar dianggap sebagai tempat terbaik di dunia, menurut UNDP.

Menurut laporan tahunan dimuat di laman UNDP, peringkat itu lagi-lagi dihuni oleh Norwegia. Selama delapan tahun sejak 2001, negara di Eropa bagian utara itu dinobatkan sebagai negara terbaik.

Menurut UNDP, Norwegia memiliki tingkat harapan hidup selama 81 tahun dan memiliki pendapatan tahunan rata-rata sebesar US$58,810. Sebenarnya, untuk katagori negara berpendapatan tertinggi Norwegia masih kalah dengan negara mini Liechtenstein (US$81.011).

Untuk katagori negara yang punya harapan hidup terpanjang, Norwegia pun belum bisa mengungguli Jepang, yaitu 83,6 tahun. Namun, bila melihat semua katagori, Norwegia masih lebih baik ketimbang ketimbang negara-negara maju lainnya.

Di bawah Norwegia, terdapat Australia, yang diikuti oleh Selandia Baru, Amerika Serikat dan Irlandia.

Sementara itu, Zimbabwe menempati peringkat buncit, dan di atasnya terdapat sesama negara Afrika, yaitu Burundi, Niger, dan Republik Demokratik Kongo. Berbeda jauh dengan Norwegia, tingkat harapan hidup di Zimbabwe hanya 47 tahun dan pendapatan per kapita tahunan rata-rata negara itu hanya US$176

"Negara-negara itu memberi pelajaran atas dampak yang buruk dari konflik, wabah AIDS, dan buruknya manajemen ekonomi dan politik," kata Kepala UNDP, Helen Clark.

"Laporan Pembangunan Manusia ini telah mengubah cara pandang kita mengenai dunia," kata Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon. "Kami menyadari kendati pertumbuhan ekonomi sangat penting, namun yang paling penting adalah menggunakan pendapatan nasional untuk memberi rakyat peluang untuk hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih produktif," kata Ban.

Dalam 20 tahun terakhir, UNDP rutin menerbitkan laporan tahunan itu.

Video Ungkap Militer AS Selidiki UFO


INILAH.COM, Jakarta- Rekaman yang berisi beberapa anggota militer AS tengah menyelidiki pendaratan UFO, 30 tahun lalu beredar. Rekaman ini memaparkan bukti penampakan objek aneh.

Di tengah malam Natal 1980, beberapa penerbang dari pangkalan udara USAF Benwaters menyelidiki kejadian di hutan Rendlesham di Woodbridge, Suffolk, Inggris. Prajurit ini dipimpin oleh Kolonel Charles Halt.

Dengan gambaran jelas, mereka mengira telah menjadi saksi mata beberapa fenomena yang digambarkan sebagai sorotan cahaya di langit dan kerusakan aneh di beberapa pohon pinus di hutan.

"Saya mendengar suara sangat aneh dari lahan pertanian dan lumbung. Mereka sangat aktif dan mengeluarkan banyak suara," kata salah satu prajurit dalam rekaman tersebut.

Dalam rekaman video ini juga terdengar suara obrolan yang menunjukkan bahwa mereka yakin muncul lampu berwarna merah dan kuning di depan pesawat tersebut.

Meskipun begitu, belum ada jawaban yang pasti apa sebenarnya cahaya aneh itu. Ada beberapa teori di antaranya pendaratan alien atau cahaya dari mercu suar Orford.[ito]

Inilah Bocoran Fitur iPhone 5


INILAH.COM, Jakarta - Setelah iPhone 4, Apple dirumorkan akan merilis gadget penerusnya bernama iPhone 5. Nantinya, generasi terbaru iPhone ini akan dilengkapi sistem pembayaran mobile.

Sumber Cult of Mac mengatakan jika iPhone 5 rilis, perangkat ini akan dilengkapi teknologi Near Field Communication (NFC), seperti dikutip dari Telegraph.

Teknologi ini membuat iPhone seperti dompet digital dan bisa melakukan pembayaran apapun dengan menyentuhkan ponsel ke perangkat pembayaran digital.

Selain NFC, Apple akan memasukkan fitur yang memungkinkan pengguna iPhone mensikronisasi data dan settingan komputer Mac ke smartphone.

Pengguna dapat melakukan transfer ke komputer Mac lain tanpa memerlukan kabel. Jika pengguna menyentuhkan iPhone ber-NFC ke komputer Mac ber-NFC, maka perangkat Mac akan mengirimkan semua datanya ke iPhone, termasuk aplikasi dan pengaturan.

Namun ketika iPhone NFC dijauhkan dari Mac, maka data kembali ke semula, kata sumber Cult of Mac.

Sistem ini dapat mengubah komputer Apple apa saja dan di mana saja, akan sesuai dengan settingan dan data dalam komputer Mac pribadi. Meski Apple menolak memberi konfirmasi terkait rumor ini, beberapa waktu belakangan, perusahaan ini telah merekrut beberapa ahli NFC, dan berencana mengakuisisi Vivotech, perusahaan pengurus teknologi NFC.[ito]

Mengapa di China Makin Banyak Miliarder


VIVAnews - Miliarder dari China dalam daftar 400 orang terkaya dunia kini terus bertambah. Dalam daftar orang terkaya asal China versi Forbes disebutkan, masuknya 49 konglomerat baru membuat orang terkaya dari Negeri Tirai Bambu itu menjadi 128 orang.

Dalam rilis terbaru daftar orang kaya China, Zong Qinghou, pemimpin perusahaan minuman raksasa Wahaha, menempati urutan pertama dengan membukukan kekayaan US$8 miliar dari sebelumnya US$4,8 miliar tahun lalu.

China tumbuh pesat 30 tahun terakhir setelah Deng Xiaoping memperkenalkan kebijakan pro pasar. Ekonomi China tumbuh menjadi negara terbesar kedua di dunia. Jumlah miliarder dari China juga menempati posisi kedua terbesar setelah Amerika Serikat.

Shenzen adalah wilayah yang menyumbang miliarder terbanyak, yakni 17 orang. Disusul Beijing dengan 15 orang dan Shanghai yang menempati urutan ketiga dengan 10 orang terkaya. Sembilan konglomerat berada di bawah usia 40 tahun dan 11 miliarder China berjenis kelamin perempuan.

Menariknya, laporan Forbes menunjukkan bahwa 10 dari 400 orang terkaya China telah mendapatkan keuntungan dari sektor kesehatan. Hal itu menunjukkan perbedaan kontras dari tahun sebelumnya yang lebih banyak berasal dari sektor real estate atau properti.

Lu Zhiqiang dari Oceanwide Construction misalnya. Posisinya bergeser jauh ke posisi 51 dari sebelumnya di peringkat 31 dengan kekayaan yang menyusut sekitar US$500 juta tahun ini menjadi US$2,15 miliar.

"China adalah negara yang memimpin penawaran saham perdana tahun ini, dan peningkatan besar pada kekayaan miliarder terkait erat dengan kesuksesan IPO (initial public offering) perusahaan China," kata Editor Senior Forbes, Russel Flannery.

Secara umum, negara-negara di Asia memiliki kinerja yang baik tahun ini. Meski terlihat turun tipis dibanding orang Amerika, konglomerat dari kalangan Asia hanya bertambah 104 orang dalam daftar miliarder dunia.

"Semangat wirausaha yang kuat, kenaikan saham dan aset, pertumbuhan ekonomi yang berlanjut, serta apresiasi renminbi membuat miliarder China meningkat dalam tahun-tahun mendatang," kata Zhou Jiangong, editor in chief Forbes China.

Selain itu, praktik akuntansi dan sulitnya mencatat nilai perusahaan tak tercatat di bursa, membuat kemungkinan lebih banyak miliarder di negara berkembang di Asia yang tidak tercatat dalam daftar tersebut.
• VIVAnews

Pembersih Rumah Seksi Ala Ceko


VIVAnews - Himpitan ekonomi terkadang membuat seseorang rela melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan. Seperti yang dilakukan sekelompok mahasiswi di perguruan tinggi di Ceko.

Mereka menawarkan layanan cleaning service atau sebagai pembersih panggilan ke rumah dan kantor. Tetapi, ada yang tidak lazim dari jasa cleaning service yang ditawarkan.

Lalu apa yang berbeda? Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih dengan setengah telanjang dan sambil melenggak-lenggok layaknya penari klub malam. Jasa yang tak lazim itu mereka sebut "Crazy Cleaner".

Pimpinan usaha kecil ini, Katka Kopecka, seorang mahasiswi yang masih berusia 21 tahun. Katka menjelaskan, "Crazy Cleaner" memiliki 15 orang pegawai yang terdiri dari mahasiswi yang bertubuh molek dan seksi.

"Tergantung permintaan, beda layanan beda tarif," kata Katka, mahasiswi jurusan ekonomi di Universitas Charles, Praha, Ceko, seperti dilansir dari metro.co.uk, 4 November 2010.

Soal tarif, kata dia, setiap pemesan jasa ini harus membayar sekitar dengan Rp700 ribu per jam. Namun tarif itu, belum termasuk permintaan khusus. Misalnya, mereka melakukan ritual bersih-bersih dengan berpakaian seksi hingga tanpa busana.

Menurut dia, jasa yang ditawarkan ini hanya sebatas jasa bersih-bersih dan tidak lebih dari itu. "Kami tidak akan melakukan lebih dari telanjang. Jadi tawaran untuk seks pasti akan kami tolak," tegasnya.
• VIVAnews

Gangguan Jantung, De La Red Gantung Sepatu


VIVAnews - Masa edar Ruben De La Red di dunia sepakbola akhirnya berakhir. Gelandang Real Madrid dan timnas Spanyol itu memutuskan untuk pensiun karena gangguan pada jantungnya.

Mundurnya De La Red dari dunia sepakbola dikonfirmasi oleh pihak klub hari ini, Jumat, 5 November 2010. "Mulai saat ini, saya berhenti dari karir saya sebagai pemain bola," ujar De La Red yang dikutip Reuters.

Pernyataan itu, menyusul permintaan dokter, agar pasiennya bernama De La Red untuk segera mengakhiri karirnya sebagai pemain sepakbola.

Padahal, De La Red menginginkan sekali untuk tetap bertahan di Real Madrid, dan tetap ingin berjuang bersama pemain lainnya. Tapi, dokter memutuskan lain.

"Saya mungkin memiliki gangguan pada jantung saya, tapi jantung ini tetap bisa berdetak untuk Real Madrid," jelasnya.

Meski demikian, De La Red yang kini berusia 25 tahun itu, tetap ingin memberikan dukungan kepada semua pemain di luar sana yang juga berkarir singkat lantaran beberapa persoalan, salah satunya karena gangguan kesehatan.

"Saya ingin memberikan dukungan kepada semua pemain di luar sana yang juga karirnya menjadi lebih singkat, dan saya juga sangat berterima kasih kepada semua orang yang terus memberikan dukungan sejak saya terpukul," tuturnya.

Bahkan, De La Red pernah pingsan di lapangan saat Madrid bertemu Real Union di ajang Copa del Rey, tahun 2008, lantaran jantung De La Red bermasalah.

De la Red mendapat kans pertama untuk masuk ke tim inti Madrid pada tahun 2005 setelah dipercaya pelatih saat itu, Vanderlei Luxemburgo. Ia membuat debut pada bulan September, dengan menggantikan Raul dalam partai kontra Athletic Bilbao.

Bahkan, untuk laga internasinal, De la Red pernah menjadi bagian skuad Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 2008. Bahkan, De la Red pernah membawa Spanyol unggul 2-1 atas Yunani berkat golnya dan itu menjadi momen paling spesial selama berkarir.
• VIVAnews

Makin Banyak Orang Makmur di Indonesia


VIVAnews - Hari ini, Jumat, 5 Oktober 2010, Badan Pusat Statistik akan mengumumkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) triwulan III. Bagaimana fundamental ekonomi nasional, juga prospek ke depan, bisa diraba dari himpunan data yang dilansir badan itu.

Tapi banyak para cendekia, badan pemerintah, pula para pedagang yang haqul yakin bahwa pertumbuhan ekonomi negeri ini sudah melaju dengan cepat.

Keyakinan itu juga datang dari Kebon Sirih, tempat Bank Indonesia berkantor di Jakarta Pusat. Rapat Dewan Gubernur, yang digelar Kamis 4 November 2010, meramalkan bahwa ekonomi Indonesia bakal semakin kinclong. Didorong oleh konsumsi domestik dan investasi, BI menghitung ekonomi bisa mekar hingga 6 persen.

Kalangan di luar pemerintah malah lebih optimistis. Ekonom Standard Chartered Fauzi Ichsan sebelumnya memperkirakan ekonomi tumbuh 6,2 persen.

Keyakinan yang sama dilontarkan ekonom Cyrillus Harinowo. PDB Indonesia tahun ini diyakini bakal menembus Rp6.400 triliun atau US$700 miliar. "Itu berarti rata-rata pendapatan per kapita penduduk Indonesia bisa mencapai US$3000 atau Rp27 juta," ujar Cyrillus kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Tak bisa dipungkiri, pendapatan US$3000 memang merupakan rata-rata dari total populasi Indonesia sebanyak 237 juta jiwa, mulai dari yang miskin hingga yang paling kaya.

Namun, Cyrillus dan Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa berkeyakinan jumlah kelompok berpenghasil menengah telah meningkat pesat. "Memang masih ada kesenjangan, tetapi yang menikmati pertumbuhan ekonomi semakin banyak," kata Yudhi.

Sebagai gambaran untuk menunjukkan semakin banyak orang yang menikmati kue pertumbuhan ekonomi, Cyrillus mengutip laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) yang berjudul "The Rise of Asia's Middle Class 2010" dan baru-baru ini dirilis.

ADB menggunakan ukuran pengeluaran untuk membedakan kelompok miskin dan tidak miskin. Yang dimaksud kelompok miskin adalah yang pengeluarannya di bawah US$2. Sedangkan, kelompok non miskin atau menengah atas, pengeluarannya US$2-20 atau Rp18.000-180.000 per hari.

Mengutip laporan ADB, jumlah kelas menengah Indonesia meningkat pesat selama 10 tahun terakhir seiring dengan terus tumbuhnya perekonomian negeri ini. Jika pada 1999 kelompok kelas menengah atas baru sekitar 25 persen atau 45 juta jiwa, namun satu dekade kemudian melonjak jadi 42,7 persen atau 93 juta jiwa.

Jika batasan orang lebih mapan dipersempit lagi dengan pengeluaran rata-rata di atas US$4 (Rp36 ribu per hari atau lebih dari Rp1 juta per bulan), maka jumlahnya 12 persen dari total populasi atau hampir 30 juta jiwa pada 2009. Ini meningkat pesat dibandingkan sepuluh tahun silam yang berjumlah hanya 9 juta jiwa.

Kulkas laris, Kafe penuh

"Poin pentingnya adalah apa yang terjadi jika orang makmur semakin banyak di Indonesia?" tanya Cyrillus.

Dia menjawab, "Hasilnya adalah munculnya gelombang perekonomian baru yang dibarengi dengan bangkitnya kelas ekonomi menengah."

Bangkitnya orang-orang makmur di Indonesia, kata dia, bisa terlihat dari gelombang peningkatan permintaan secara fantastis pada produk-produk elektronik seperti televisi, AC, kulkas, laptop, dan lainnya.

Tanda-tanda lainnya terlihat dari bermunculannya pusat-pusat belanja baru, kendati yang lama tetap ramai dikunjungi. Penjualan apartemen-apartemen dan rumah-rumah baru.

Kafe-kafe seperti Starbuck dan Caffee Bean bermunculan dan ramai dikunjungi. Begitupun dengan restoran-restoran fast food. Bandara internasional Soekarno-Hatta Jakarta juga semakin padat, bahkan kewalahan menampung lonjakan penumpang.

Pembelian kendaraan bermotor juga meningkat pesat. Tahun ini penjualan mobil diperkirakan mencapai 710-750 ribu unit. Hasil survei Bank Indonesia memperkuat semakin tingginya penjualan kendaraan bermotor pada triwulan III dan perkiraan triwulan IV ini. "Pada tahun 2012, saya perkirakan jumlah mobil yang terjual mencapai 1 juta unit," kata Cyrillus. "Bayangkan, seperti apa kemacetan Jakarta nantinya."

Untuk mengantisipasinya, Cyrillus dan Yudhi menekankan mau tak mau pemerintah harus sesegera mungkin membangun infrastruktur, seperti alternatif transportasi, pelebaran dan perluasan jalan raya dan jalan tol, jalur kereta api, memperluas bandara dan pelabuhan, pembangkit listrik dan jaringan komunikasi. "Jika tidak segera dibenahi, maka pemerintah akan kewalahan. Sekarang saja sudah kedodoran," kata Cyrillus.

Lebih dari itu, Yudhi mengingatkan dampak buruk akibat infrastruktur tidak segera dibenahi adalah kemacetan lalu lintas akan semakin parah, pengiriman barang-barang akan tersendat dan tidak efisien. "Buntutnya timbul inflasi, ekonomi bisa menjadi kepanasan."
• VIVAnews

Petir Menyambar-nyambar di Puncak Merapi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Suara petir dan cahaya kilat menyambar-nyambar terlihat di kawasan puncak Merapi, Jumat (5/11/2010) dini hari. Pemandangan ini menyusul gemuruh hebat yang terjadi sekitar pukul 23.00 diikuti getaran hebat yang sempat mengagetka para pengungsi.

Pukul 00.15 WIB dilaporkan dari Purwobinangun, sejumlah warga melihat kilatan-kilatan cahaya di puncak gunung yang berselimut awan tebal itu. Di berbagai titik, muncul kepanikan karena warga berebut kendaraan dan jalan ke lokasi di bawah yang lebih aman.

Titik pengungsian kini dipusatkan di Stadion Maguwo, Sleman. Di Jalan Kaliurang, suasana hiruk pikuk, dan banyak warga yang belum mendapatkan angkutan.

Di Pesantren Al Qodir, Pakem, puluhan warga berjajar menunggu angkutan yang akan memindahkan mereka ke Stadion Maguwo. Gemuruh dan getaran terus terdengar dan dirasakan hingga radius lebih dari 25 kilometer.(Tribun Jogja/Diaz Radityo, Putut Ami Luhur, Gaya Lufityanti, Wicaksono)

Chatsquare Hadirkan Chatroom untuk Foursquare


CALIFORNIA - Chatsquare menghadirkan Chatroom untuk Foursquare dan Facebook Places. Chatsquare adalah sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh pengusaha Israel, Nir Ofir.
Aplikasi tersebut bekerja pada browser iPhone dan Android.

Pengguna bisa koneksikan aplikasi tersebut dengan akun Facebook dan Foursquare milik mereka, dan aplikasi tersebut akan membolehkan pengguna untuk mengecek tempat-tempat dalam geo-direktorinya, dan bisa melakukan chat dengan siapapun yang sedang berada di sana.

Ada tiga jenis chatroom di Chatsquare, chat-room di specific place, chat-room di local lobby dan chat-room di global lobby. Local lobby memungkinkan pengguna untuk melakukan chat dengan siapapun untuk jarak beberapa mil. Sementara spesific place chat lah yang paling menarik. Pengguna bisa menggunakannya sebagai back-channel pada sebuah conference. Demikian yang dikutip dari Tech Crunch, Jumat (5/11/2010).

Membuat chatroom virtual pada lokasi sebenarnya berarti akan membuat semakin banyak orang semakin kecanduan ponsel mereka. Banyak orang yang bilang kalau Chatsquare sedikit mengingatkan pada GroupMe, sebuah layanan SMS grup khusus. GroupMe tidak terikat pada tempat secara spesifik, tapi layanan tersebut adalah contoh kasus yang paling mirip dengan Chatsquare.

Chatsquare pertama kali didirikan pada 1 Juli 2010. ChatSquare membolehkan penggunanya untuk secara instan terkoneksi, sharing dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekeliling mereka secara real-time.
(srn)

Waduh... Alarm iPhone4 Bikin Telat Bangun


LONDON - Gara-gara bug di alarm yang terdapat di iPhone4, pengguna gadget Apple tersebut di Inggris mengalami masalah telat bangun tidur. Pasalnya update waktu secara otomatis membuat sejumlah iPhone milik warga Inggris tak berjalan normal.

Software yang terdapat di iPhone 4 secara otomatis akan mengubah waktu. Sehingga orang yang telah menyetel alarm takkan berbunyi atau berbunyi bukan pada waktu yang telah diset.

DigitalOne, Jumat (5/11/2010) melaporkan, kejadian tersebut membuat sejumlah pengguna iPhone4 mengeluh. Ratusan orang meluapkan kekesalannya pada situs mikroblogging Twitter. Update waktu otomatis ini membuat pengguna mengalami masalah, banyak janji yang terlewati karena alarm iPhone 4 tak bekerja secara normal.

"Bagus sekali Apple, Anda telah membuat saya memutuskan bahwa saya harus menggunakan jam alarm yang tepat daripada mengandalkan pada iPhone saya," tulis pengguna lewat Twitter.

"Sungguh bodoh ketika alarm mebuat saya terlambat. Sungguh awal pekan yang indah," tulis pengguna lainnya.

Kasus ini kerap terjadi pada hari Minggu menjelang senin hari. kebanyakan waktu secara otomatis akan mundur satu jam menyesuaikan dengan waktu antara British Summer Time ke Greenwich Mean Time.

Hingga saat ini belum ada komentar dari Apple mengenai masalah gangguan pada alarm tersebut. (ugo)

Zidane-Materazzi Akhirnya Berdamai


MADRID - Setelah empat tahun bermusuhan, Zinedine Zidane dan Marco Materazzi yang jadi aktor utama kehebohan di Piala Dunia 2006 lalu akhirnya berdamai. Benarkah?

Sebagaimana dikutip Marca, Jumat (5/11/2010), Zidane-Materazzi akhirnya mengakhiri ‘gencatan senjata’ yang sempat dilakoni keduanya sejak final Piala Dunia antara Italia vs Prancis, empat tahun silam. Keduanya berdamai saat bertemu di sebuah hotel di kota Milan.

Menurut penuturan sejumlah sumber, perdamaian keduanya terjadi di Hotel tempat skuad Real Madrid menginap saat melakoni duel tandang melawan AC Milan di San Siro, Rabu malam waktu setempat. Saat pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 2-2 selesai, Materazzi dikabarkan datang ke hotel untuk menemui mantan pelatihnya di Inter Milan, Jose Mourinho.

Namun, sebelum sempat bertemu dengan Mou, Matrix justru bentrok dengan Zidane yang ikut rombongan skuad El Real dengan menjabat sebagai penasihat presiden klub Florentino Perez. Mereka pun saling menyapa dan mulai berbicara panjang lebar.

Di akhir pembicaraan, kedua sosok kontroversial ini pun sempat berpelukan selayaknya teman akrab. Ini jelas merupakan bukti sahih bahwa mereka berdua tampaknya sudah melupakan pertikaian yang terjadi diantara keduanya selama empat tahun ke belakang.

Seperti diketahui sebelumnya, Zidane memang sempat terlibat pertikaian sengit dengan Materazzi saat duel final antara Italia kontra Prancis di final Piala Dunia 2006 di Jerman. Insiden tersebut diawali dengan aksi tandukan Zidane ke dada Matrix. Atas aksinya itu, Zizou harus rela menerima kartu merah dan menerima kenyataan timnya gagal merebut gelar juara karena kalah lewat adu penalti.

Namun, puncak dari perseteruan keduanya adalah komentar yang dilontarkan Zidane yang mengaku terpaksa melakukan tindakan tidak sportif tersebut karena terpancing provokasi Matrix. Saat itu, Zidane mengaku bila bek Inter Milan itu telah melecehkan saudari perempuan termasuk sang ibu. Sementara, Matrix sendiri bersikukuh tidak mengaku telah melakukan tindakan tersebut. Alhasil, keduanya tak saling bertegur sapa selama empat tahun, sebelum akhirnya kembali berdamai. (acf)

Kiamat Lalu Lintas Jakarta


KEMACETAN. Sebuah Kata yang sudah melekat erat pada ibu kota Jakarta. Jika diibaratkan penyakit, kemacetan di Jakarta seperti kanker yang sudah sangat kronis, sulit disembuhkan dan perlu biaya besar untuk menyembuhkannya.

Hal ini sudah terjadi bertahun-tahun dan semakin memburuk setiap tahunnya bahkan sampai detik ini. Beberapa ahli memperkirakan, tahun 2014 lalu lintas Jakarta akan lumpuh total akibat ketimpangan rasio pertambahan jumlah kendaraan dengan pertambahan ruas jalan, bahkan mungkin bisa terjadi lebih cepat. Ketika itu terjadi, maka 'kiamat'-lah lalu lintas Jakarta.

Kerugian yang ditimbulkan oleh kemacetan sangat besar. Pemborosan BBM akibat berjibaku di kepadatan lalu lintas, polusi udara yang terus meningkat, dan waktu serta stamina yang terbuang sia-sia di jalan, belum termasuk kerugian nonmateril seperti emosi yang mudah tersulut, efisiensi dan produktivitas yang menurun, serta kualitas hidup warga yang ikut memburuk.

Bayangkan jika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran, mobil pemadam kebakaran tidak bisa lekas sampai ke lokasi, atau misalnya orang yang sakit dan membutuhkan pertolongan cepat malah terhambat. Bayangkan juga seorang ibu hamil yang akan melahirkan, namun tak dapat segera tertangani karena macet. Apakah ibu tersebut harus melahirkan di jalan?

Apa sebenarnya penyebab kemacetan? Mari kita telusuri satu per satu. Sebagian menuding kendaraan pribadi yang semakin banyak, menurut data Samsat DKI tahun 2009 saja terdapat lebih dari empat juta unit mobil dan enam juta unit sepeda motor di Jakarta, bahkan setiap hari sekitar 200 unit kendaraan baru didaftarkan di Samsat DKI. Mengapa warga berbondong-bondong membeli kendaraan pribadi?

Jawabannya tentu saja karena pelayanan transportasi umum yang sangat tidak aman dan nyaman. Ada yang menyebut kemacetan terjadi karena tidak tersedia angkutan umum yang aman, nyaman, murah, dan cepat. Tahun 2004 mantan Gubernur DKI Sutiyoso ‘menghadiahkan’ warga Jakarta dengan Busway yang digembar-gemborkan sebagai ‘solusi kemacetan’, namun setelah berjalan enam tahun pelayanannya semakin menurun.

Pengguna TransJakarta bertambah, namun armada bus yang tersedia berkurang, setiap jam sibuk penumpang berjejal seperti ikan sarden kalengan. Memilih menggunakan bus kota atau angkot? Aduh, semua orang sudah tahu bahwa keduanya adalah raja jalanan, dengan alasan kejar setoran, mereka seolah bebas untuk melanggar semua aturan lalu lintas yang pada akhirnya juga menyebabkan kemacetan.

Kendaraan umum yang aman, nyaman, cepat, dan murah sangat didambakan warga Jakarta. Seandainya pemerintah serius untuk mewujudkannya bukan tidak mungkin tahun-tahun ke depan lalu lintas Jakarta menjadi lebih lancar. Para commuter pelan-pelan akan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah dan memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Memang membutuhkan waktu untuk mewujudkannya, tapi better late than never.

Pendidikan Standarisasi Masuk Kampus


JAKARTA - Pendidikan tentang standarisasi nasional Indonesia, mulai dipelajari di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Badan Standarisasi Nasional (BSN) Dewi Odjar Ratna Komala mengatakan, saat ini sudah ada 22 perguruan tinggi negeri dan swasta yang bekerja sama dengan BSN untuk mengajarkan tentang standarisasi. Dirinya mencontohkan, beberapa perguruan tinggi itu seperti Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Palangkaraya serta Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dewi menjelaskan, pendidikan standarisasi yang diajarkan dikampus ada yang disisipkan ke salah satu mata kuliah dan ada yang hanya diajarkan secara filosofisnya saja. “Kami memberikan pemahaman mendasar tentang apa itu standarisasi dan prosesnya,” ujarnya pada Forum Pendidikan Standarisasi di Jakarta.

Seperti di IPB di Fakultas Perikanan, diajarkan tentang standar budidaya hingga pengepakannya. Sementara di mata kuliah konstruksi diajarkan mengenai standar ketahanan bangunan dan tinggi bangunan. BSN juga menyediakan buku teks mengenai standarisasi yang dibagikan ke berbagai perguruan tinggi.

Kepala BSN Bambang Setiadi menjelaskan, pendidikan standarisasi ini penting karena tingkat kesadaran akan standarisasi hanya mencapai 20-30 persen. Kesadaran akan standarisasi juga makin menjadi karena Indonesia menyepakati adanya perdagangan bebas.

“Inti perdagangan bebas adalah pengurangan tarif yang tidak lagi menghalangi masuknya suatu produk,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Pakar Standarisasi University of the Federal Armed Forces Hamburg Wilfried Hesser menjelaskan, adanya kurikulum tentang standarisasi di perguruan tinggi mempunyai dua peran penting. Yakni, standarisasi dapat digunakan di system manajemen industry yang berguna untuk meningkatkan kinerja serta berperan lebih dalam lagi di era perdagangan bebas ini.
(Neneng Zubaidah/Koran SI/rhs)

Inilah Pekerjaan Idaman Semua Orang


TOKYO - Mungkin ini adalah pekerjaan yang paling diidam-idamkan semua orang, khususnya bagi para pekerja yang senang paruh waktu.

Domino's Pizza Jepang menawarkan pekerjaan paruh waktu dengan gaji sebesar 2,5 juta yen atau sekira Rp275 juta per jamnya. Demikian lansir Associated Press, Kamis (4/11/2010).

Pizza Amerika yang sangat terkenal itu mengatakan, pada Kamis kemarin waktu setempat akan menyewa satu orang untuk satu jam saja, tidak diperlukan pengalaman atau pendidikan tinggi. Pelamar hanya diwajibkan berusia 18 tahun ke atas.

Perusahaan juga tidak memberikan detail pekerjaan apa yang akan dilakukan, dalam pernyataannya, Domino akan memberikan detail menyeluruh pada 10 November.

Gaji tersebut diberikan dalam rangka merayakan 25 tahun Domino di Jepang.

Rata-rata pekerja paruh waktu di Jepang dibayar seribu yen atau sekira Rp110 ribu per jamnya.(rhs)

Milan, Ajax, Munich Datang ke Indonesia Januari?


JAKARTA - Timnas Indonesia berencana menggelar turnamen empat tim pada awal tahun depan.Sedikitnya tiga klub Eropa diklaim PSSI siap ambil bagian dalam turnamen itu.

PSSI menyatakan setidaknya tiga klub Eropa akan berkunjung ke Indonesia pada 6 Januari atau 8 Januari 2011. Mereka adalah AC Milan (Italia), Bayern Munich (Jerman), dan Ajax Amsterdam (Belanda). Rencananya mereka dipersiapkan menghadapi timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games (SEAG) 2011. Merah Putihmuda sebelumnya diwajibkan mulai menjalani persiapan pada pertengahan November.

Namun, permintaan itu masih dipertimbangkan Badan Tim Nasional (BTN) yang meminta persiapan dimulai 8 Januari 2011 dengan agenda seleksi pemain. ”Ketiga klub akan berada di Indonesia pada Januari. Nantinya mereka akan menjalani turnamen empat tim dengan timnas U-23,” ungkap Ketua Umum (Ketum) PSSI Nurdin Halid, 4 November 2010. Jika turnamen itu terealisasi, Milan dan Bayern setidaknya dua kali pernah beruji coba di Indonesia. Bayern terakhir kali berkunjung ke Indonesia pada 2007.

Saat itu, FC Hollywood– julukan Bayern–berhasil menaklukkan timnas dengan skor 1-5. PSSI juga sebelumnya sempat mengembangkan wacana tentang kedatangan klub Britania Raya lainnya.Mereka adalah Tottenham Hotspur, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal.Timnas juga hampir saja beruji coba dengan Manchester United. Hanya, uji coba itu batal karena bom Ritz Carlton dan JW Mariott pada 17 Juli 2009.

”Rencana turnamen empat tim merupakan inisiatif ketiga klub tersebut.Kami pada dasarnya siap saja. Saat ini kami sedang mematangkan perkiraan anggaran,”kata Nurdin. Mengacu pada uji coba timnas kontra Manchester United,saat itu PSSI harus menyiapkan anggaran Rp32,15 miliar. Rinciannya, anggaran Rp19,8 miliar disiapkan untuk membayar match fee, lalu sisanya beban akomodasi dan penginapan.Jumlah itu lebih besar daripada anggaran Rp12 miliar saat mendatangkan Uruguay dan Maladewa.

Nurdin menambahkan, PSSI sedang menyiapkan proposal sponsorship untuk turnamen empat tim tersebut. ”Kami sudah berbicara dengan agen mereka. Total anggaran mungkin sudah bisa diketahui beberapa hari ke depan.Yang jelas, kami sangat antusias menyambut permintaan mereka.Sebab,timnas U-23 juga membutuhkan uji coba internasional yang memadai.

Kini tinggal kembali kepada internal PSSI, bagaimanapun harus mencari sponsor dalam waktu yang sempit,”lanjutnya. Sementara itu, timnas Indonesia mengklarifikasi status naturalisasi striker Persib Bandung Cristian Gonzales aman. Merah Putih akhirnya mendapatkan jaminan BTN bahwa proses naturalisasi Gonzales masih berjalan.
(fit)

Sharp Usung Dua Ponsel Android 3D


Jakarta - Pernah dengar tablet Android yang disiapkan Sharp? Ya, ada dua tablet yang tengah disiapkan, yakni Galapagos 003SH dan 005SH. Keduanya akan membawa Anda ke dunia tiga dimensi (3D).

Dikatakan oleh Sharp, untuk melihat konten 3D di tabletnya yang sekaligus berfungsi sebagai ponsel ini, cukup dengan mata telanjang alias tanpa kacamata khusus. Kedua tablet dibekali CPU Snapdragon 1GHz, sistem operasi Android 2.2 dan layar 3,8 inchi dengan kemampuan 3D serta resolusi 800 x 480 pixel.

Dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Jumat (05/11/2010), ada beberapa perbedaan utama antara dua perangkat ini. Untuk tipe 005SH, terdapat Qwerty keyboard. Sedangkan seri 003SH tidak memilikinya namun dibekali kamera yang lebih baik, dengan model 9,6 megapixel yang bisa merekam video 720p. Untuk 005SH, kameranya hanya 8 megapixel.

Peluncuran kedua tablet ini akan berbeda waktunya. Untuk 003SH akan segera hadir mulai Desember 2010 ini, sementara 005SH menyusul pada Februari tahun depan. Belum diketahui berapa banderol harga yang akan ditawarkan.

Jawara SMS Tercepat Ditantang Taklukan New York


Jakarta - Dua orang pemilik jari tercepat dari Indonesia akan diberangkatkan ke New York untuk beradu cepat mengetik SMS melawan peserta dari berbagai negara lain di ajang LG Mobile World Cup 2010.

LG Mobile World Cup, merupakan gelaran tahunan berskala global yang bertujuan untuk mencari sesorang dengan kemampuan tercepat dalam mengetik pesan singkat SMS. Tercatat sekitar 25 negara, termasuk Indoneia, yang mengikuti kompetisi tersebut.

Di Indonesia, acara ini resmi digelar pada 2 Oktober 2010 lalu. Kompetisi tersebut juga sukses menarik 133,196 peserta dari seluruh pelosok negeri yang kebanyakan masih berusia remaja.

Bertempat di Balai Sarbini Jakarta, tadi malam, LG menggelar final Mobile World Cup 2010 yang diikuti oleh delapan finalis. Dan dua di antaranya terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk bertanding di New York, Amerika Serikat pada Januari 2011 nanti.

"Lebih sekadar kompetisi berhadiah uang, LG Mobile World Cup adalah sebuah peluang mewujudkan impian seseorang lewat sentuhan jari," ujar Kim Weon Dae, President Director LG Electronics Indonesia.

Kedua perserta tersebut adalah, Norman 19 tahun sebagai juara pertama yang membawa pulang uang sebesar Rp 100 juta dan Andi, 23 tahun sebagai pemenang kedua dengan hadiah Rp 10 juta. Kedua lelaki tersebut bakal segera diberangkatkan ke Amerika guna mengikuti pertandingan selanjutnya.

Jangan Kirim Foto Bugil Anda Lewat Email


California - Makin beragam saja kejahatan yang terjadi via internet. Seorang cracker menjebol akun email milik lebih dari 170 wanita, dan kemudian mengumbar data pribadi yang terdapat di dalamnya ke Facebook.

Parahnya, sebagian data yang disebarluaskan via Facebook berbau cabul, misalnya foto bugil para korban. Tak ayal, tersangka bernama George Samuel Bronk yang baru berusia 23 tahun diringkus polisi.

Pria asal California, Amerika Serikat ini beraksi dengan pertama-tama memeriksa akun Facebook para calon korban. Dia coba mengira-ira informasi personal yang mungkin digunakan korban di email.

Dikutip detikINET dari Net-Security, Jumat (5/11/2010), informasi itu dipakai menebak jawaban pertanyaan sekuriti yang dilayangkan dalam proses password reset di email. Berkat kesabarannya, George dapat mengakses akun email 170 wanita.

Lalu, dia membuka folder sent dan mengambil data-data sensitif di dalamnya. Nah, data ini ia kirim dengan sembarangan pada alamat email yang ada di kontak. Terang saja, para korban merasa dipermalukan.

Tak cukup begitu, tersangka membobol beberapa akun Facebook korban dan memajang foto tak senonoh di situ. Bahkan, seorang korban dia peras agar mengiriminya foto mesum yang lain.

Setelah investigasi selama dua bulan, polisi California Highway Patrol berhasil melacak keberadaan tersangka. Di apartemennya, didapati ribuan gambar pornografi anak serta 3200 alamat email para calon koban. George pun bakal dijerat dengan pasal berlapis di pengadilan.

Thursday, November 4, 2010

Rio Haryanto Kampanyekan Komodo di GP3, F1


INILAH.COM, Jakarta-Juara dunia Formula BMW Asia Pacific 2009, Rio Haryanto, siap mengkampanyekan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu finalis tujuh keajaiban dunia baru kategori alam (New 7 Wonders) di ajang balap GP3 dan juga Formula One (F1).

Rio yang menjuarai GP3 seri Turki bulan Maret lalu, mengaku belum pernah berkunjung ke Pulau Komodi yang menyimpan pemandangan eksotisme Indonesia. Namun, ia berharap mempunyai kesempatan melihat langsung binatang karnivora tersebut. Rio yang juga menjadi brand ambassador Telkomsel ini berpesan agar masyarakat menjaga kelestarian alam untuk mencegah kepunahan Komodo.

Rio yang tergabung di tim Virgin Racing Media di GP3 mengaku memiliki banyak teman pebalap dari Eropa dan mancanegara sehingga ia berharap promosi yang dilakukannya dapat mengangkat citra Komodo di dunia internasional.

Sebelumnya, pegiat kampanye Komodo, Zeby Febrina telah menggelar kampanye Komodo bersama Rio Haryanto di Bundaran Hotel Indonesia 13 Juni lalu.

Saat ini Taman Nasional Komodo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur, masuk menajadi salah satu dari 28 finalis New 7 Wonders, menyisihkan 400-an lebih nominasi.

Diharapkan Taman Nasional Komodi menjadi juara New 7 Wonders yang akan diumumkan 11 November besok.[ito

Bocah 10 Tahun Ini Lahirkan Bayi


VIVAnews - Melahirkan bayi menjadi dambaan hampir seluruh wanita di dunia. Tapi, bagaimana jika persalinan itu terjadi dalam usia yang masih sangat muda atau anak-anak?

Seperti dikutip dari laman Associated Press, seorang bocah perempuan usia 10 tahun asal Rumania baru saja melahirkan bayi dengan selamat di sebuah rumah sakit di selatan kota Cadiz, Spanyol.

Pekan lalu, sang bocah dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kontraksi hebat. Ia menjalani persalinan melalui operasi caecar. Kondisinya yang sangat muda membuat dokter khawatir terjadi komplikasi.

Tapi, kekhawatiran itu tak terbukti. Sang bocah dan bayinya selamat. Keduanya dalam kondisi sehat.

Hanya, semua orang dibuat ternganga saat ibunda sang bocah mengatakan kasus itu biasa saja. "Ini (melahirkan di usia 10 tahun) biasa di negara saya," ujar sang ibu sambil menjelaskan bahwa putrinya hamil oleh pacarnya yang juga masih di bawah umur.

Kelahiran kontroversial ini sempat menuai perdebatan mengenai hak asuh bayi. Pejabat berwenang kemudian memutuskan bahwa tanggung jawab mengasuh bayi berada di tangan orangtua sang bocah, yang otomatis adalah kakek dan neneknya.

Data statistik Spanyol menunjukkan, selama 2008, sebanyak 177 anak perempuan di bawah usia 15 tahun menjalani persalinan. Ini menimbulkan kekhawatiran sejumlah pemerhati kesehatan anak. Sebab, persalinan anak di bawah umur berisiko tinggi meninggal dunia dan melahirkan bayi cacat.

Brutal, Wasit Dipukuli Sampai Patah Tulang


VIVAnews - Aksi kekerasan terhadap wasit kembali mewarnai jalannya kompetisi sepakbola di Indonesia. Kali ini korban, Ngasrukin bahkan sampai harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami patah tulang belakang.

Insiden yang menimpa Ngasrukin terjadi saat dirinya memimpin laga Persip Pekalongan vs Madina Medan Jaya di Stadion Bumi Phala, Temanggung Minggu 31 Oktober 2010. Duel ini merupakan lanjutan Liga Indonesia Divisi I 2010.

Seperti dilansir situs resmi PSSI, Ngasrukin menjadi korban pengeroyokan pemain-pemain Madina Medan Jaya. Dia dikeroyok di tengah lapangan usai mengeluarkan kartu merah kepada tim asal Sumatera Utara itu.

Akibat pengeroyokan tersebut, Ngasrukin harus dilarikan ke rumah sakit setempat. Dari hasil diagnosa tim dokter, Ngasrukin mengalami patah tulang belakang dan harus dirawat di RS Joyo Negoro, Temanggung.

Pertandingan tetap dilanjutkan. Posisi Ngasrukin akhirnya digantikan oleh wasit baru Muhadi yang langsung mengusir empat pemain Madina Medan Jaya. Akibatnya tim tersebut harus bermain dengan 6 pemain saja.

Sesuai peraturan, jika salah satu tim kurang dari tujuh pemain, maka pertandingan tak bisa dilanjutkan. Maka pada menit ke-52, duel Persip Pekalongan dengan Madina Medan Jaya pun dihentikan.

Akibat kejadian ini 6 pemain yang terlibat pengeroyokan langsung mendapat sanksi berlapis dari panitia disiplin (pandis). Sanksi tak kalah beratnya juga dijatuhkan kepada sekretaris tim, Davo.

Enam pemain tersebut adalah Joko Susilo, Aldono Herdianto, Ardan, Rifki Syahrial Lubis, Rico Simajuntak dan Tri Dinda Febriansyah. Selain dikenai larangan bermain selama antara 2-3 tahun, para pemain tersebut juga diwajibkan membayar denda dengan jumlah bervariasi.


Berikut adalah sanksi terhadap para pemain PS Madina Medan Jaya yang dihasilkan dari sidang Pandis:

1. Denda sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) terhadap PS Madina Medan Jaya yang harus dibayarkan secara transfer ke rekening Bank Mandiri Cabang Plasa Mandiri dengan nomor rekening 070.000.4835240.

2. Joko Susilo, pemain Madina Medan Jaya dikenai larangan bermain selama dua tahun pada semua pertandingan di semua kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI. Joko Susilo juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 750.000 yang harus dibayarkan melalui transfer ke rekening Bank PSSI, up Badan Liga Sepakbola Amatir Indonesia (BLAI) PSSI, Bank Mandiri cabang Plasa Mandiri.

3. Aldono Herdianto, pemain Madina Medan Jaya, dikenai hukuman larangan bermain selama tiga tahun pada semua level kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI. Aldino Herdianto juga dikenai denda sebesar Rp 750.000

4. Ardan, pemain Madina Medan Jaya, dikenai larangan bermain selama tiga tahun pada semua level kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI dan juga denda sebesar Rp 750.000

5. Rifki Syahrial Lubis, pemain Medan Jaya, dikenai larangan bermain selama tiga tahun di semua level kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI dan denda sebesar Rp 750.000

6. Rico Simajuntak, pemain Madina Medan Jaya, dikenai larangan bermain selama tiga tahun di semua level kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI dan denda sebesar Rp 750.000

7. Tri Dinda Febriansyah, pemain Medan Jaya, dikenai larangan bermain selama tiga tahun di semua level kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI dan denda sebesar Rp 750.000

8. Davo, sekretaris tim Madina Medan Jaya, dikenai hukuman tidak diperkenankan untuk mengikuti kegiatan di lingkungan PSSI selama empat tahun dan denda sebesar Rp 20.000.000 yang harus dibayarkan melalui rekening PSSI. (one)

Ini Penyebab Jatuhnya Serpihan Pesawat Qantas


VIVAnews -- Insiden kecelakaan pesawat diduga terjadi di langit Batam. Serpihan pesawat berjatuhan dan diduga milik maskapai penerbangan Australia, Qantas.

Seperti dimuat situs Sydney Morning Herald, Kamis 4 November 2010, pesawat bernomor QF32 rute Singapura-Sydney terpaksa kembali ke Bandara Changi, Singapura.

Pihak Qantas menyampaikan, pesawat mengalami masalah di bagian mesin nomor dua.

Pilot terpaksa mematikan mesin nomor dua, namun juru bicara Qantas mengaku tak tahu mengapa mesin pesawat yang mengangkut 500 penumpang itu harus dimatikan.

Insiden ini memicu rumor yang beredar di internet, salah satunya di situs mikroblog, Twitter yang mengatakan, "Pesawat Qantas kecelakaan."

Rumor itu dibantah pihak Qantas. Kata mereka, tak benar ada kecelakaan, yang ada hanya masalah mesin.

Sementara, seperti dimuat situs News.com.au, dilaporkan pesawat tersebut akan mendarat di Bandara Changi, setelah berputar-putar di udara.

Andre, staf kantor Qantas di Jakarta mengaku masih berkoordinasi dan belum mendapat informasi resmi terkait kasus Qantas ini. "Langsung ke Sydney saja," katanya.

Sebelumnya, sejumlah saksi mata melaporkan mendengar sudara ledakan di dekat lokasi penemuan serpihan -- yang diduga merupakan bodi pesawat.

Sementara, Kepala Divisi Humas Polda Kepulauan Riau mengatakan, belum ada laporan korban jatuhnya serpihan pesawat yang terjadi di Batam Kota.

(Laporan: MHD| Riau, umi)
• VIVAnews

Pemain Inter Milan Datangi Hotel Mourinho


VIVAnews - Kedatangan Jose Mourinho bersama skuatnya Real Madrid mendapat sambutan dari Inter Milan. Beberapa pemain Inter Milan berencana mendatangi hotel tempat menginap Mourinho.

Seperti dilansir Football Italia, beberapa pemain Inter macam Marco Materazzi dan Samuel Eto'o berencana mendatangi hotel tempat menginap Mourinho sebelum laga kontra AC Milan di matchday 4 Champions League.

Sosok Mourinho memang membekas bagi klub Inter Milan. Mouriho lah yang membuat Inter musim lalu merengkuh treble winners. Dan kembalinya sang pahlawan sepertinya tak ingin dilewatkan para punggawa dan fans Inter.

Selain Matrix dan Eto'o, beberapa nama macam Julio Cesar dan mantan asistennya di Inter Beppe Baresi juga akan mendatangi hotel Mourinho.

Sedangkan Interisti menyambut kedatangan sang pahlawan dengan berbagai spanduk dan teriakan mengelu-elukan pelatih asal Portugal ini baik saat di bandara atau di luar hotel.

Bahkan banyak pendukung Inter yang membeli tiket untuk memberikan dukungan bagi Madrid melawan AC Milan yang kebetulan merupakan rival sekotanya.
• VIVAnews

Foto-foto Pesta Halloween, Obama Juga Ikut


VIVAnews - Perayaan pesta Halloween di berbagai belahan dunia berjalan seru dan penuh warna. Berbagai orang berusaha untuk tampil berbeda dengan kostum-kostum serta topeng-topeng yang seram dan menakutkan.

Halloween diadakan setahun sekali setiap tanggal 31 Oktober. Tradisi ini awalnya berasal dari orang Irlandia yang berimigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram dan berkeliling dari pintu ke pintu meminta permen atau cokelat sambil berkata 'Trick or treat!'.

Tetapi, sekarang perayaan ini dirayakan semua masyarakat di belahan dunia manapun termasuk di tanah air. Semuanya menyambut dengan penuh sukacita. Mereka akan berbondong-bondong pergi ke mal atau pusat perbelanjaan untuk mencari kostum yang unik dan lucu serta bisa menarik perhatian.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya merayakan pesta Halloween di Gedung Putih.

Besi Qantas Menghunjam 20 cm Dekat Natha


BATAM, KOMPAS.com- Salah satu potongan besi komponen Qantas Airways jatuh tak lebih dari 20 sentimeter dari seorang bayi umur empat hari. Natha Raina Anindya, bayi tersebut, sedang tidur saat potongan besi sepanjang 30 sentimeter jatuh menghunjam lantai keramik di sisinya setelah menembus atap dan plafon rumah.

Menurut Bagus Ahmad (29), orang tua Natha, saat jatuh, besi itu masih panas. Di perkirakan beratnya sekitar 2 kg. Rumah Bagus berada di Perumahan Eden Park, Kecamatan Batam Kota.

Besi yang jatuh di sisi Natha meninggalkan bekas pada keramik. Besi yang bentuknya mirip knalpot itu menghunjam lantai keramik selanjutnya memantul setinggi dua meter dan menabrak dinding sebelum akhirnya jatuh di lantai kembali.

"Saat kejadian, saya dan istri sedang menunggui Natha yang lagi demam. Tiba-tiba terdengar suara keras di plafon dan tahu-tahu besi mirip knalpot itu jatuh dekat anak saya. Syukur Natha tidak terkena," kata Bagus.

Pemanasan Global, Kepiting Raksasa Berpindah ke Antartika


SOUTHAMPTON - Perubahan suhu di laut membuat kepiting-kepiting raksasa memasuki ekosistem unik di Antartika. Rupanya perubahan suhu tersebut memaksa mereka untuk bermigrasi.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di National Oceanography Centre di Southampton, Inggris menemukan bahwa sedikit saja kenaikan suhu air laut karena pemanasan global bisa saja membuat kepiting-kepiting raksasa berpindah lokasi ke wilayah baru. Demikian seperti yang dikutip dari USA Today, Kamis (4/11/2010).

Kepiting berjenis 'Raja Kepiting' adalah sumber makanan yang cukup populer meski sepanjang sejarah, mereka terbukti tidak bisa hidup di Antartika. Jadi kepiting-kepiting yang kini hidup di sana tidak berevolusi untuk bisa hidup di lingkungan tersebut.

"Kepiting jenis tersebut cukup berdarah dingin dan larva mereka tidak bisa tumbuh dengan suhu air di bawah 32,9 derajat Farenheit. Batas suhu ini lah yang membuat mereka tidak ada di Laut Selatan (Antartika)," ujar Sven Thaje, seorang ekolog di University of Southampton School and Earth Science.

Para peneliti menemukan bahwa bahkan sedikit saja perubahan suhu laut yang dikarenakan Pemanasan Global dapat membuat kepiting-kepiting raksasa tersebut berpindah ke wilayah baru.

"Naiknya suhu air laut secara cepat yang diamati di sepanjang West Antartic Peninsula bisa membuat kepiting-kepiting besar tersebut menyebar dari lereng peninsula sampai ke benua antartika itu sendiri," ujar Sally Hall, wakil dari Sven Thaje di penelitan ini.

Para peneliti mempelajari distribusi dari 17 spesies Raja Kepiting di Lautan Selatan Antartika. Mereka menemukan bahwa air terdingin yang bisa diadaptasi oleh kepiting-kepiting tersebut adalah pada suhu 32,9 derajat Farenheit di Laut Ross. Kehadiran kepiting-kepiting di sekitar wilayah Antartika ini dapat menyebabkan pergantian besar dari populasi hewan yang kini ada di laut wilayah Antartika.

"Kekhawatiran dari penampakan yang mendadak dari kepiting pemangsa ini dapat mengancam populasi hewan-hewan laut kecil di wilayah seperti Laut Bellingshausen di sisi barat Antartic Peninsula," tambah Hall.
(srn)

News Corp: Myspace Harus Diperbaiki Secepatnya


NEW YORK - Chase Carey, Chief Operating Officer (COO) dari News Corp, mengatakan bahwa bisnis Myspace harus diperbaiki secepatnya karena semakin lama semakin tertinggal jauh dari pesaingnya.

"Kami sudah jelas melihat bahwa Myspace adalah sebuah masalah. Kerugian akhir-akhir ini sudah tidak dapat diterima dan terus berkelanjutan," Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Kamis (4/11/2010).

Carey berkata bahwa ia merasa optimis mengenai fokus baru Myspace pada isu social-entertainment dengan angka-angka trafik yang belum bertambah secara signifikan. Chase Carey menginginkan angka keuntungan yang jelas pada time-table dengan ukuran 'dalam hitungan per kuartal, bukan dalam hitungan tahun'.

News Corp tidak memberitahukan berapa keuntungan yang diraih oleh Myspace, akan tetapi di laporan keuangan New Corp, kehilangan pendapatan cukup besar didominasi oleh Myspace sekira
USD156 juta dalam kuartal yang berakhir pada bulan September. Bahkan kehilangan sekira USD126 juta juga terjadi pada periode yang sama tahun lalu dengan penghasilan sekira USD298 juta, atau turun sekira 25,5 persen.

Pada tahun 2005 News Corp membeli Myspace dengan harga USD327 juta, jauh sebelum Facebook mengambil alih menjadi nomor satu di bisnis jejaring sosial. Padahal sebelumnya MySpace sempat menduduki posisi ini.

Carey juga menyangkal spekulasi bahwa News Corp mungkin tertarik membeli sebagian saham Yahoo meskipun ia tidak terlibat dalam spekulasi tersebut.

"Tujuan utama kami adalah untuk membangun usaha, bukan untuk membeli usaha. Kami tidak berniat membeli apapun," ujar Carey.
(srn)

Berikut Isi SMS Van der Vaart-Sneijder


LONDON – Dua kawan lama, Rafael van der Vaart dan Wesley Sneijder, kembali dipertemukan sebagai lawan. White Hart Lane bakal menjadi saksi siapa yang paling hebat diantara mereka.

Inter Milan dan Tottenham Hotspur bakal bertemu dalam lanjutan penyisihan Grup A, Kamis (4/11/2010) dini hari WIB. Di pertemuan pertama dua pekan silam, Inter mampu menang 4-3.

Meski tak ikut menyumbang gol, tapi Sneijder menjadi inspirator kemenangan La Benemata. Sebaliknya, Van der Vaart tak diturunkan akibat sanksi. Setelah laga itu, keduanya pun asyik mengirim pesan singkat (sms). Seperti dilansir Tribalfootball, Selasa (2/11/2010), berikut isi sms Van der Vaart dan Sneijder.


Sneijder: Saya mengelap trofi Liga Champions menggunakan jersey Tottenham Hotspur.


Van der Vaart: Terimakasih telah membersihkannya untuk saya. Saya sudah menyiapkan tempat untuk trofi itu di almari.


Sneijder: Kami akan mengajari kalian bagaimana bermain sepakbola di London.


Van der Vaart: Saya melihat pertahanan kalian di Milan, kelihatannya tak bagus. Seperti keju yang sedang meleleh.

Kemudian, Sneijder ‘mengingatkan’ Van der Vaart bahwa Inter mampu menjebol gawang Spurs empat kali di San Siro. Di pertemuan kedua nanti, kiper Heurelho Gomes dipastikan absen akibat mendapat kartu merah.


Sneijder: Saya menemukan kiper bagus di eBay. Apa saya harus memberi kamu link-nya?


Van der Vaart: Kami tak membutuhkannya, kamu tak akan masuk ke area penalti kami!


Sneijder: Di negara itu, sepakbola adalah permainan di mana kamu harus berlari secepat mungkin dari sisi lapangan satu ke sisi lainnya, benar kan?

Sneijder bahkan mengejek gol yang dicetak Van der Vaart di pertandingan kontra Everton, dua pekan silam.


Sneijder: Gol indah, tapi keponakan saya yang berusia enam juga bisa mencetak gol seperti ini.


Van der Vaart: Gol seperti itu tetap diperhitungkan, tapi melawan kalian di White Hart Lane saya akan mencetak gol dari berbagai sisi.

Namun, seperti diketahui sms tersebut hanyalah candaan kawan lama.


Van der Vaart: Kita mempunya rasa humor yang tinggi.


Sneijder: Kita sudah memulainya sejak masih di Ajax Amsterdam, jadi sudah saling mengerti.
(wei)

Obama ke UI, Mahasiswa Tetap Masuk Kuliah


DEPOK - Biasanya, kalau ada pemimpin yang datang akan ada penjagaan yang ketat. Apalagi sekaliber Presiden Amerika Barack Obama.

Salah satu yang menjadi agenda kunjungan Obama ke Indonesia adalah memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI). Walau kepolisian setempat sudah mulai berjaga-jaga, namun pihak universitas tidak memperlakukannya secara istimewa. Bahkan, tidak ada pemberlakuan hari libur bagi mahasiswa menjelang kedatangan Obama.

"Semua kegiatan akademik tetap berjalan seperti biasa," ujar Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri, kepada wartawan di Gedung Rektorat UI, Depok, Rabu (3/11/2010).

Gumilar juga mengkonfirmasi terkait titik helipad yang disiapkan UI untuk pendaratan helikopter di Stadion UI. “Coba lihat sendiri ke Stadion UI, mana ada helipad? Lagipula isu ini sudah dua kali santer. Nanti isu yang ketiga malah tidak jadi lagi, kami UI siap saja untuk membantu negara,” tegasnya.(rhs)

Nenek Dinobatkan Wanita Terjelek di Dunia


LONDON - Juara dunia ekspresi wajah jelek (gurning) akhirnya diraih oleh Anne Woods.

Dengan demikian wanita tersebut akan tercatat di Buku Rekor Guinness sebagai wanita terjelek di planet ini.

Anne Woods,sebenarnya sudah sebanyak 27 kali mendapat Mahkota Gurning di acara Egremont Crab di Cumbria, tapi dia namanya gagal tercatat di buku rekor.

Tapi karena kesuksesannya untuk meraih juara sebanyak 27 kali ini, kini namanya tercatat di buku rekor sebagai muka terjelek.

Kejuaraan gurning ini diperkirakan sudah dilakukan sejak abad pertengahan di Inggris.

"Saya rasanya sangat senang akhirnya bisa diterima. Saya berpikir saat ini untuk pensiun, tapi saya tahu apa yang saya suka. Pada kompetisi tahun depan saya akan tampilkan muka jelek lagi," ujar Anne.

"Apapun yang terjadi, saya yakin rekor saya tidak akan terpecahkan," lanjutnya seperti dilansir Telegraph, Kamis (4/11/2010).

Anne mulai mengikuti kompetisi seperti ini saat usianya 30 tahun, pada saat itu kakaknya mendaftarkan tanpa sepengetahuan dirinya.

Beberapa kali dia menang, hingga 33 tahun kemudian wanita ini masih terus mengikuti kejuaraan wajah jelek ini.
(rhs)

Pertamax Racing Juga Pas Buat BBM Motor/Mobil Sport


JAKARTA- Selain ditujukan bagi kebutuhan para pembalap di Tanah Air, ternyata kehadiran Pertamina Pertamax Racing juga sengaja demi memfasilitasi mereka yang memiliki motor atau mobil sport.

Seperti kita ketahui bersama di Indonesia keberadaan motor sport maupun mobil sport bukan lagi hal yang langka.

Bahkan beberapa agne tunggal motor psort seperti BMW, Ducati, maupun Aprilia, mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu.

Tak itu saja mobil-mobil sport macam Ferrari, Maserati, Lamborghini, hingga Lotus kini juga banyak diburu konsumen di dalam negeri.

"Mereka tentu butuh bahan bakar yang sesuai spesifikasi mesin kendaraan mereka," sebut VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun ketika ditemui di sela Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2010 di JCC Senayan.

Karena itulah katanya, pertamax Racing coba menawarkan kandungan adiktif yangs esuai dengan standarspesifikasi BBM yang disarankan pihak pabrikan motor atau mobil sport tersebut. "Dari apda mereka cari BBM merek asing, sekarnag kita punya yangs esuai spesifikasi kendaraan mereka," katanya.

Mulai akan disalurkan pada Desember mendatang, Pertamax racing bakal tersedia dalam dua kemasan kaleng, yakni ukuran 20 liter dan 50 liter. "Harganya akan kita patok Rp50 ribuan," tambah dia.

Bila ada konsumen yang berminta, Harun menjelaskan Pertamax Racing ini bisa didapatkan dengan cara menghubungi call center Pertamina untuk kemudian diantarkan sesuai pesanan. (uky)

Perusahaan Film Kartun 'Tom & Jerry' Bangkrut


LOS ANGELES - Perusahaan film yang memproduksi kartun Tom & Jerry serta film James Bond, Metro Goldwyn Mayer (MGM) dinyatakan bangkrut. Namun mereka berharap, hakim pengadilan pailit mau memberikan waktu 30 hari untuk restrukturisasi.

Seperti diberitakan Reuters, keputusan tersebut dikeluarkan Rabu, 3 November 2010, yang menandakan puncak bagi MGM untuk merestrukturisasi perusahaannya

Keputusan tersebut memaksa MGM memberikan kesempatan kepada kreditur untuk men-swap utang sebesar lebih dari USD4 miliar untuk eukuitas pada perusahaan hasil reorganisasi.

Manajemen MGM akan diambil oleh Gary Barber dan Roger Birnbaum, yang menjalankan perusahaan film Spyglass Entertainment.

MGM mengajukan perlindungan dari kreditur setelah terikat perjanjian dengan Carl Icahn, yakni salah satu penanggung utang terbesar, untuk memenangkan dukungan miliarder demi restrukturisasi perusahaan.

Icahn sebelumnya mendukung tawaran untuk menggabungkan MGM dengan studio lain, yakni Lions Gate Entertainment Corp. MGM juga mengatakan pemberi pinjaman dijamin untuk mendukung reorganisasi.

MGM didirikan sejak 1924 yang dikenal dengan logo Singa. Perusahaan ini sudah banyak merilis film yang masuk jajaran box office, di antaranya adalah James Bond dan The Wizard of OZ.

Tidak hanya film-film box office, perusahaan ini juga memproduksi kartun, seperti Tom & Jerry dan Pink Panther, serta film seri petinju Rocky yang dibintangi Sylvester Stallone. Sebelumnya, MGM juga dilirik oleh pemodal dari perusahaan film India, yang menawarkan untuk membayar lunas utang-utangnya.(nov)

Maicon Komentari Kualitas Gareth Bale


MILAN - Dua kali pertempuran Inter Milan vs Tottenham Hotspur di Liga Champions, menyisakan epik kehebatan Gareth Bale yang menenggelamkan nama Douglas Maicon.

Bek kiri Inter yang dikagumi Mourinho karena memiliki kemampuan melakukan akselerasi ke jantung pertahanan lawan ini seolah tidak berkutik menghadapi winger asal Wales yang kini disanjung-sanjung fans Lilly Whites dan media Inggris.

Maicon pun mengakui kualitas Bale dan menyatakan pencetak hattrick saat leg pertama di San Siro ini layak mendapat sanjungan dari media dan fans.

“Bale sangat fenomenal. Permainannya hebat, dia seorang juara. Kita memang harus memberikan apresiasi terhadapnya. Kita tahu apa yang bisa dilakukannya, dia sulit dikendalikan,” sanjung Maicon, seperti dikutip Tribalfootball, Kamis (4/11/2010).

Secara keseluruhan, Tottenham diakui bermain baik dan mampu memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Akibatnya, perlawanan Inter mudah dipatahkan sehingga harus menelan kekalahan 3-1.

Di pertandingan selanjutnya, Maicon berharap Inter bisa membungkus kemenangan ketika menjamu FC Twente di kandang.

“Kami harus menatap pertandingan selanjutnya. Kami harus mengalahkan Twente dan kami semua bekerja keras untuk mewujudkannya,” paparnya.
(fit)

Insiden Qantas A380 Paling Menakutkan


SINGAPURA - Pesawat jet sumper jumbo Qantas A380 melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Changi Singapura. Langkah antisipasi tersebut dipilih pilot setelah mengetahui adanya ledakan salah satu mesin di sisi kiri pesawat.

Seandainya pesawat mengalami kecelakaan dipastikan ratusan orang tewas. Pasalnya pesawat dengan ukuran sangat besar tersebut mengangkut 433 penumpang dan 26 awak. Beruntung pilot berhasil mendaratkan pesawat di Changi.

Insiden tersebut ternyata masih menimbulkan kepanikan amat sangat bagi beberapa penumpang. Seperti diungkapkan salah seorang penumpang, Tyler Wooster misalnya.

"Saya hanya mendengar ledakan keras, seperti letupan senapan. Situsai yang paling menakutkan," kata Wooster kepada Network Nine television, Kamis (4/11/2010).

"Bagian luar penutup mesin telah terkelupas dan Anda bisa melihat busa di bawahnya. Potongan kawat juga tampak patah dan mencuat keluar," Wooster mengisahkan.

Insiden yang terjadi di udara Batam salah satu situasi paling serius yang dialami A380, jet penumpang terbesar di dunia, dalam tiga tahun penerbangan komersial. Tidak ingin mencuatkan spekulasi, Qantas langsung melakukan investigasi terhadap armada mewahnya tersebut.

"Lima menit setelah lepas landas ada sebuah ledakan keras, potongan-potongan kecil terbang di sekitar (luar). Itu adalah kondisi paling menakutkan yang saya lihat, meski tidak terjadi kepanikan," papar penumpang lainnya, Ulf Waschbusch.

Pesawat A380 menggunakan mesin yang diproduksi Rolls Royce, perusahaan asal Inggris. Hingga kini pihak berwenang masih melakukan investigasi terkait insiden tersebut.(fmh)

Kampanye Komersial, Enak Facebook atau Twitter?


Jakarta - Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai media beriklan atau kampanye komersial. Lantas jika mau dibandingkan, lebih efektif mana? beriklan di Facebook atau Twitter?

Pengamat media sosial Nukman Luthfie mengatakan, percakapan di Twitter dan Facebook memiliki arah yang berbeda. Jika digunakan sebagai kampanye komersial atau sarana beriklan, Facebook dikatakan olehnya akan lebih efektif.

"Dilihat secara kasat mata saja, Facebook menyediakan platform yang lebih mendukung untuk beriklan ketimbang Twitter," kata Nukman saat dihubungi detikINET, Kamis (04/11/2010).

Selain itu, menurutnya hal ini juga dipengaruhi oleh perbedaan arah komunikasi antara Facebook dan Twitter. Facebook dinilai memiliki platform yang lebih lengkap sehingga memudahkan pengiklan.

"Kalau di Facebook kan sifatnya targetted, lebih mudah menyasar yang akan dituju. Sedangkan kalau di Twitter, mass. Ada lebih banyak orang sehingga sulit mengarahnya," terangnya.

Di Twitter menurutnya, sebuah tweet bisa direspons oleh siapa saja dan umumnya bahan pembicaraan sering tidak fokus karena melebar kemana-mana. Namun ditambahkan olehnya, sifat Twitter yang lebih cepat dalam menyampaikan informasi lebih cocok jika digunakan untuk word of mouth.
( rns / wsh )

Menkominfo Segera Realisasikan BTS Kotoran Sapi


Jakarta - Salah satu aksi penghijauan yang akan didorong Menkominfo Tifatul Sembiring untuk industri telekomunikasi ialah dengan cara menggunakan kotoran sapi sebagai sumber daya energi untuk operasional infrastruktur base transceiver station (BTS).

"Rencananya sudah lama. Namun realisasinya baru bisa sebelum akhir tahun 2010 ini. Tinggal menunggu jadwal lowong saya saja untuk tanggal peluncurannya," kata menteri di sela acara 'Hijau untuk Negeri' di Blitz Megaplex, Pacific Place, Jakarta, Kamis (4/11/2011)

Untuk mewujudkan misi 'go green' ala Kominfo di bawah kepemimpinan Tifatul, Departemen Pertanian pun kata menteri sudah digandeng untuk menyediakan puluhan sapi yang akan 'diperah' untuk dimanfaatkan kotorannya.

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan Departemen Pertanian untuk menyediakan 10-20 sapi yang kotorannya bisa diolah menjadi biofuel. Setiap 10 ekor sapi cukup untuk menyuplai satu BTS," papar menteri dari partai PKS ini.

Langkah program ini, lanjut dia, juga sudah mulai disosialisikan kepada seluruh operator telekomunikasi. "Salah satunya yang akan menggunakan adalah Telkomsel," ucap Tifatul.

Selain mengusung program BTS kotoran sapi, menteri juga mendukung inisiatif BTS ramah lingkungan lainnya dengan memanfaatkan penggunaan tenaga surya (solar cell) dan tenaga angin. ( rou / ash )

Beda 'Tabiat' Tweeps dan Facebooker


Jakarta - Percakapan di Twitter dan Facebook dikatakan pengamat jejaring sosial memiliki arah yang berbeda. Hal ini menyebabkan Tweeps dan Facebooker memiliki 'tabiat' berbeda pula saat berkomunikasi di dua jejaring sosial itu. Apa perbedaannya?

"Percakapan di Facebook umumnya didasari oleh rasa pertemanan, terikat oleh hubungan emosional. Sementara di Twitter, relasinya antara follow dan follower," kata pemerhati media sosial Nukman Luthfie saat dihubungi detikINET, Kamis (04/11/2010).

Dipaparkan olehnya, saat memposting update di Facebook, hanya orang-orang yang menjadi teman saja yang bisa mengomentari. Sementara di Twitter, siapa saja bisa ikut nimbrung.

"Kalau di Facebook kan saling kenal, jadi obrolannya terkontrol, saat diskusi berjalan semuanya saling respect. Di Twitter, relasinya tidak imbang. Tweet bisa dikomentari siapa saja bahkan sama yang tidak kenal. Nyaris tidak ada batas emosional dan obrolannya pun melebar kemana-mana," terangnya.

Bagi sebagian orang, perbedaan ini menimbulkan pendapat bahwa Tweeps lebih 'kasar' dibandingkan Facebooker. Namun Nukman sendiri tidak menganggapnya seperti itu.

"Kasar itu kan relatif ya, menurut saya kasar, belum tentu orang lain berpendapat sama. Di Facebook terlihat lebih sopan karena komunikasinya melibatkan hubungan emosional sedangkan di Twitter tidak harus," tandasnya. ( rns / wsh )

Echo Smartpen, Pulpen Canggih 'Doraemon' di Masa Kini


Jakarta - Tokoh kartun Doraemon dikenal karena selalu memiliki alat-alat canggih. Ia mampu mengubah sebuah gambar menjadi benda aslinya. Hal inilah yang kira-kira ingin digambarkan Echo Smartpen, pulpen pintar yang hadir di masa kini.

Echo Smartpen merupakan produk besutan Livescribe. Mereka ingin menciptakan sebuah pulpen dengan membenamkan kemampuan komputer di dalamnya, telah dilengkapi prosesor, kamera, mikropone dan alat canggih lainnya.

Cara kerja alat ini sekilas tampak sederhana. Dalam demo yang disaksikan detikINET di IndoComtech 2010, pulpen ini biar lebih sahih harus dipasangkan dengan kertas khusus yang diberi nama paper tablet.

Kertas ini sendiri bukanlah kertas biasa. Namun kertas yang telah dipasangkan sensor dan terintegerasi dengan Echo Smartpen. Di dalam kertas ini juga terdapat simbol 'play', 'stop', 'record', hingga gambaran sebuah kalkulator. Uniknya, meski cuma berbentuk gambar, namun simbol-simbol itu ketika ditekan akan menghasilkan reaksi sesungguhnya.

Misalnya, ketika ingin digunakan, pengguna Echo Smartpen terlebih dulu harus menekan tombol 'record' di paper tablet yang telah disediakan. Lalu pengguna bisa mulai menulis. Nah, ketika ingin mencatat suatu hal, pengguna disarankan untuk sekalian mengeluarkan suara apa yang mereka tulis di paper tablet tersebut. Jadi, secara otomatis suara yang dikeluarkan pengguna juga akan langsung terekam di pulpen tersebut. Jika ingin berhenti, tekan tombol 'stop' di paper tabletnya.

Memang jika cuma begini, Echo Smartpen tak ada bedanya dengan alat perekam lain. Namun tunggu dulu, sebab kemampuannya baru akan muncul ketika pulpen tersebut disambungkan ke PC atau perangkat elektronik lain.

Hasil rekaman yang tadi diambil selanjutnya bakal bisa diakses dari PC. Tak cuma suaranya, namun isi tulisan tangan yang pengguna tadi catat juga dapat ditampilkan. File tulisan ini kemudian bisa di-share, hingga diubah dalam bentuk pdf.

Kemampuan Echo Smartpen tidak berhenti sampai di situ. Pengguna juga bisa menciptakan sebuah piano di secarik kertas (paper tablet). Caranya, gambarkan saja bentuk tuts piano di dalam kertas tersebut sesuai urutan aslinya. Kemudian ubah sedikit settingannya, gambar note piano tersebut lalu akan berubah bak perangkat aslinya. Suara nada yang berbeda akan keluar ketika gambar tuts ditekan.

Satu lagi yang patut di-highlight adalah kemampuan perangkat ini ketika berubah menjadi kalkulator. Di dalam panel paper tersebut sejatinya sudah disediakan gambaran sebuah kalkulator. Nah, pengguna juga bisa menggunakan gambar tersebut seperti kalkulator aslinya. Caranya tinggal menekan angka-angka dan simbol yang diinginkan. Lalu hasilnya akan keluar pada layar kecil yang ada pada pulpen pintar ini. Canggih bukan?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Echo Smartpen harus dipasangkan dengan kertas khusus. Tidak bisa dengan kertas biasa. Jadi mau tak mau, jika paper tablet ini habis, pengguna harus membelinya.

Echo Smartpen tersedia dalam dua tipe, untuk yang berkapasitas 4GB dibanderol Rp 1.750.000 dan seharga Rp 2.500.000 untuk yang versi 8GB. Alat ini juga bisa ditambahkan aplikasi lain untuk lebih meningkatkan kemampuannya. Seperti aplikasi kamus, game, dan alat bantu belajar yang tersedia di Levescribe's Beta Application.

Untuk aplikasi kamus, nantinya dikatakan bisa menjadi penerjemah antar bahasa. Jadi ketika Anda tengah berada di luar negeri dan tengah bermasalah dalam berkomunikasi dengan orang lokal. Anda tinggal menuliskan kalimat yang Anda maksud di paper tablet tersebut, kemudian dalam waktu singkat pulpen pintar ini akan menerjemahkannya untuk Anda via suara. ( ash / rns )

Facebook vs Twitter, Ibarat Makan Malam vs Cemilan


Jakarta - Cara orang menggunakan dua jejaring sosial yang populer di Indonesia, Facebook dan Twitter, bisa sangat berbeda. Jika pengguna memperhatikan Timeline di Twitter dengan aktivitas di Facebook, karakteristiknya bisa sangat kontras.

Menurut peneliti Universitas Indonesia, Roby Muhamad, perbedaan itu terkait sifat alami dari masing-masing jejaring sosial. "Kecenderungan tweeps (istilah untuk pengguna Twitter-red) lebih berani mengungkapkan pendapat ketimbang Facebooker," ujarnya saat dihubungi detikINET, Kamis (4/11/2010).

Frekuensi penyampaian informasi yang cepat, dan sifat yang blak-blakan dari Twitter, diyakini Roby juga membuat orang cenderung melontarkan balasannya dengan lebih cepat. "Kalau diibaratkan, Twitter sifatnya lebih seperti makanan ringan. Kita bisa nyemil sambil ngapain aja, sambil nonton TV atau sambil di jalan," ujarnya.

Tak heran jika kemudian, bagi sebagian orang, Twitter nampak liar dan tak terkendali. Istilahnya, siapapun bisa mengatakan apapun yang sedang ada di pikirannya, atau dirasakannya, saat itu juga.

Tengok saja ketika kemacetan parah terjadi di Jakarta pada akhir Oktober 2010. Timeline Twitter pada momen itu akan riuh oleh twit yang mencaci-maki keadaan, mulai dari menyalahkan Gubernur DKI hingga sekadar kutukan dan sumpah-serapah.

"Facebook itu nature-nya seperti makan lengkap, sambil duduk di meja. Lebih stabil, tapi memiliki keterbatasan dalam pengungkapan ide secara langsung," Roby melanjutkan.

Sifatnya yang demikian memungkinkan diskusi yang lebih teratur muncul di Facebook. Namun bukan berarti Facebook bebas dari sumpah serapah dan hal-hal sejenisnya, Twitter pun tak melulu berisi cacian dan makian.

Perilaku seseorang di jejaring sosial, lanjut Roby, akan tergantung dari banyak hal termasuk siapa yang 'menyaksikan' dan topik apa yang dibicarakan. "Ibarat ngobrol dengan teman-teman, orang bisa melontarkan pendapat apa saja," Roby menambahkan.

( wsh / wsh )

Tuesday, November 2, 2010

Inikah Anjing Paling Tua di Dunia?


INILAH.COM, Jakarta - Seorang wanita asal Inggris mendaftarkan anjing berusia 25 tahun miliknya ke Guinness World Records. Anjing ini didaftarkan untuk titel anjing tertua di dunia.

Glanice Bagley berusia 69 tahun berasal dari Widnes, Inggris mengatakan ia mendapatkan anjing campuran sheepdog-alsatian ini saat berusia tiga tahun pada 1987.

Bagley menamakannya Sheba, anjing ini lebih tua dari pemegang rekor anjing tertua berusia 23 tahun di Italia saat ini, seperti dikutip dari The Sun.

Bagley mengatakan umur Sheba telah diverifikasi oleh dokter hewan ketika ia akan melakukan operasi telinga sembilan tahun lalu.

Juru bicara Guinness mengatakan organisasi ini akan melakukan sejumlah verifikasi untuk rekor anjing tertua tersebut.

Sebagai bagian proses verifikasi, dibutuhkan pernyataan dokter hewan dan akan ditelusuri sejarah pemilik dan anjingnya, termasuk foto-fotonya.[ito]

Penemu Google Maps Hijrah ke Facebook

INILAH.COM, Sydney-Salah satu penemu Google Maps, Lars Rasmussen yang berbasis di Sydney Australia pindah ke Facebook karena Facebook adalah situs yang unik.

"Saya merasa bahwa Facebook adalah perusahaan yang lain daripada yang lain dalam 10 tahun terakhir ini," ujarnya kepada The Sydney Morning Herald (SMH), Minggu (31/10).

Rasmussen yang telah bekerja untuk Google selama enam tahun mengatakan bahwa memiliki hubungan dekat dengan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

"Saya tahu bahwa Facebook telah mengubah dunia dan sepertinya masih banyak hal yang perlu dikembangkan di sana. Saya pikir Facebook adalah tempat yang tepat bagi saya," ujar Rasmussen.

Dengan lebih dari 500 juta orang anggotanya di seluruh dunia, Facebook menjelma sebagai salah satu situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di dunia yang juga membuat Zuckerberg menjadi salah satu pengusaha termuda paling kaya di Amerika Serikat (AS).

Rasmussen, bersama adiknya Jens, dan dua orang temannya, Noel Gordon dan Stephen Ma membuat Google Maps yang kemudian dijual ke Google pada 2004 dengan nilai pembelian yang dirahasiakan.[ito]

RI Punya Alat Deteksi Benda Luar Angkasa


VIVAnews - Ancaman bagi manusia tak hanya berasal dari dalam Bumi seperti gempa dan letusan gunung berapi. Ada juga ancaman yang datangnya dari langit -- salah satunya asteroid yang sewaktu-waktu bisa menerobos atmosfer dan menubruk Bumi.

Indonesia punya beberapa pengalaman soal ini. Meteorit jatuh dari langit dan menimpa empat rumah di pemukiman penduduk di Jalan Delima VI gang 2, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 30 April 2010.

Atau jatuhnya meteor Bone yang memiliki daya ledak setara 50 kilo ton bahan pembuat bom TNT pada 8 Oktober 2009. Ini bahkan diakui sebagai salah satu fenomena Astronomi 2009.

Sebagai langkah antisipasi untuk mendeteksi masuknya benda luar angkasa yang berada di wilayah Indonesia, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membuat sebuah software khusus bernama Track-it 2.0.

"Software pendeteksi benda langit ini buatan asli Indonesia yang dibuat oleh tim bidang orbit matahari dan antariksa Lapan," ujar Peneliti Matahari dan Antariksa LAPAN, Abdul Rachman, saat acara Diseminasi Cuaca Antariksa dan Benda Jatuh Antariksa di Gedung Pusat Pengembangan Sains dan Antariksa LAPAN Bandung, Selasa 2 November 2010.

Dipaparkannya, pernati lunak yang dinamai Track-it 2.0 telah dikembangkan sejak setahun. Ini akan ditampilkan di situs LAPAN.

"Agar masyarakat bisa melihat langsung pergerakan benda angkasa per satu jam, mungkin dalam satu minggu ini siap ditampilkan di web," paparnya.

Lebih lanjut, Abdul Rachman menjelaskan bahwa Track-it 2.0 bisa mendeteksi benda luar angkasa dengan radius dibawah 200 kilometer.

"Jika warna garis pergerakannya merah itu menandakan bahaya, karena jaraknya antara 90 Km sampai dengan 120 Km dari permukaan bumi, tapi kalau diatas 120 Km relatif aman," jelasnya.

Dijelaskannya, dalam tampilan pernti lunak Track-it 2.0, masyarakat bisa mengetahui volume benda antariksa, nama benda, nomor katalog, pemilik benda dan jarak benda dengan bumi.

"Pada tampilan software, banyak terdapat data yang bisa dilihat, misalnya jarak benda dengan bumi, pemilik benda angkasanya, nomor katalognya sebanyak 15 ribu benda yang terdata, dan lain sebagainya. Untuk lebih memperjelas penggunaannya kita membuat acara diseminasi ini agar masyarakat bisa lebih paham akan software ini," pungkasnya.

(Laporan: DHR| Bandung, umi)

Dari Buruh Pabrik Jadi Ratu Properti China


VIVAnews - Namanya begitu populer di China. Namun siapa sangka, ratu properti ini masa kecilnya penuh dengan kesengsaraan.

Zhang Xin, sang ratu properti, menghabiskan masa kecilnya di lantai lima, rumah susun di pinggiran Beijing. Makan nasi ransum dengan mangkuk besi bersama anak-anak pekerja keras China yang lain.

Saat remaja, ia sempat menjadi buruh pabrik di Hong Kong. Bekerja 12 jam dengan shift. Saat kerja inilah, sedikit demi sedit, Zhang bisa mengumpulkan uang.

Pada usia 20, Zhang telah memiliki uang cukup, dan memutuskan hijrah ke Inggris. Dia mendapatkan bea siswa di Sussex. Kemudian, dia melanjutkan di Cambridge untuk menyelesaikan gelar master.

Kini, dua dekade setelah dia bekerja keras, Zhang bisa menatap dari lantai atas salah satu bangunan paling bergaya dan bergengsi di Beijing. Itulah bangunan miliknya, yang dibangun dari keringatnya sendiri. Zhang pun menjadi salah satu wanita terkaya dunia.

Baru-baru ini majalah Forbes menurunkan profil 10 perempuan miliarder dunia yang kekayaannya dari keringat sendiri. Bukan warisan maupun hibah. Salah satunya Zhang, yang memiliki kekayaan US$2 miliar atau sekitar Rp18 triliun.

Di bawah bendera SOHO, Zhang berhasil membangun kerajaan bisnis properti bersama suaminya. Dia berhasil mengubah cakrawala dari rumah beton kotor yang ia tinggali hingga 1970, menjadi gedung yang indah dan futuristik. "Pembangunan ini bertahap dan begitu lama," kata dia kepada The Sunday Telegraph.

"Saya teringat ketika kami sedang berjuang membayar gaji dan tagihan. Bagaimana pun perusahaan harus terus bergerak meskipun dengan utang. Dengan kontrol biaya yang ketat, kami pun secara bertahap bisa mendapat keuntungan."

Meski telah sukses, dia tidak mau memamerkan kekayaannya. Penampilannya sangat sederhana. Bila menggunakan make up, tidak begitu kentara. Begitu juga dengan perhiasan, juga tidak berlebih.

Ditanya mobil apa yang dia pakai, dia ragu-ragu. Namun akhirnya menjawab. "Oh, itu Lexus. Saya tidak tahu modelnya."

Bahkan dengan triliunan rupiah kekayaan yang ia punya, Zhang tetap mempertahankan sikap hemat. Bila menggunakan pesawat, dia akan menolak menggunakan kelas satu. Padahal bagi dia, sangat mudah terbang ke mana pun dengan tiket paling mahal sekali pun.

"Ini bukan soal keterjangkauan, ini tentang hati nurani," katanya. "Kelas bisnis ini sudah cukup nyaman."

Zhang yang sekarang berusia 45, lahir di China. Tumbuh dewasa selama paruh kedua dari Revolusi Kebudayaan (1966-1976). Dia merupakan putri generasi ketiga imigran Tionghoa yang pindah ke Burma dan kembali lagi ke Beijing pada 1950.

Keluarga ini tinggal di sebuah bangunan utilitarian. Ibunya bekerja sebagai penerjemah resmi membantu menyebarluaskan pernyataan Deng Xiaoping dan Zhou Enlai. Saat sekolah, setiap siang Zhang pulang untuk makan nasi ransum dari kantin gedung itu.

"Hanya ada tiga jenis makanan, semua cukup buruk," kenang dia. "Kami masing-masing memegang mangkuk nasi dan dibawa ke kantin. Petugas membagikan makanan dari wadah yang sangat besar," kata dia sambil menunjuk foto pekerja konstruksi yang sedang mengantre makan di salah satu proyek bangunannya. "Rasanya seperti itu, hanya jauh lebih buruk."

Saat itu, Zhang mengatakan, Beijing adalah kota muram. "Bangunan-bangunan itu kelabu, semua orang berpakaian abu-abu. Kami tidak pernah melihat langit. Tidak ada gagasan dari langit biru untuk sebuah kemakmuran," katanya.

"Semua orang berpakaian sama, makan sama, perbedaan antara satu orang dengan lain sangat kecil. Mungkin sama seperti perbedaan satu rambut dengan rambut lain di kepala Anda," ujar Zhang.

Bekerja sebagai buruh pabrik di Hong Kong baginya tidak jauh lebih baik. "Itu mengerikan," katanya.

Setelah "melarikan diri" ke Inggris, pintu Zhang mulai terbuka. Dengan gelar master ekonomi pembangunan di tangannya, ia mendapat pekerjaan pertamanya di Goldman Sachs.

Pada 1994 ia kembali ke China, tergoda seperti ekspatriat lainnya yang terpikat oleh tawaran zona ekonomi khusus dan reformasi ekonomi.

Seorang teman menyarankan Zhang memulai bisnis properti. Pan Shiyi namanya. Dia yang datang dari keluarga lebih miskin dari Zhang, memandang masa depan bisnis properti sangat bagus.

Empat hari kemudian, Pan mengusulkan semua ide kepada perempuan itu. Lalu mereka mendirikan SOHO. Bersama Pan yang kemudian menjadi suaminya, Zhang memulai bisnisnya.

Pada 2007, perusahaan yang dibangunnya sempat kolaps dengan utang US$1,65 miliar, namun kemudian sedikit demi sedikit utang itu bisa direstrukturisasi. (hs)

Sumber: Forbes dan Telegraph

Awan Mbah Petruk, Masih Adakah Letusan Utama


VIVAnews -- Sejak meletus Selasa 26 Oktober 2010, belum ada tanda-tanda Merapi bakal normal. Yang terjadi kemarin pukul 10.03 WIB, justru Merapi kembali erupsi untuk kali keempat.

Sudah 39 nyawa direnggut, dusun-dusun hancur, ratusan ternak mati -- masyarakat terutama pengungsi gundah gulana, bertanya-tanya kapan ancaman Merapi akan berakhir.

Di tengah segala kegalauan, muncul sebuah foto yang membuat perasaan warga makin ketar-ketir: penampakan awan Mbah Petruk di atas Merapi.

Sosok mirip tokoh punakawan, Petruk ditangkap kamera berada di atas Merapi. Foto itu diambil Suswanto, warga Srumbung Magelang senin 1 November 2010 -- sebelum letusan terjadi.

Foto itu lantas menyebar dengan cepat dan menghebohkan dunia maya. Ada yang percaya, itu adalah petanda, Merapi akan muntab dengan kekuatan yang lebih besar.

Arah hidung Petruk yang menunjuk Selatan dianggap tanda, bahwa wilayah Selatan akan mengalami kerusakan paling parah.

Namun, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Subandrio tak sepakat dengan anggapan itu. Dan menilai bahwa awan itu bukan petanda apa-apa, apalagi tanda letusan. "Jelas bukan," kata Subandrio saat dihubungi VIVAnews, Senin malam, 1 November 2010.

Meski demikian, Subandrio mengaku paham. "Kami memahami keyakinan mereka, tak menyalahkan. Itu belum hilang di masyarakat, termasuk masyarakat Selatan, masyarakat Utara dengan berbagai versi," tambah dia.

Menurut dia, ini adalah tantangan bagi mitigasi bencana dari aspek sosial -- bagaimana mengubah pandangan masyarakat agar lebih ilmiah.

Potensi letusan utama Merapi

Letusan yang terjadi tahun ini diakui Subandrio bukan yang terbesar. Kata dia, sejauh ini kekuatan letusan kali ini cuma separuh dari yang terjadi pada 1872.

Meski kali ini, abu menutupi wilayah sekitar Merapi di DIY dan Jawa Tengah, bahkan sampai ke Ciamis dan Tasikmalaya di Jawa Barat.

"Pada 1872, suara letusan menggelegar lebih dari 8 kilometer. Abunya ke arah Timur mencapai Madura, sementara ke Barat sampai Karawang," jelas dia. Sementara, awan panas saat itu meluncur hingga sejauh 15 kilometer.

Kekuatan letusan Merapi saat ini juga masih di bawah letusan tahun 1930 dan tahun 1960-an. Jadi letusan kali ini bukan yang terbesar.

Jadi, kapan Merapi akan berangsur normal?

Subandrio mengaku tidak tahu. Kata dia, saat ini pihaknya sedang berusaha memahami pola letusan Merapi. Sebab," letusan yang sekarang berbeda dengan letusan yang kami kenal langsung," kata dia.

Diakuinya, tak pernah Merapi meletus seperti saat ini. "Merapi masih erupsi. Apakah letusan pertama yang terbesar, apakah letusan berikutnya cenderung mengecil, apakah berhenti atau masih menunggu letusan utama, kami belum tahu."

Kata Subandrio, sesuai sekrenario memang ada potensi letusan utama. Letusan paling besar yang magmatis. Namun sekali lagi, itu baru perkiraan.

Meski demikian, langkah antisipatif telah dilakukan. Salah satunya, mengungsikan masyarakat yang tinggal di wilayah 10 kilometer dari puncak gunung. Ini lebih jauh dari penetapan wilayah rawan sebelumnya yakni radius 4 kilometer.

Dan, Merapi sampai saat ini belum digeser dari status Awas. Tim ahli gunung sedang menunggu dan mengamati.

Meski tak bisa memprediksi kapan pastinya Merapi meletus, Subandrio menegaskan, prediksi Merapi tak hanya soal waktu meletus, tapi juga tipe letusan.

Kata dia, sudah dari awal, BPPTK dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memprediksikan, letusan Merapi akan bersifat eksplosif.

"Ini justru jauh lebih penting. Bayangkan kalau kita prediksi letusan Merapi biasa, masyarakat di sana [lereng Merapi] akan habis."

Lubang Besar Menganga di Jerman


VIVAnews - Penduduk suatu kota kecil di Jerman Senin pagi, 1 November 2010, dikejutkan oleh suara bergemuruh yang terjadi di depan rumah mereka. Saat keluar, mereka kaget bukan kepalang mendapati sebuah lubang besar menganga di tengah-tengah kompleks pemukiman.

Menurut kantor berita Associated Press, lubang itu menyerupai kawah berdiameter 30 meter dan memiliki kedalaman hingga 20 meter. Peristiwa ini diduga terjadi dalam semalam di suatu kompleks di Kota Schmalkalden, negara bagian Thuringia.

Lubang sebesar itu membuat hilang sebagian jalan, sebuah mobil yang terperosok serta sebuah pintu garasi warga. Beruntung, tidak ada yang terluka dalam peristiwa itu. Sementara sebuah mobil lainnya tergantung di tepi lubang.

Polisi berdatangan setelah warga melaporkan suara bergemuruh yang bising pada pukul 3 dini hari. Takut terjadi lagi pembentukan lubang pada pinggiran, polisi mengevakuasi enam rumah yang terdiri dari 25 orang.

Petugas dari badan geologi kota tersebut, Lutz Katschmann, belum dapat memastikan apa penyebab terbentuknya lubang tersebut. Namun kemungkinan besar, ujarnya, lubang terbentuk akibat formasi bebatuan yang terdiri dari batu kapur, batuan garam dan kalsium sulfat yang terkikis oleh air sehingga menciptakan sebuah rongga besar yang berujung kepada longsor.

“Kami, para ahli geologi, percaya bahwa ini adalah lubang yang terjadi secara alami. Namun kami tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya,” ujarKatschmann seperti dikutip AP.

Katschmann mengatakan bahwa 20 lubang yang lebih kecil terbentuk di Thuringia setiap tahunnya. Dia mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mangatasi hal ini adalah dengan menambal lubang menggunakan kerikil.

Lubang besar seperti itu bukan hanya terjadi di Jerman. Penduduk di ibukota Guatemala Juni lalu kaget dengan adanya sebuah lubang berdiameter 20 meter dan berkedalaman hampir 30 meter, yang menganga di sebuah perempatan jalan.

Lokasi lubang baru itu terletak dua kilometer dari lubang serupa yang terbentuk tiga tahun lalu. Lubang yang tercipta pada 2007 menewaskan tiga orang dan menelan beberapa rumah di kawasan yang sama.

Lubang besar juga pernah melanda Kota Quebec, Kanada dan Milwaukee, Amerika Serikat.