4 Filosofi Baru Internet Explorer 9


Jakarta - Internet Explorer 9 (IE9) versi beta siap dijajal oleh publik. Layaknya sebuah produk anyar, Microsoft pun memperkenalkan empat filosofi pada browser barunya itu.

Berdasarkan keterangan Narendra Wicaksono, Technical Advisor di Microsoft Indonesia, kepada detikINET, Kamis (16/9/2010), berikut adalah keempat filosofi tersebut.


1. Kecepatan
IE9 merupakan browser yang memanfaatkan penuh kekuatan Graphical Processing Unit (GPU). Selain itu browser ini pun telah memanfaatkan multi-core CPU untuk JavaScript yang lebih maksimal.


2. Bersih
Tak seperti versi-versi terdahulu yang penuh dengan opsi, tampilan IE9 kini lebih bersih. Hal ini karena bagian kolom URL berada sejajar dengan tab browser. Selain itu, IE9 memiliki notifikasi baru yang muncul di bagian bawah browser dengan lebih rapi.

3. Terpercaya
IE9 hadir menghadirkan download manager baru dengan Smart Screen Protection. Teknologi Microsoft ini membantu pengguna dalam menyaring situs asing yang kadang ditumpangi malware. Tak hanya itu, IE9 kini memiliki add-on performance protection yang bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna.

4. Interoperability
Terkait standarisasi halaman web, IE9 pun telah siap dengan dukungan penuh untuk standard HTML5 serta dukungan untuk web open font format. Dengan ini para desainer web bisa lebih berkreasi dalam pekerjaanya.


Secara umum, sedikit banyak IE9 tentu tampil dengan lebih smooth saat membuka situs dengan dukungan HTML5. Ini semua karena GPU dalam komputer potensinya telah dimaksimalkan oleh browser ini untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

Bagi pengguna yang telah menjajal IE9, beberapa situs berbasis HTML5 dibawah ini mungkin bisa menjadi perbandingan. Silakan bandingkan dengan beberapa browser lain seperti Opera, Firefox dan Chrome.

http://www.thekillersmusic.com/html5

http://html5.labs.ap.org/

http://www.webvizbench.com/