66% PC Windows Tak Bisa Gunakan IE9


SAN FRANSISCO - Microsoft baru saja meluncurkan browser terbarunya Internet Explorer 9 versi beta. Tapi, browser terbaru Microsoft tersebut takkan bisa digunakan oleh mayoritas pengguna OS Windows XP.

Dengan demikian IE9 takkan digunakan oleh lebih dari dua pertiga pengguna PC. Sebab pada Agustus 2010, jumlah pemakai XP masih menguasai pasar OS Windows yakni 66,7 persen PC Global. Sementara pengguna Vista berkisar antara 15,3 persen sedangkan Windows 7 masih berkisar 17,4 persen. Sedangkan untuk OS Windows lawas seperti 2000, Windows 98 dan Millenium jumlah pengguna sudah sangat sedikit.

"Itu hanyalah masalah dalam pertumbuhan, setidaknya untuk 12 sampai 18 bulan ke depan lebih banyak perusahaan dan konsumen yang bermigrasi ke Windows 7," kata Al Hilwa, analis IDC seperti dilansir PCAdvisor, Sabtu (18/9/2010).

Sementara itu, Ray Valdes, anali Gartner mengatakan ini adalah kelemahan utama dari strategi IE9,"Dan ini merupakan kesempatan bagi pesaing untuk terus menggerus pangsa pasar IE," katanya.

Microsoft memang belum sepenuhnya merilis versi final. Jadi masih ada kesempatan bagi raksasa Software tersebut untuk mempertimbangkan pengguna XP.

IE9 versi beta yang baru diluncurkan diklaim memiliki kemampuan untuk mengubah website apapun menjadi sebuah aplikasi di taskbar Windows. Website-website tersebut tergabung di taskbar, sehingga memungkinkan para penggunanya menggunakan opsi satu klik untuk mengakses situs-situs favorit mereka.

Spekulasi yang berkembang, menyebutkan bahwa IE9 versi final pada April 2011. (ugo)