Apple iPad Kalahkan Komputer PC


Liputan6.com, Jakarta: Analis dari Barclays Capital mengatakan komputer tablet diramalkan akan mengambil alih pasar penjualan komputer PC.

Menurut catatan riset dari analis Barclays Capital, Ben Reitzes, penjualan komputer tablet seperti iPad Apple kini sudah membanting penjualan laptop. Reitzes mengumumkan, penurunan penjualan komputer PC biasa dan dia memperkirakan peningkatan penjualan dari komputer tablet. Ia juga mendukung strategi dari Apple dan Dell. Namun nasib Dell tidak sebagus Apple. "Kami yakin Dell dapat sukses berkompetisi dengan iPad," kata Reitzes.

Reitzes mengatakan penjualan unit komputer PC tumbuh menjadi 16 persen pada tahun 2010, turun dari perkiraan sebelumnya yakni 19 persen. Kemudian ia memperkirakan hanya 10 persen pada tahun 2011 mendatang.

Sementara itu, analis menunjukkan bahwa komputer tablet akan terjual sebanyak 15,85 juta unit pada tahun 2010 dan sebanyak 31,2 juta pada tahun 2011. Perkiraan ini ia simpulkan karena permintaan internasional yang meningkat untuk iPad dan beberapa produsen lain juga akan meluncurkan komputer tablet serupa seperti Samsung.

"Konsumen akan cenderung meng-upgrade laptop mereka dan membeli tablet," ujar Reitzes. Ia juga menambahkan bahwa kontak kami di Asia tampaknya akan menyalahkan iPad untuk kekalahan PC dalam jumlah besar.

Akuisisi HP, Palm, juga dikabarkan akan segera meluncurkan komputer tablet dengan sistem operasi WebOS, tetapi menurut Reitzes meskipun dengan perangkat Streak baru, ia tidak yakin akan dapat bersaing dengan iPad. (telegraph/JAY/MEL)