AutoCAD Gratis untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch


SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Selama 18 tahun, Autodesk tak lagi memproduksi software rancang bangun AutoCAD yang mendukung platform komputer Macintosh (Mac) buatan Apple. Dalam waktu dekat, tak hanya kembali mendukung Mac, AutoCAD pun bakal tersedia di iPad, iPhone, dan iPod Touch.

Bahkan, buat pengguna iPad, iPhone, dan iPod Touch yang sama-sama menggunakan sistem operasi iOS itu, AutoCAD tersedia secara cuma-cuma alias gratis. Dengan versi gratis AutoCAD WS, pengguna dapat membuka, mengedit, dan membagikan file AutoCAD dari perangkat mobile tersebut.

Sementara untuk versi Mac OS X, AutoCAD terbaru tetap dikomersialkan dengan harga normal seharga software versi Windows. Banderol harganya 3.995 dollar AS untuk penggunaan tanpa layanan dukungan teknis atau 4.445 dengan dukungan teknis.

AutoCAD for Mac OS X merupakan native application yang memanfaatkan fitur-fitur user interface dan seluruh library Mac OS X. Semua fitur Mac bisa digunakan seperti melihat file-file hasil desain dengan Cover Flow dan memanfaatkan fitur multitouch di notebook Mac, Magic Mouse, dan Magic Trackpad, serta fitur pan and zoom.

Kembalinya AutoCAD ke Mac disambut baik Apple. "Apple senang karena Autodesk membawa AutoCAD kembali ke Mac," ujar Philip Schiller, Senior Vice President of Worldwide Product Marketing Apple, Selasa (31/8/2010). Sejak ditinggal Autodesk tahun 1992, Apple sempat kehilangan fokus sehingga kepercayaan tersebut menunjukkan strategi Mac OS X dan iOS yang diterapkan Apple pada lini produknya saat ini diterima baik tidak hanya di kalangan konsumen, tetapi juga di kalangan bisnis.
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto