BMW Seri 6, Lebih Klasik dan Ramping


Jakarta - Meskipun baru akan dipamerkan saat gelaran Paris Auto Show berlangsung, namun konsep dari BMW seri 6 sudah terkuak. Perwujudannya mencirikan sebuah mobil klasik yang elegan dan ramping.

Sebelumnya, konsep seri 6 ini terpajang di Beijing, mengusung model coupe empat pintu. Nantinya, BMW seri 6 akan mulai dijual di Inggris April tahun depan.

Kehadiran BMW seri 6 semakin menegaskan revolusi desain BMW dibawah pengawasan Adrian Van Hooydonk, yang juga membuat desain konsep Gran Turismo Z9 pada tahun 1999.

"Dengan mobil ini, aku merasa memiliki lingkaran penuh," katanya, "dan aku cukup beruntung bisa ikut berkontribusi dalam kelahiran seri 6 ini," tambah Van Hooydonk, seperti dilansir Autocar, Minggu (19/9/2010)

Dengan bentuk konsepnya yang seperti sekarang, Van Hooydonk mengkonfirmasikan bahwa versi produksi dari seri 6 hanya akan divariasikan sedikit dari itu.

Perubahan ketika masuk versi produksi akan dilakukan pada rumah spion, tailpipes dan desain pelk nya yang sekarang dianggap kurang elegan akan diperbaharui.

Begitu juga dengan desain moncong Hiu akan sedikit dimodifikasi dengan headlamp baru lensa corona LED dan kisi-kisi gril ginjal khas BMW juga akan dirubah, serta aliran udara di bawah bumpernya.

Dibagian belakang pun, lampu L khas BMW akan mengaplikasi LED seperti di seri 5. Juga sebuah spoiler yang lebih halus dirancang untuk menyatu dengan bodi belakangnya.

Sekarang masuk kedalam kabin, dimana konsep coupe akan tetap dipertahankan, sehingga lebih membuat pengemudi menjadi egois, karena instrumen dan dashboard akan dipusatkan mengarah pada pengemudi.

Konsol tengah akan sedikit mengarah ke pengemudi, dengan desain dashboard yang asimetris. "Ini mobil coupe, jadi kami pikir harus memiliki nuansa driver-centric dibanding model reguler lainnya," bangga Vam Hooydonk.

Sayangnya, BMW belum membocorkan spesifikasi mesinnya. Namun seiring dengan tren pengecilan mesin demi efisiensi, sebuah kombinasi turbocharger enam silinder diesel dan V8 bakal teraplikasi pada model BMW 630i dan 650i, serta 635d.

Tapi kan Paris Auto Show sebentar lagi akan dihelat, jadi bersabar ya!