Ciptakan YouTube Instant, Mahasiswa Digaet Bos YouTube


Jakarta - Mengetahui Google meluncurkan mesin pencarian versi cepat bernama Google Instant, seorang mahasiswa dari Stanford University, California, Amerika Serikat, terilhami membuat YouTube Instant.

YouTube Instant yang diciptakan Feross Aboukhadijeh, demikian nama mahasiswa tersebut, merupakan mesin pencarian cepat untuk versi video. Dikatakan Aboukhadijeh, temuannya ini membuat pengguna bisa langsung menemukan video yang mereka inginkan.

Yang menarik, Google selaku pemilik YouTube sejak lama menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat Google Instant. Sementara Aboukhadijeh hanya perlu waktu tiga jam untuk menelurkan pencarian instant untuk versi YouTube ini.

Gembira atas keberhasilannya membuat YouTube Instant, Aboukhadijeh lalu memposting hasil karyanya itu pada sebuah link di akun Twitternya. "Pernah mendengar Google Instant? Nah, saya membuat untuk versi videonya yang bernama YouTube Instant," demikian bunyi tweet yang ditulis Aboukhadijeh dengan nama akun Twitter @FreeTheFeross.

Tak disangka, tak sampai 24 jam postingannya itu mendapat balasan langsung dari Bos YouTube, Chad Hurley yang langsung menawarinya pekerjaan. "Hai @FreeTheFeross! Saya suka sekali YouTube Instant. Anda bersedia menerima tawaran pekerjaan?."

Tentu saja Aboukhadijeh sangat girang mendapat tawaran itu. Dia sendiri seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (15/9/2010), mengaku terkejut bisa membuat YouTube Instant dengan mudah. "Saya sudah pernah membuat banyak website, tapi belum pernah ada yang pembuatannya secepat YouTube Instant," ujarnya semringah.

Masih tidak percaya dengan tawaran yang didapatnya, Aboukhadijeh kemudian membalas tweet Hurley menanyakan apakah dia benar-benar serius akan memberinya pekerjaan.

Hurley pun berusaha meyakinkannya dengan membalas," Hei @FreeTheFeross, apakah Anda sudah siap meninggalkan bangku kuliah? Saya akan mengirimkan pesan untuk Anda." ( rns / ash )