Helm Kuno Romawi Ditemukan di Inggris


Liputan6.com, Cumbria: Seorang pencari harta karun alias treasure hunter menemukan sebuah artefak kuno zaman Romawi, yakni helm perunggu lengkap dengan penutup muka. Benda bersejarah ini ditemukan di Cumbria, sebuah provinsi kecil di Inggris, Senin (13/9) waktu setempat.

Para ahli percaya temuan ini adalah satu dari tiga jenis helm Romawi di Inggris. Helm ini diduga dipakai seorang prajurit sebagai simbol kehebatan. Disebut sebagai salah satu penemuan penting abad ini, helm tersebut ditaksir terjual 300.000 Euro atau senilai Rp 3,4 miliar dalam acara lelang Christie's Antiquitis di London pada 7 Oktober mendatang.

Helm serupa bernama Crosby Garrett telah ditemukan di Cumbria pada Mei. Sang penemu harta karun tersebut diminta pemerintah Inggris untuk tetap merahasiakan identitasnya. Artefak serupa ditemukan pada 1796 dan 1905.

Helm-helm kuno tersebut dipercaya digunakan sebagai pembeda jabatan dan simbol kebolehan dalam berkuda. Di beberapa ajang olahraga, para prajurit kerap memakai helm tersebut untuk menyerang dan bertahan.(BBC/WIL/MEL)