Perayaan Gol Anelka Sindir FFF


VIVAnews - Ada yang unik dari perayaan gol Nicolas Anelka saat melawan MSK Zilina di penyisihan Grup Liga Champions, Rabu 15 September 2010. Striker Chelsea itu melakukan gerak tubuh tangan terborgol.

Rekan-rekannya pun menyambut perayaan itu dengan reaksi yang tak kalah unik. Florent Malouda misalnya berpura-pura jadi pemegang kunci dan membuka borgol Anelka.

Selepas pertandingan, Anelka menjelaskan kalau gerak tubuh itu menyindir keputusan Federasi Sepakbola Perancis (FFF). Ya, Anelka memang baru saja diskors 18 pertandingan internasional oleh Federasi negara asalnya itu.

"Ini hanya sesuatu untuk Federasi Perancis soal apa yang terjadi saat Piala Dunia lalu (2010)," kata Anelka seperti dilansir Sky Sport.

"Apa yang terjadi di musim panas lalu sudah menjadi waktu lampau. Sekarang saya 100 persen fokus pada Chelsea."

Skorsing dijatuhkan FFF karena Anelka dianggap menghina pelatih Perancis saat itu, Raymond Domenech. Anelka langsung dikeluarkan dari timnas yang akhirnya berujung pada pemogokan sesama rekannya di timnas.

Pemogokan terjadi hanya dua hari sebelum laga terakhir penyisihan grup melawan Afrika Selatan. Akibatnya fatal, Perancis kalah dan tersingkir dengan status juru kunci.

Sebagai hukuman dari FFF, seluruh pemain yang ikut Piala Dunia 2010 tidak dipanggil untuk Kualifikasi Piala Eropa 2012. Perancis pun kini sudah punya pelatih baru, Laurent Blanc.
• VIVAnews