Predict, Website yang dapat Memprediksi Kanker


LONDON - Sebuah website baru telah diluncurkan untuk menolong pasien kanker payudara untuk memprediksi kemungkinan kesembuhan mereka.

Website yang bernama Predict itu dirancang untuk menawarkan tingkat akurasi yang lebih baik, melalui input-data seperti usia dan lain-lain. Pasien dan dokter diberikan prediksi mengenai bagaimana seseorang bisa bertahan untuk 5 atau 10 tahun ke depan, dan juga diberikan perawatan tambahan berupa obat-obatan tambahan. Demikian seperti dikutip dari Press Association, Rabu, (15/9/2010).

Situs Predict itu diberikan secara gratis dan dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Professor Gordon Wishart, pimpinan unit kanker payudara di Cambridge University Hospitals.

"Model baru ini menggunakan jumlah besar data dari wanita Inggris yang sudah didiagnosa dan terancam terkena kanker di dalam NHS (National Health Service). Dalam beberapa waktu terakhir, kami meng-update data catatan pasien dan data-data pasien yang bisa bertahan," ujar Prof Wishart.

Para ahli menggunakan data dari Eastern Cancer Registration and Information Centre, untuk East Anglia, Inggris, pada lebih dari 5.600 pasien. Lalu data-data ini disilangkan dengan data dari West Midlands, Inggris untuk mendapatkan gambaran yang akurat, mengenai data orang-orang yang bertahan dari penyakit kanker di seluruh Inggris. Data dari Inggris bagian timur ini sudah termasuk rumah sakit umum maupun klinik-klinik.

"Sangat penting bagi para pasien untuk bekerjasama dengan para ahli demi memilih perawatan kanker payudara yang baik," tambah Prof Wishart.
(srn)