Sopir Bus "Ngantuk", Dua Penumpang Tewas


CIREBON, KOMPAS.com — Akibat sopir mengantuk, bus Putra Luhur menabrak median jalan tol dan terguling di ruas tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Minggu (19/9/2010) pagi. Dua penumpang tewas dan sekitar 40 penumpang lainnya luka-luka.

Bus Putra Luhur jurusan Yogyakarta-Lampung bernomor polisi AB 7225 JN itu mengalami kecelakaan tunggal sekitar pukul 06.15 di jalan tol Palimanan-Kanci Kilometer 224. Pujiyono (50), sopir bus yang mengantuk, diduga menjadi penyebab utama kecelakaan tersebut.

Akibatnya, 2 orang tewas, 6 orang luka berat, dan 13 orang luka ringan, dari sekitar 48 penumpang. Kedua penumpang tewas adalah Irma (14), warga Muara Enim, dan Suharjo (27) warga Grobogan, Jawa Tengah. Salah satu korban meninggal di lokasi kejadian dan satu orang meninggal di rumah sakit.

Korban luka berat-ringan mendapat perawatan di RS Ciremai, RS Gunung Jati, RS Plumbon. Menurut pengakuan Ningsih (46), sopir sudah mengantuk sebelum masuk jalan tol. Bahkan, sopir sempat meminta kacang kepadanya.

"Jalannya kencang, tetapi dia mengantuk," ujar Ningsih, ibu dari Irma, korban yang tewas. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Ajun Komisaris Kurnia mengatakan, kecelakaan tunggal terjadi akibat kelalaian sopir. Saat ini sopir sudah diamankan pihak kepolisian.