Suzuki Alto Ingin Jadi Mobil Termurah di Dunia


NEW DELHI- Maruti Suzuki memang telah mengumumkan akan segera merilis Alto generasi terbaru di India. Dan peluncuran mobil mungil ini diprediksi akan menggeser dominasi Tata Nano sebagai mobil termurah sejagad.

Di India sendiri Maruti Suzuki hingga saat ini masih menjadi pemimpin pasar. Namun secara perlahan Suzuki mengamami penurunan pangsa pasar setelah munculnya mobil-mobil berharga murah.

Kini perusahaan yang berpusat di Jepang itu berusaha keras untuk kembali agresif menawarkan seusatu kepada konsumennya. Berita terbaru menyebutkan, Alto sengaja disiapkan untuk menjegal Tata Motors yang sudah mendominasi pasar mobil murah di Negeri Tajmahal itu.

"Model baru ini akan hadir lebih murah 20-25 persen dibanding generasi sebelumnya yang ditawarkan dengan harga sekira Rp50 jutaan," tulis Paultan, Jumat (17/9/2010).

Meski demikian, berbeda dengan versi terdahulunya yang disokong mesin berkapasitas 800 cc 3 silinder, Alto generasi teranyar kini hadir dengan mesin tipe "K" yang terkenal irit bahan bakar tapi memiliki daya besar meski kapasitas silinder lebih kecil.

Tetapi Alto tetap punya tugas berat, mengingat mobil ini harus berhadapan dengan Tata Nano yang di India harganya masih dikisaran Rp24 juta. Bila konsumen tetap mempertimbangkan harga karena faktor daya beli, sulit bagi Suzuki Alto mencuri mahkota mobil termurah di dunia dari Tata Nano.
(uky)http://i.okezone.com/content/2010/09/17/52/373178/PLGugHcyzI.jpg