Tentara AS Wajib Punya DTV Shredder


INILAH.COM, Jakarta – Tentara Amerika Serikat (AS) kini wajib memiliki alat baru yang dinamakan DTV Shredder, di medan perang. Alat ini berwujud seperti perpaduan tank kecil, segway dan skateboard.

Diciptakan oleh firma teknologi Kanada, BOG Werks, DTV Shredder merupakan ‘tanggapan platform modular pertama’ bagi para prajurit saat konferensi Kendaraan Militer di Detroit bulan lalu. Kendaraan ini dikembangkan oleh Ben Gulak, mahasiswa MIT yang terkenal atas temuan Motor Uno-nya. Masih belum jelas apakah perwakilan tentara AS terpesona oleh kendaraan ini sehingga mereka mau membelinya.

DTV Shredder kabarnya dapat berjalan di semua medan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, pusat gravitasi yang rendah, membuatnya ideal untuk pengintaian, penyelamatan, pengawasan, bahkan operasi evakuasi medis. Manufaktur kendaraan ini menambahkan, DTV dapat diatur sesuai kebutuhan.

Selain itu, terdapat juga pilihan untuk memasang senapan mesin atau senjata lain, sehingga DTV Shredder dapat menjadi kendaraan serang yang hebat. Selain itu, adanya pengoperasian jarak jauh, memungkinkan DTV Shredder dikirim untuk misi pengintaian yang biasanya sangat berbahaya bagi prajurit.

Kendaraan ini dijalankan oleh mesin Honda 200cc yang menghasilkan 15 tenaga kuda dan mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 30mph. Selain itu, kendaraan ini mampu berjalan di medan dengan kemiringan 40 derajat. Kendaraan ini juga mampu mengangkut beban seberat 1200 pon (30,5 kg) termasuk pengendaranya. [ast]