7langit: Aplikasi Ancam Eksistensi Browser


JAKARTA - Kehadiran tablet seperti iPad besutan Apple, dan tak lama akan hadir PlayBook dari Research in Motion akan mengubah cara berinteraksi berinternet bagi sebagian masyarakat.

"Di masa depan, semua informasi internet akan under screen. Artinya, semua interaksi akan terjadi melalui layar, baik itu yang 3 inci atau 7 inci," tukas Daniel Tumiwa, Executive Producer 7langit, sebuah perusahaan pengembang aplikasi di Indonesia.

Perbedaan layar antara yang kecil (3 inci) dengan yang standar (7inci) tentu saja membutuhkan aplikasi yang berbeda satu sama lainnya. Karena di masa depan, layar itu menjadi alat paling penting bagi konsumen.

"Aplikasi di sebuah smartphone seperti BlackBerry akan semakin penting di masa yang akan datang. Kami prediksi, dalam satu smartphone pengguna akan dijejali maksimal 6 buah aplikasi," terang Daniel, saat melakukan presentasi di BinusTechday, di Binus University, Jakarta, Kamis (7/10/2010).

Konsumen, diterangkan Daniel di seminar yang turut bekerja sama dengan XL Axiata ini, diprediksi tidak akan lagi ketergantungan terhadap mobile browser, apalagi menuliskan 'www'. Pasalnya, cukup dengan 6 aplikasi, konsumen bisa mendapatkan segala informasi, seperti kesehatan, berita, perbankan, dan lain sebagainya.

"Jadi nantinya perusahaan aplikasi akan berebut tempat diantara 6 aplikasi maksimal yang bakal ditanamkan di BlackBerry tersebut," tandas Daniel. (srn)