AMD: iPad Memangsa Pasar Laptop


Jakarta - AMD, salah satu produsen chip besar turut angkat bicara mengenai komputer tablet, khususnya Apple iPad. Dirk Meyer selaku Chief Executive AMD, menyatakan iPad telah memangsa sebagian pasar laptop dan netbook.

Namun meski mengakui potensinya besar, AMD masih belum akan mengembangkan prosesor khusus untuk tablet. Strategi ini berbeda dari saingan beratnya, Intel, yang terlihat agresif di segmen tablet.

"Sangat jelas bahwa dalam satu atau dua kuartal terakhir, tablet telah mengganggu pasar komputer jinjing. Meski ada berbagai pendapat, secara personal saya kira tablet telah memangsa baik pasar laptop maupun netbook," tukas Meyer.

AMD memilih menunggu pasar tablet berkembang lebih lanjut. Meyer menjelaskan bahwa AMD masih harus berjuang keras di kategori notebook sehingga belum akan berinvestasi di ranah tablet.

Kecenderungan iPad menerkam pasar komputer jinjing tak hanya diyakini oleh Meyer saja. Sebelumnya. CEO retail besar Amerika Serikat, Best Buy, juga memaparkan penjualan beberapa model netbook menurun 50% kala iPad mulai dijajakan di Best Buy.

Data penjualan terkini Gartner mendukung anggapan itu. Menurut Gartner, penjualan netbook melambat setelah beberapa tahun mengalami lesatan pertumbuhan. Mikako Kitigawa, Principal Analyst Gartner, menilai kehadiran iPad berkontribusi terhadap anjloknya penjualan netbook.

"Pada tahap ini, kehebohan mengenai tablet telah membuat konsumen memilih menunggu sebelum membeli perangkat baru," ucap Kitigawa yang dilansir AppleInsider dan dikutip detikINET, Jumat (15/10/2010). ( fyk / rns