Bagaimana Prospek Windows Phone di Tanah Air?


JAKARTA - Kendati merupakan sistem operasi yang lebih lama hadir di pasaran, nama Windows Mobile kian hari kian terkikis saja pangsa pasarnya. Lalu bagaimana prosepek OS Microsoft tersebut di Indonesia setelah Windows Phone 7 hadir?

Yang jelas, dua perusahaan ponsel besar Samsung dan LG tetap pada komitmennya untuk menghadirkan jajaran ponsel cerdas berbasis OS tersebut ke Indonesia. Walaupun bisa dikatakan pasarnya tidak semeriah Android, yang baru-baru ini sedang naik daun.

"Pengguna Windows Mobile itu masih ada tapi terbatas, karena mereka terkikis sama pengguna BlackBerry, dan baru-baru ini Android. Kami pun tahun ini hanya fokus di Android," terang Product Marketing Head Mobile Communication LG Indonesia Richard Susilo, saat berbincang dengan okezone, Selasa (12/10/2010).

Hal senada juga diungkapkan oleh Hioe Ankin, Head Mobile Departement PT Samsung Electronics Indonesia, menurutnya pengguna Windows Mobile di Indonesia sangat segmentif sekali jadi hanya orang-orang tertentu saja yang masih setia menggunakannya.

"Biasanya pengguna Windows Mobile itu adalah pengguna netbook yang sudah terbiasa menggunakan OS Windows di komputernya, dan pekerja yang menyiapkan tools di Windows Mobile agar terhubung dengan Windows komputer," katanya.

Melihat hal tersebut, baik Samsung dan LG menggelontorkan ponsel Windows Phone pun seolah-olah hanya sebagai pelengkap dari portofolio seri ponsel mereka. Buktinya, LG hanya mengeluarkan 3 seri ponsel OS Windows, dan Samsung tidak lebih dari 2 seri saja.

"Karena base device kami tidak hanya satu OS saja. Ada Android, Symbian, Bada, dan Windows Mobile itu sendiri," sebut Ankin.
(tyo)