Desember, Timnas Jajal Beckham Cs


JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia dijadwalkan melawan sejumlah lawan tangguh sebagai persiapan menghadapi Piala AFF. Salah satu lawan yang akan dihadapi skuad "Merah Putih" adalah klub Amerika Serikat, LA Galaxy, pada bulan Desember mendatang.

"Saat ini masih tahap negosiasi. Mereka kebetulan akan berkunjung ke India. Jadi, saya mengundang mereka datang ke sini. Saya menjadwalkan Galaxy datang pada tanggal 9 atau 13 Desember. Mereka datang dengan kekuatan penuh seperti David Beckham dan Landon Donovan. Mungkin agak sedikit sulit karena mereka mengutamakan faktor keamanan," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif.

BTN memang menjadwalkan sejumlah laga uji coba melawan tim-tim tangguh demi menggapai ambisi meraih Piala AFF. Laga uji coba pertama yang dihadapi Indonesia saat melawan Uruguay, Jumat (8/10/2010). Sayang, Bambang Pamungkas dkk harus menelan kekalahan menyakitkan, 1-7, dari "La Celeste".

Empat hari kemudian, "Merah Putih" menjajal kekuatan Maladewa yang rencananya digelar di Stadion Siliwangi Bandung. Kemudian pada bulan November, tim nasional akan melakoni tiga laga uji coba lainnya yang akan dilaksanakan pada tanggal 17, 21, dan 24 November.

Namun sejauh ini, baru Timor Leste yang sudah memastikan kesiapannya melawan tim nasional. Rencananya, laga tersebut akan digelar pada tanggal 24. Adapun untuk laga uji coba tanggal 17 November, BTN tengah bernegosiasi dengan Paraguay, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Pantai Gading.

"Memang saat ini, kami masih dalam tahap negosiasi. Kami akan berusaha mendatangkan salah satunya pada tanggal 17. Untuk tanggal 21, Paraguay mungkin bisa datang ke Jakarta. Sebab, mereka akan beruji coba melawan Paraguay pada tanggal 17. China mungkin sebagai alternatif," papar Iman.