Digempur Android, iPad Diprediksi Tumbang


Jakarta - Boleh saja Apple telah menjual jutaan tablet iPad ke seluruh dunia. Namun diprediksi, mereka tidak dapat bertahan di posisi puncak industri tablet setelah menghadapi gelombang serbuan tablet berbasis Android.

Gene Munster, analis industri dari perusahaan investasi Piper Jaffray menyatakan Android telah jadi lawan utama iPad. Rilis versi baru Android dan pilihan tablet yang lebih kaya membuatnya sangat berpotensi mengangkangi iPad.

"Sama seperti yang terjadi di pasar smartphone, kami yakin Android adalah kompetitor terkuat iPad. Dalam jangka panjang, Android dapat melampaui iPad dalam pangsa pasar tablet karena ada banyak pilihan dari berbagai produsen," ucap Munster.

Memang jika menilik industri smartphone, sepak terjang Android terus menggerus Apple iPhone. Dalam penjualan smartphone baru di Amerika Serikat bulan Agustus 2010, gabungan penjualan ponsel Android telah berada di posisi teratas.

Inilah landasan analisis Munster, bahwa hal yang sama akan terjadi di industri tablet. Banyak vendor ternama bakal merilis tablet andalan sehingga iPad diprediksi kewalahan menghadapinya.

Rilis OS Android versi 3.0 alias Gingerbread makin menambah kekuatan tablet Android. Menurut Munster, Android 3.0 akan mendukung layar resolusi 1280x768, sama dengan iPad. Hal ini memudahkan vendor membuat tablet berlayar besar.

Namun kemenangan Android atas iPad masih butuh waktu. Menurut analisis Munster, tahun 2011 iPad memiliki pangsa pasar 57% dan tablet Android baru 26%. Hal ini sama dengan prediksi lain yang menyebut iPad masih berjaya tahun depan. Demikian seperti dilansir Wired dan dikutip detikINET, Rabu (13/10/2010