Ditemukan, Mamalia Paling Terancam di Dunia


INILAH.COM, Jakarta – Konservasi margasatwa Inggris berhasil mengidentifikasi spesies mamalia karnivora baru di Madagascar. Binatang ini ditemukan di lahan basah danau terbesar negara itu.

Tim dari Durrell Wildlife Conservation Trust menamakan makhluk mirip muwak ini Durrell’s Vonstira. Nama ini diambil dari nama pendiri perserikatan ini, Gerald Durrell seperti dikutip dari BBC.

Dengan habitat berawa dan ancaman invasi spesies serta polusi, anggota tim ini mengatakan binatang itu merupakan mamalia paling terancam di dunia.

Setelah penampakan pertama kali pada 2004, salah satu binatang ini ditangkap untuk diteliti detil contoh darahnya serta jaringannya pada 2005.

Kemudian sampel tersebut dikirim ke Natural History Museum di London bersama dengan satu spesimen mati binatang ini.

Ahli Zoologi musium ini membandingkannya dengan keluarga terdekatnya, Vonstira ekor coklat yang tinggal di hutan dan memastikan binatang ini merupakan spesies baru.

“Jelas sekali binatang ini merupakan spesies baru dan spesimen yang kita miliki di musium ini dikenal sebagai holotype (spesimen dari tempat spesies ini diberi nama) untuk bahan penelitian para ilmuwan di masa depan,” kata Paula Jenkins dari musium ini.

Temuan spesies mamalia baru ini bukanlah hal biasa dan temuan spesies karnivora baru ini “sangat tidak biasa,” katanya.

Durrell’s Vonstira sangat langka, tambahnya.

“Hanya ada dua binatang ini di alam liar. Binatang ini ditemukan di lahan basah danau Alaotra Madagascar. Binatang ini tinggal di tempat yang kecil dan rentan terhadap habitatnya yang terancam.”[ito]