Firefox 4 Beta Hadir untuk Android dan Maemo


Jakarta - Firefox 4 Beta sudah dirilis sejak Juli silam. Kini Mozilla melengkapinya dengan merilis versi trial ini untuk dua platform mobile Android dan Maemo.

Diberi nama kode Fennec 2.0, versi beta untuk mobile yang menggunakan mesin Firefox Javascript terbaru ini pun berbasis engine Gecko layaknya versi Firefox 4 beta pada desktop.

Dikutip detikINET dari TechTree, Jumat (08/10/2010), berdasarkan pengujian terbaru yang dilakukan Mozilla, Fennec 2.0 lebih cepat ketimbang browser Google yang dibundel dengan Android 2.1.

"Versi beta terbaru ini lebih cepat, bahkan kami berencana membuatnya lebih cepat lagi," tulis salah satu eksekutif Mozilla, Matt Brubeck dalam postingan blognya.

Karena menggunakan teknologi yang sama dengan versi desktop, selain kecepatan, Firefox 4 beta untuk mobile ini juga menawarkan Awesome Bar, Add-ons dan Firefox Syncs.

Para pengembang Firefox telah bekerja keras meningkatkan tingkat kepekaan browser mobile tersebut dan membuatnya agar lebih bersifat touch friendly. Pada Awesome Bar, pengguna bisa melihat Awesome Screen yang menunjukkan quick list bookmark dan website yang sering dikunjungi.

Sementara fitur Firefox Sync, memudahkan pengguna mensinkronisasikan password, open tab, bookmarks, history, bahkan form data untuk bisa menggunakannya dimana saja pada perangkat berbeda.

Berdasarkan keterangan Mozilla, belum semua perangkat Android dan Maemo bisa menggunakan Firefox Mobile beta ini, melainkan baru perangkat tertentu saja. Diantaranya yang sudah teruji yakni Nokia N900, HTC Desire, HTC EVO 4G, HTC Google Nexus One, Motorola Droid 2. Sedangkan yang belum teruji, HTC Desire Z (T-Mobile G2), HTC Droid Incredible, Motorola Droid X, Motorola Milestone(Verizon Droid), Samsung I9000 Galaxy S (AT&T Captivate, Verizon Fascinate, T-Mobile Vibrant, Sprint Epic 4G). ( rns / ash )