Galaxy Tab dan PlayBook, 'Koran' Baru Bagi Media Cetak


Jakarta - Setelah hadirnya Apple iPad, dua tablet baru yakni Samsung Galaxy Tab dan RIM Playbook berpotensi menjadi 'koran' di industri media cetak. Banyak media cetak kini mengincar dua produk tersebut demi memperluas pasar mereka yang kian menipis.

Beberapa media besar di luar negeri seperti New York Times, Wall Street Journal, Financial Times, serta USA Today kini berlomba-lomba menghadirkan aplikasi mereka di kedua tablet tersebut. Mengapa demikian?

Ini semua karena budget produksi bagi 'koran digital' tersebut lebih efisien dibanding oplah kertas yang saat ini beredar di pasaran.

Dilansir detikINET dari Engadget, Minggu (10/10/2010), kini Wall Street Journal dan Financial Times sedang getol membuat aplikasi pada Playbook besutan Research In Motion (RIM). Dua surat kabar besar tersebut tengah melakukan penjajakan dengan RIM. Sementara New York Times dan USA Today dikabarkan berminat membuat aplikasi pada Samsung Galaxy Tab.

Sang raja media, Rupert Murdoch pun dikabarkan sedang mendekati RIM untuk memasukan aplikasi medianya pada perangkat tablet Blackberry itu. Lalu bagaimana dengan media cetak dalam negeri? Kita tunggu saja perkembangannya. ( fw / fyk )