Google Buzz Digencarkan di Indonesia


JAKARTA - Di antara sekian banyak produk yang dipromosikan oleh Google di acara 'Google Dev Fest 2010', diantaranya adalah Google Buzz.

Google Buzz adalah jejaring sosial dan tool untuk melakukan messaging dari Google. Para pengguna bisa membagi link foto, video, status dan komen yang diorganisir dalam bentuk 'percakapan' dan terlihat di inbox pengguna.

Timothy Jordan, Developer Advocate dari Google, pada acara Google Dev Fest 2010 hari ini di Jakarta, Jumat (8/10/2010) mendemonstrasikan secara teknis kepada para pengunjung mengenai Google Buzz dengan tema presentasi 'The New Social Web: It's About Open Standards'.

Jordan menjelaskan bahwa Google Buzz dibangun oleh beberapa open-protocol macam: Atom, Ouath, Pubsubhubbub, Salmon-Protocol dan Activitystre, yang masuk ke dalam term 'Open-Standards'.

"Terminologi Open-Source berarti semua orang memiliki kemampuan untuk mengerjakan dan mengembangkan sebuah proyek yang sama. Open-Standard menawarkan kemudahan dan Interoperability," ujar Timothy Jordan, di Binus University, Jakarta, Jumat (8/10/2010).

"Open Standard itu seperti Open-Source yang menawarkan kebebasan bagi komunitas untuk mengembangkan suatu sistem," tambahnya.

Setelah pendemonstrasian Google Buzz secara rinci dan teknis oleh Timothy Jordan, sepertinya bakal banyak yang menggunakan Google Buzz. (tyo)