Honda Jazz "Facelift" Meluncur 2011 di Indonesia


BANDUNG, KOMPAS.com — Honda Motor Corporation, dua hari lalu, Jumat (8/10/2010), baru saja memperkenalkan Honda Fit (Jazz di Indonesia) facelift. Langkah itu akan diikuti Indonesia tahun depan, seperti diinformasikan Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), di sela-sela acara 10 tahun CR-V di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/10/2010) kemarin.

Disinggung soal kemungkinan hadirnya varian baru, Jonfis menyatakan bahwa pihaknya cukup puas dengan dua model terakhir yang dipasarkan. "Di Indonesia ini tanggung, saat ada pilihan mesin 1,3 L, tenaganya lebih kecil dibanding mesin 1,5 L, namun pajaknya sama saja. Akan lebih menguntungkan jika kita produksi Jazz 1,5L lebih banyak," tegasnya.

Jazz Hybrid
Mengenai varian bermesin hibrida yang juga diperkenalkan di Jepang, Jonfis menyatakan tak akan memasukkan ke Indonesia dalam waktu dekat. "Kami belum memikirkan untuk membawanya (varian hybrid) ke sini karena pasarnya yang belum jelas," ujar Jonfis. Masyarakat Indonesia, lanjutnya, masih memerlukan edukasi yang lebih banyak mengenai teknologi hybrid.

Selain itu, menurutnya, harga mobil berteknologi hibrida masih mahal. Sebagai contoh, saat HPM membawa Civic Hybrid ke Tanah Air pada 2008. Saat itu, Civic standar memiliki banderol Rp 275 juta, sedangkan Civic Hybrid mencapai Rp 490 juta. "Kita memerlukan dukungan regulasi lebih jelas mengenai penggunaan teknologi ini," ujarnya.

Penulis: BBB
Editor: Bastian