iPhone 4 'BM' Masih Dipatok Rp 9 Jutaan


Jakarta - iPhone 4 belum secara resmi masuk Indonesia. Namun tetap saja, smartphone anyar Apple itu sudah wara-wiri di pasar ponsel Tanah Air. Hanya saja harganya masih dipatok sangat tinggi.

Dalam penelusuran detikINET, iPhone 4 masih dihargai di kisaran Rp 9 jutaan untuk yang berkapasitas 32 GB dan Rp 7,8 hingga Rp 8 jutaan untuk yang 16 GB.

"Ini produk BM (black market/pasar gelap)," tukas sang penjual.

Alhasil, dengan status 'BM' itu jangan berharap pembeli mendapatkan layanan purna jual yang baik seperti halnya produk resmi. Sebab, penjual hanya berani memberi garansi selama sebulan.

Lalu bagaimana jika kerusakan terjadi setelah lewat dari satu bulan? Tenang, si penjual menjanjikan tetap bisa menerima perbaikan. Namun ya itu, karena sudah di luar garansi maka akan ada biaya perbaikan yang menyertai.

"Tapi bukan berarti setelah sebulan itu kita gak bisa tinggal, kita masih terima, cuma ada biayanya," tukasnya.

Untuk aksesoris, si penjual juga menjanjikan kelengkapan perangkat genggam standard. Ada kabel data, earphone, dan lainnya.

iPhone 4 versi resmi sendiri sejatinya digadang-gadang hadir di Tanah Air pada September lalu dengan dibawa oleh Telkomsel. Namun sayangnya hal itu urung terealisasi lantaran masih ada persoalan yang menghadang.

Yakni terkait type approval (TA) untuk iPhone 4G yang belum dikeluarkan oleh Ditjen Postel, Kementerian Kominfo. Jadi meskipun Telkomsel sebelumnya sudah pernah mengeluarkan TA untuk iPhone 3G dan 3GS, tapi sekarang harus mengajukan TA lagi. ( ash / rns )