Nokia C5-03, Ponsel Murah Kecepatan Mewah


VIVAnews - Data atau Internet berkecepatan tinggi seakan menjadi fitur wajib dalam sebuah ponsel atau perangkat bergerak. Ingin memenuhi kebutuhan tersebut, Nokia kembali menambah jajaran ponsel seri C terbarunya, Nokia C5-03.

Sesuai komitmen, Nokia tak akan kepincut untuk mengadopsi OS Android ke dalam perangkatnya. Masih setia dengan Symbian^1, yang juga dikenal dengan Symbian S60 edisi kelima, ponsel layar sentuh anyar tersebut menjadi senjata baru andalan raksasa vendor asal Finlandia itu untuk bersaing dengan Apple iPhone dan jajaran ponsel berbasis Google Android.

Nokia C5-03 merupakan ponsel seberat 93 gram yang muncul dengan kamera 5MP, akses Wi-Fi, dan GPS. Selain itu, ia memiliki layar sentuh resistif nHD (360x640 piksel). Keunggulan yang perlu dipertimbangkan adalah fitur GPS on-board yang terintegrasi dengan OviMaps lengkap dengan navigasi suara.


Konektivitasnya pun sangat mumpuni. Nokia C5-03 menawarkan kemampuan quad-band GSM/GPRS/EDGE dan tri-band 3G dengan kecepatan data HSDPA (10,2Mbps) dan HSUPA (2Mbps). Kecepatan ini bahkan lebih cepat dibandingkan smartphone kelas kakap, seperti iPhone 4, Samsung Galaxy S, HTC Desire, sampai BlackBerry Torch sekalipun.

Sayangnya, kapasitas baterainya terbatas, hanya 1000mAh. Tapi, Nokia mengklaimnya sanggup bertahan sampai 11,5 jam waktu bicara dan 35 jam memutar musik non-stop (19,5 jam jika Anda memakai headset Bluetooth).

Selain itu, beberapa orang menyayangkan langkah Nokia yang tidak menyematkan OS Symbian 3 pada ponsel barunya. Justru memasangkan S60v5.

Perangkat ini akan tersedia menjelang liburan akhir tahun 2010. Kemungkinan ia dibanderol dengan harga 170 euro (setara Rp2,1 juta) per unit, sebelum dikenai pajak dan subsidi.