Opel Akan Hadirkan Zafira Gen 3


JAKARTA - Opel dikabarkan telah memiliki rencana untuk menghadirkan kembali mobil andalannya, yang bermain di kelas MPV dengan Zafira generasi ketiga, pada September 2011.

Mobil keluarga ini akan hadir dengan dimensi yang jauh lebih besar, dengan panjang 4,69 meter, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.690 mm.

Hal ini akan mengakibatkan kabin yang lebih luas, khususnya pada baris kedua dan ketiga, yang akan meningkatkan ruang kaki dibanding model yang ada sekarang. Zafira akan mengadopsi sistem tempat duduk Flex-7 yang memungkinkan kursi belakang akan dilipat dalam gerakan tunggal. Demikian seperti dikutip dari wordcarfans, Sabtu (9/10/2010).

Zafira tebaru ini, hadir dengan desain yang lebih menarik, bila dilihat pada bagian depan khususnyan lampu. Desain itu mengingatkan kita terhadap bentuk dari boomerang, yang merupakan senjata khas penduduk Aborigin.

Mobil ini rencananya akan menggunakan mesin turbo baru. Opel juga berencana untuk menghadirkan beberapa pilihan mesin, seperti mesin bensin yang diharapkan memiliki output tenaga sebesar 120 hp dan 180 hp.

Sedangkan mesin diesel akan menghasilkan tenaga sebesar 110 hp dan 160 hp. Mesin tersebut lantas akan dikawinkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis, namun di masa depan, akan hadir juga gearbox dual-clutch.

Mobil buatan perusahaan asal Jerman tersebut juga dilengkapi dengan sistem start-stop, dikombinasikan dengan damper aktif, serta ban resistensi rendah. Hal ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sampai dengan sepuluh persen.

Namun tidak diberitakan lebih lanjut, berapa harga jual dari mobil tersebut, tetapi yang pasti mobil tersebut akan melalukan debutnya pada gelaran Frankfurt Motor Show 2011. (rhs)