Polri: Layanan Lalu Lintas Paling Banyak Dilaporkan di Twitter


Jakarta - Bukan hanya di Manchester, Inggris, saja polisi siaga 24 jam di situs mikroblogging Twitter. Di Indonesia pun demikian, khususnya soal lalu lintas. Melalui akun yang dimiliki kepolisian, banyak warga yang melakukan pengaduan.

"Ya kita melakukan pemantauan, informasi yang sampai kepada kita terkait pelayanan masyarakat. Banyaknya soal lalu lintas," kata Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol Marwoto saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (16/10/2010).

Cuitan para pengguna twitter ini tentu diseriusi pihak kepolisian. Melalui dua akun twitternya yang aktif yakni @ntmclantaspolri dan @tmcpoldametro, warga banyak melaporkan soal kondisi lalu lintas.

"Kita juga menerima risiko, tambah kerjaan dan banyak pengaduan," jelasnya.

Namun, Marwoto menjamin berbagai keluhan masyarakat mengenai pelayanan lalu lintas itu ditindaklanjuti. Polisi yang berada di lokasi akan segera merespons.

"Tentu kita follow-up," tambahnya.

Melihat respons masyarakat yang besar, selain di Jakarta, penggunaan sosial media, facebook dan twitter, dianjurkan juga ke polisi-polisi di daerah.

"Agar masyarakat mudah mengakses, kita sosialisasikan ke polda dan untuk pemantauan isu," tutupnya.

( ndr / fyk )