Rossi: Kenapa MotoGP Tunduk pada F1?


SEPANG, KOMPAS.com — Valentino Rossi mengecam penyelenggara MotoGP yang mau "disetir" pihak Formula 1. Pasalnya, start balapan di Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu terpaksa ditunda sesaat hanya untuk mengakomodasi permintaan penyelenggara F1 di Suzuka, Jepang.

Memang, balapan di Sepang, Minggu (10/10/2010), dimulai lebih lambat hanya untuk menghindari tabrakan tayangan televisi dengan balapan F1 di Jepang. Inilah yang membuat Rossi tak terima dan memberikan kritikan. Menurutnya, penundaan tersebut bisa memberikan risiko terhadap balapan MotoGP lantaran hujan bisa terjadi kapan saja di Kuala Lumpur.

Sementara hujan tak kunjung datang, Rossi yang akhirnya memenangi balapan di Malaysia mengatakan kepada media Italia bahwa dia kecewa dengan Dorna yang menerima permintaan ofisial F1.

"Kami selalu tunduk pada kekuatan Formula 1," ujar Rossi dengan kesal.

Dalam kesempatan yang sama, pebalap berusia 31 tahun asal Italia ini juga menepis rumor yang menyebutkan bahwa kepindahannya ke Ducati pada musim depan merupakan langkah awal untuk pindah ke F1. Peraih tujuh gelar juara dunia kelas premier ini menegaskan, "Saya benar-benar tidak berpikir hal itu (pindah ke F1) akan terjadi."