Skype Pun Integrasikan Diri ke Facebook


WASHINGTON - Layanan komunikasi via internet protocol (IP), Skype, akhirnya mengintegrasikan diri juga ke dalam Facebook. Pengguna Sjype dapat berkomunikasi langsung di jejaring sosial tersebut.

Layanan ini bisa digunakan jika pengguna telah mengupload Skype versi 5.0 untuk platform Windows. Skype versi baru ini juga menghadirkan Facebook tab dan mengintegrasikan Facebook news feed dan kontak ke dalam Skype.

"Pengguna Skype bisa menelepon pengguna Facebook secara langsung ke ponsel mereka, yang nomor kontaknya ada di daftar kontak Facebook. Tentunya teman jaringan yang dihubungi juga harus terdaftar sebagai pengguna Skype," ujar Direktur Pengembangan Jaringan Facebook, Ethan Beard, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (15/10/2010).

Selain itu pengguna juga dapat memposting status update di Facebook yang akan disinkronisasikan dengan pesan dan komentar Skype 'Mood' pada daftar update dan wallpost di Facebook.

"Kami bekerja sama dengan perusahaan seperti Skype agar mempermudah pengguna menemukan teman dan terkoneksi, kapan saja dimana saja," ujar Beard.

Sebelumnya Skype juga menambahkan fitur video calling grup yang baru dan layanan 'automatic call recovery' yang akan membantu menghubungkan komunikasi kembali jika terjadi interupsi karena masalah koneksi internet.

Skype ternyata bukan layanan pertama yang terhubung dengan Facebook. Sebellumnya Twitter, Foursquare dan beberapa layanan internet lainnya pun telah mengintegrasikan diri dengan Facebook. (srn)