Studi: iPhone 4 Rentan Rusak Dibanding iPhone 3GS


Jakarta - Bodi kaca iPhone 4 ternyata rentan rusak, setidaknya jika dibandingkan 'kakaknya', iPhone 3GS. Demikian diklaim dalam riset oleh perusahaan garansi di Amerika Serikat, SquareTrade.

Seperti detikINET kutip dari V3, Rabu (13/10/2010), data dari lebih 20 ribu pengguna iPhone menunjukkan, bahan kaca di casing iPhone 4 82% lebih bermasalah dibanding iPhone 3GS.

Menurut SquareTrade, 4,7% pengguna iPhone 4 lapor terjadi masalah pada handsetnya dibanding 2,8% pemakai iPhone 3GS. Setelah setahun dipakai, jumlahnya meningkat jadi 15,5% untuk iPhone 4 dan 7,8% untuk iPhone 3GS.

Studi tersebut seakan membenarkan fenomena Glassgate baru-baru ini, di mana casing belakang iPhone 4 rusak hanya karena pemakaian case pelindung. Konon, Apple serius menyelidiki masalah ini.

"Jelas bahwa iPhone 4 secara signifikan lebih rentan rusak fisiknya dibanding versi sebelumnya," demikian pernyataan dari SquareTrade.

Namun demikian, laporan itu juga menggarisbawahi bahwa jika dibandingkan dengan beberapa produk kompetitor, iPhone 4 kemungkinan masih lebih tangguh. Dalam studi lain oleh SquareTrade, iPhone lebih sedikit tingkat rusaknya dibanding BlackBerry dan Palm.

"Secara keseluruhan, iPhone masih sebuah perangkat dengan konstruksi yang bagus, dengan rata-rata malfungsi lebih rendah dibanding kebanyakan perangkat elektronik lain," cetus SquareTrade.

( fyk / rns )