Suarez-Cavani Masa Depan La Celeste


Jakarta - Dengan umurnya yang 31 tahun, karir Diego Forlan di timnas Uruguay boleh dibilang tak akan lama lagi. La Celeste tak perlu bingung mencari suksesor karena kini sudah ada Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Jelas dengan statusnya sebagai salah satu bomber subur di Eropa, dua gelar Sepatu Emas (2005 & 2009), Forlan adalah pemain paling top yang dipunyai Uruguay saat ini. Pembuktian sahihnya adalah keberhasilan Uruguay jadi juara keempat Piala Dunia lalu tak lepas dari peran Forlan yang mengakhiri turnamen dengan gelar pemain terbaik.

Total penampilan Forlan saat ini sudah mencapai 69 caps dan mengumpulkan 29 gol sejak debutnya delapan tahun lalu. Produktifitasnya pun saat ini masih terjaga baik di level klub mau pun timnas, namun dengan usianya yang sudah berkepalah tiga, sepertinya masa-masa Forlan akan habis dalam tiga-empat tahun lagi.

Lalu kalau sudah begitu siapa lagi yang bisa diandalkan Uruguay untuk mendulang gol? Kalau itu ditanyakan pada para fansnya boleh jadi mayoritas akan memilih nama Suarez dan Cavani sebagai yang terdepan mengisi barisan penyerang juara dunia dua kali itu.

Suarez tak perlu dipertanyakan lagi bagaimana kemampuannya. Meski "hanya" bermain di Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam namun striker 23 tahun itu punya rekor gol yang tak bisa diremehkan dengan 108 gol dari 143 kali tampil di seluruh kompetisi.

Di Afrika Selatan lalu cuma insiden handball di partai perempatfinal yang sedikit mencoreng kegemilangannya bersama Forlan menjadi duet maut pasukan Oscar Tabarez.

Lanjut ke Cavani yang kini bermain untuk klub Seri A Napoli. Dengan usia sama seperti Suarez, Cavani melejit namanya saat bermain di Palermo tiga tahun lalu. Dia menjadi salah satu striker incaran banyak klub Italia dengan rekor 34 gol dari 104 penampilannya.

Di musim ini ia baru pindah ke San Naples namun ia sudah menunjukkan bahwa manajemen klub tak salah merekrutnya. Dari enam laga yang sudah berlalu, pemain berambut gondrong itu jadi topskorer sementara dengan lima gol.

"Suarez dan Cavani bisa jadi pemain yang paling pantas diandalkan jika Forlan nanti sudah pensiun. Mereka adalah penyerang-penyerang hebat yang dimiliki Uruguay saat ini dan mereka sudah menunjukkannya di level junior," tutur Tabarez pada jumpa pers sehari sebelum laga melawan Indonesia, Jumat (8/10) malam tadi.

Setidaknya ucapan Tabarez itu sudah mendapat pengakuan awal ketika keduanya mencetak enam gol dari kemenangan 7-1 atas 'Merah Putih'. Dalam laga itu Cavani mengarsiteki dua dari tiga gol Suarez sementara Suarez rajin membuka ruang bagi rekannya itu. Dengan begitu Suarez sudah mencetak 16 gol dari 37 caps lalu Cavani sudah memiliki 22 caps dengan tujuh gol.
( mrp / din )