Tantang Facebook, Twitter Bidik 1 Miliar Pengguna


SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Salah satu pendiri Twitter Evan Williams yang baru saja meninggalkan kursi CEO untuk fokus kepada pengembangan produk, mengatakan, pihaknya menargetkan mampu menjaring 1 miliar pengguna. Melalui target ini, Twitter ingin menantang Facebook Inc yang saat ini memimpin di pasar jaringan sosial dunia maya.

"Twitter bakal menjaring satu miliar anggota," kata Williams di San Francisco, Senin (11/10/2010) kemarin. Sayangnya, Williams tidak menyebutkan sampai kapan target tersebut bakal tercapai.

Seiring dengan penetapan target tersebut, pada bulan lalu Twitter sudah menyediakan layanan yang mempermudah pengguna untuk mem-posting foto, video, dan peta jalan. Langkah ini dilakukan untuk menarik lebih banyak pengakses.

Saat ini, Twitter yang memiliki 165 juta pengguna teregistrasi, bersaing sengit dengan Facebook untuk menarik pengakses dan pengiklan. Berdasarkan ComScore Inc, Twitter berada di posisi tiga di antara situs-situs jejaring sosial, melampaui My Space. Posisi pertama diduduki Facebook dan kedua adalah Windows Live Profile.

Sebelumnya, pendiri Facebook Mark Zuckerberg di awal tahun bilang, keanggotaan situs jejaring sosial terpopuler dunia itu sebentar lagi bakal menembus satu miliar pengguna. Angka itu setara dengan 14 persen populasi dunia.(KONTAN/Barratut Taqiyyah)