Ubuntu Layar Sentuh Segera Sambangi Netbook?


Jakarta - Beberapa waktu lalu, Canonical telah merilis Ubuntu 10.10 bagi netbook, desktop dan server. Nah, kabarnya untuk versi netbook, OS tersebut segera memiliki fitur layar sentuh dengan tampilan baru bernama Unity.

Dilansir detikINET dari HotHardware, Minggu (10/10/2010), tampilan Unity ini memang khusus didesain bagi netbook. Dengan ini, Unity lebih menyederhanakan opsi-opsi pada tampilan pada Ubuntu menjadi ikon-ikon yang mudah diakses, dengan sekali sentuh layaknya tablet.

Menurut VP Canonical Steve George, ide awal menghadirkan fitur ini adalah
mengawinkan antara iPad dan perangkat Palm zaman dahulu yang hadir dengan gestur stylus.

"Jika anda memiliki perangkat layar sentuh dan dapat menjalankan aplikasi menggunakan mode sentuh tiga jari, para pengembang pun dapat menggunakan beberapa library gestur tersebut," jelas George menjelaskan asal muasal Unity tercipta.

Saat ditanya perihal kapan Ubuntu layar sentuh tersebut siap beredar di pasaran, George tak memiliki jawaban pasti. Namun ia mengatakan paling lambat akhir tahun ini.

"Saya berharap dengan informasi ini, perangkat baru berbasis Ubuntu Light Edition juga segera hadir di pasaran. Pasalnya hal ini (unity-red) telah tersedia bagi OEM semenjak Mei lalu," tambahnya.

Canonical selaku perusahaan yang bekerja dengan komunitas open-source untuk menghadirkan Ubuntu berjanji saat diluncurkan nanti, Ubuntu Light bakal menjanjikan kecepatan bagi penggunanya. Mereka mengklaim, hanya butuh waktu di bawah 10 detik untuk membuka browser dan menjalankannya. ( fw / fyk )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto