Wonderkid Chelsea Kesulitan Berbahasa Inggris


INILAH.COM, London - Pemain yang baru direkrut Chelsea dari Benfica, Ramires, mengakui perbedaan bahasa sebagai kendala utamanya beradaptasi dengan Liga Primer.

Gelandang berusia 23 tahun berkewarganegaraan Brasil itu direkrut awal musim ini dan tampil sebagai starter saat menang 2-0 lawan Arsenal.

Meski sebelumnya telah bermain di luar negeri, yakni Portugal, Ramires tak mengalami kendala bahasa karena penduduk Brasil juga menggunakan bahasa Portugal. Kini di Inggris kendala bahasa itu baru ia alami.

Berbicara kepada The Daily Star, pemain Timnas Brasil itu berkata, "Saya belum beradaptasi sepenuhnya, tetapi saya sedang berusaha. Kesulitan terbesar adalah bahasa."

"Kadang Anda ingin berbicara dengan seseorang tetapi tak bisa berbicara atau memahami perkataannya. Tetapi perlahan-lahan saya akan semakin membaik," tutupnya.

Ramires didatangkan dari Benfica dengan nilai transfer 22 juta euro (Rp 231 miliar). Meski baru berusia 23 tahun, ia sudah 18 kali tampil bersama Timnas Brasil dan mencetak dua gol.