Echo Smartpen, Pulpen Canggih 'Doraemon' di Masa Kini


Jakarta - Tokoh kartun Doraemon dikenal karena selalu memiliki alat-alat canggih. Ia mampu mengubah sebuah gambar menjadi benda aslinya. Hal inilah yang kira-kira ingin digambarkan Echo Smartpen, pulpen pintar yang hadir di masa kini.

Echo Smartpen merupakan produk besutan Livescribe. Mereka ingin menciptakan sebuah pulpen dengan membenamkan kemampuan komputer di dalamnya, telah dilengkapi prosesor, kamera, mikropone dan alat canggih lainnya.

Cara kerja alat ini sekilas tampak sederhana. Dalam demo yang disaksikan detikINET di IndoComtech 2010, pulpen ini biar lebih sahih harus dipasangkan dengan kertas khusus yang diberi nama paper tablet.

Kertas ini sendiri bukanlah kertas biasa. Namun kertas yang telah dipasangkan sensor dan terintegerasi dengan Echo Smartpen. Di dalam kertas ini juga terdapat simbol 'play', 'stop', 'record', hingga gambaran sebuah kalkulator. Uniknya, meski cuma berbentuk gambar, namun simbol-simbol itu ketika ditekan akan menghasilkan reaksi sesungguhnya.

Misalnya, ketika ingin digunakan, pengguna Echo Smartpen terlebih dulu harus menekan tombol 'record' di paper tablet yang telah disediakan. Lalu pengguna bisa mulai menulis. Nah, ketika ingin mencatat suatu hal, pengguna disarankan untuk sekalian mengeluarkan suara apa yang mereka tulis di paper tablet tersebut. Jadi, secara otomatis suara yang dikeluarkan pengguna juga akan langsung terekam di pulpen tersebut. Jika ingin berhenti, tekan tombol 'stop' di paper tabletnya.

Memang jika cuma begini, Echo Smartpen tak ada bedanya dengan alat perekam lain. Namun tunggu dulu, sebab kemampuannya baru akan muncul ketika pulpen tersebut disambungkan ke PC atau perangkat elektronik lain.

Hasil rekaman yang tadi diambil selanjutnya bakal bisa diakses dari PC. Tak cuma suaranya, namun isi tulisan tangan yang pengguna tadi catat juga dapat ditampilkan. File tulisan ini kemudian bisa di-share, hingga diubah dalam bentuk pdf.

Kemampuan Echo Smartpen tidak berhenti sampai di situ. Pengguna juga bisa menciptakan sebuah piano di secarik kertas (paper tablet). Caranya, gambarkan saja bentuk tuts piano di dalam kertas tersebut sesuai urutan aslinya. Kemudian ubah sedikit settingannya, gambar note piano tersebut lalu akan berubah bak perangkat aslinya. Suara nada yang berbeda akan keluar ketika gambar tuts ditekan.

Satu lagi yang patut di-highlight adalah kemampuan perangkat ini ketika berubah menjadi kalkulator. Di dalam panel paper tersebut sejatinya sudah disediakan gambaran sebuah kalkulator. Nah, pengguna juga bisa menggunakan gambar tersebut seperti kalkulator aslinya. Caranya tinggal menekan angka-angka dan simbol yang diinginkan. Lalu hasilnya akan keluar pada layar kecil yang ada pada pulpen pintar ini. Canggih bukan?

Seperti yang telah disebutkan di atas, Echo Smartpen harus dipasangkan dengan kertas khusus. Tidak bisa dengan kertas biasa. Jadi mau tak mau, jika paper tablet ini habis, pengguna harus membelinya.

Echo Smartpen tersedia dalam dua tipe, untuk yang berkapasitas 4GB dibanderol Rp 1.750.000 dan seharga Rp 2.500.000 untuk yang versi 8GB. Alat ini juga bisa ditambahkan aplikasi lain untuk lebih meningkatkan kemampuannya. Seperti aplikasi kamus, game, dan alat bantu belajar yang tersedia di Levescribe's Beta Application.

Untuk aplikasi kamus, nantinya dikatakan bisa menjadi penerjemah antar bahasa. Jadi ketika Anda tengah berada di luar negeri dan tengah bermasalah dalam berkomunikasi dengan orang lokal. Anda tinggal menuliskan kalimat yang Anda maksud di paper tablet tersebut, kemudian dalam waktu singkat pulpen pintar ini akan menerjemahkannya untuk Anda via suara. ( ash / rns )
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto