Sunday, October 31, 2010

Saldoku.com "Makan Korban" Ribuan Warga


KUPANG, KOMPAS.com - Janji arisan sosial berhadiah melalui jaringan internet www.saldoku.com membohongi ribuan warga yang tersebar di sejumlah provinsi. Website yang menjanjikan keuntungan ganda melalui uang Rp 100.000 itu dikelola Eko Saputra.

Kepada wartawan di Kupang, Karolus Kopong, warga Kupang, di Kupang Minggu (31/10/2010) menuturkan, dirinya mengenal saldoku.com melalui internet. "Saya tertarik karena testimoni dari ribuan orang di internet dengan foto diri, alamat dan pekerjaan. Mereka semua disebutkan sukses besar setelah mengikuti saldoku.com, dari modal awal Rp 100.000 sampai mendapat keuntungan puluhan sampai ratusan juta,"katanya.

Kamis (28/10/2010) ia mentransfer uang Rp 100.000 ke rekening Eko Saputra melalui BCA Kupang. Eko Saputra adalah menajer dan pengelola saldoku.com. Tetapi setelah uang ditransfer, dan dikonfirmasi kepada Eko Saputra, ia justru menjawab, uang Anda belum masuk ke rekening saldoku.com.

Kasus serupa juga terjadi pada Anton Buga, Mery Bueka, Moon Bake, Timor Goran, dan seterusnya. Iklan diinternet menyebutkan, 100 orang pertama dikenai potongnan Rp 100.000 karena harga keanggotaan saldoku.com sebenarnya Rp 200.000 per orang.

"Itu berarti sudah ribuan orang tertipu melalui program ini, dan pelaku sendiri sudah mendapat keuntungan jutaan rupiah. Karena itu masyarakat harus hati hati terhadap janji, tawaran dan informasi informasi melalui dunia maya," kata Karolus.

100 RM Padang Galang Dana Bencana


DENPASAR.KOMPAS.com - Tidak hanya melakukan aksi simpatik keliling dengan menampilkan pertunjukkan kesenian khas Padang, Sumatera Barat, warga Bali keturunan Minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Bali juga melakukan penggalangan dana dengan cara lain untuk diberikan kepada korban bencana tsunami di Mentawai dan Gunung Merapi di Yogyakarta.

Seperti saat menggalang dana pada musibah-musibah sebelumnya yakni Tsunami Aceh, gempa Yogya, dan gempa Padang, mereka keliling ke warung-warung makan padang yang ada di Bali untuk meletakkan kotak sumbangan. "Di Denpasar dan Badung ada seratus lebih warung makan Padang yang kita tempatkan kotak sumbangan," ujar Yassir Kelana, ketua penggalangan dana IKMS di pantai Kuta, Bali, minggu (31/10/2010).

Menurutnya cara ini sangat efektif dan cukup banyak menyumbang dana yang akan dikirimkan ke lokasi bencana. " Sangat efektif, dan pada gempa padang tahun 2008 lalu, terkumpul Rp 400 juta," imbuh Yassir.

Dana sumbangan yang telah dikumpulkan nantinya akan dikirimkan langsung ke lokasi bencana. Aksi penggalangan dana ini akan mereka lakukan hingga akhir desember mendatang.

Inilah Detil Sosok Matahari


INILAH.COM, Jakarta- Dengan teleskop pribadi, Alan Friedman berhasil merekam 'sosok' matahari. Dengan gelombang cahaya H-Alpha, Sang Surya tampak seperti lautan putaran api.

Gambar ini disebut sebagai Cahaya Hidrogen. Meskipun mirip putaran api, cahaya ini sebenarnya berasal dari kromosfer, yakni lapisan tipis yang berada diantara fotosfer dan korona, lembaran terluar matahari.

Permukaan matahari memancarkan cahaya di semua panjang gelombang, namun permukaannya sendiri tidaklah kokoh. Ini adalah gas dengan kemiringan tertentu. Biasanya, gas tipis di luar angkasa ini memancarkan cahaya dengan warna spesifik, seperti elektron yang melompat dari tingkat energi satu ke atom lain.

Sedangkan wilayah di lapisan kromosfer, hidrogen tidak memancarkan warna tertentu. Salah satunya adalah H-Alpha yang tampak pada gambar. Pada kenyataannya, cahaya ini sangat panas.

Bintik-bintik hitam yang terlihat dalam foto Friedman adalah bintik matahari dan emisi yang terlihat sekeliling tepi matahari adalah tonjolan di permukaan surya. [ast]

Dijual, Bunker Antibom Terkuat di Dunia


INILAH.COM, London- Khawatir akan perang nuklir? Bila ya, mungkin Anda dapat membeli bunker pribadi terkuat dunia. Mike Thomas, pria asal Inggris, kini sedang mencari pembeli potensial.

Pria yang sempat takut dengan serangan nuklir pada Perang Dingin ini, berencana menjual rumah beserta tempat perlindungan bawah tanah miliknya seharga 350 ribu poundsterling (Rp 4,9 miliar). Bunker tersebut mampu menahan serangan nuklir berkekuatan satu megaton yang setara dengan 80 kali bom Hiroshima.

Mike Thomas, 56 tahun, membangun tempat perlindungan bawah tanah sedalam 20 kaki di bawah ruang makan rumahnya pada 1985, saat kondisi memanas antara Rusia dan pemerintah Barat.

Bunker berukuran 300 meter kubik dengan dinding setebal 32 inci ini, juga mampu menyimpan makanan dan minuman hingga satu bulan.

"Siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan? Tidak mengagetkan bila serangan nuklir dari teroris terjadi 15 tahun mendatang," ujar Thomas.

Pria yang bekerja sebagai teknisi mesin ini begitu terobsesi dengan serangan nuklir, saat ia menjabat sebagai anggota Royal Observer Corps dan mendedikasikan bunker tersebut bagi keluarganya.

Tempat rahasia itu dibuat dalam kurun waktu enam bulan di rumahnya di Lydenford, Inggris, dengan biaya sekitar 45 ribu poundsterling (Rp 630 juta) saat itu.

Bunker ini menyediakan pintu raksasa sekaligus lorong cadangan jika pintu utama tidak bisa dibuka akibat ledakan. Untuk pembangkit sumber daya, Ia menggunakan generator diesel serta beberapa baterai.

Selain itu, ada enam tempat tidur, tempat air 1.400 liter, kamar mandi dan jaringan telepon. Bunker tersebut memiliki sistem pengaturan udara yang dibuat di Swiss. Serta menggunakan karpet dan lapisan dinding yang tahan dengan suhu hingga 12 derajat Celcius.

Agar tidak bosan, Thomas menambahkan televisi dan pemutar DVD di ruang tengah. Thomas berniat menjual rumah beserta bunker ini karena ia tidak lagi percaya serangan nuklir. Berminat? [ast]

Recall Mobil Jepang, Berbau Politis?


INILAH.COM, Jakarta - Badai penarikan kembali (recall) jutaan unit mobil merek Jepang selama satu tahun terakhir diduga berbau unsur politis. Ditengarai AS mencoba melindungi industri dalam negerinya.

Isu recall dihembuskan untuk mendongkrak penjualan merek mobil Amerika Serikat (AS) yang merosot tajam sehingga pemerintah AS yang dipimpin Barack Obama mengakuisisi raksasa otomotif AS, General Motors (GM) agar terhindar dari kebangkrutan.

Setelah Toyota me-recall 1,5 juta unit pada Kamis (21/10) lalu, kini giliran Nissan menarik kembali (recall) jutaan unit mobil. Nissan mengatakan, Kamis (28/10), me-recall lebih dari 2,1 juta unit di seluruh dunia karena adanya masalah pada sistem mesin.

Seperti dikutip AFP, Nissan mengatakan akan memperbaiki semua mobil yang terkena dampak recall dan tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Kementerian Transportasi Jepang melaporkan bahwa ditemukan mobil berhenti mendadak atau mogok saat mesin masih menyala.

Di Jepang, Nissan me-recall total 834.759 unit mobil Nissan Cube, March, dan Tiida, yang diproduksi domestik sekitar 2003 dan 2006. Sementara itu, Nissan juga me-recall 761.528 unit mobil di kawasan Amerika Utara, 354.170 unit di Eropa, dan 194.409 unit di China dan Taiwan.

Cacat produksi yang dihembuskan sejak tahun lalu hingga saat ini terus menyudutkan merk mobil asal negeri Sakura. The Washington Examiner yang terbit di Washington, menulis pada pada 4 Februari lalu bahwa pembantu Obama yang menangani masalah industri otomotif tak ubahnya geng pemerintah (Gangster Government).

Cara mereka menangani masalah yang dihadapi Toyota GM dan Chrysler berbeda. Mereka juga mengatakan, cara pemerintah federal mengatasi masalah recall berbau anekdot dan kecurigaan dengan menyebut sumber masalah adalah komponen elektronik yang bisa menyebabkan ganguan elektro-magnetik.

Sementara itu, para insinyur Toyota mengatasinya dengan mengganti komponen mekanis yang mengalami gangguan dan menyebabkan pedal gas macet.

Kritik lebih pedas datang dari komentator terkenal radio Amerika, Rush Limbaugh. Ia mengatakan bahwa Sekjen Transportasi Amerika Serikat Ray LaHood bertindak sebagai seorang manajer GM dan Chrysler.

Lebih parah lagi, dalam sebuah wawancara radio, dia mengatakan bahwa pemerintah mencoba merusak citra Toyota. Penyebabnya, "GM dan Chrysler adalah kompetitor Toyota. GM dan Chrysler milik Obama, milik pemerintah federal," katanya.

Kritik itu muncul karena dasar penanganan terhadap produk Toyota yang bermasalah itu tidak lagi sekadar mengarah ke aspek keamanan, tetapi mendiskreditkannya.

"Inilah alasan mengapa kami tidak mau pemerintah ikut berbisnis mobil," komentar Mitch Daniels, Gubernur Indiana dari kubu Partai Republik. Ia adalah salah seorang gubernur yang menandatangani surat protes. "Kesannya, pemerintah melakukan diskriminasi terhadap kompetitor," tambahnya.

Imbas dari badai recall, Toyota bahkan membuat wakil presiden khusus menangani masalah recall. Untuk pekerjaan itu Toyota menunjuk Satoshi Ozawa. Satoshi memulai pekerjaannya sebagai eksekutif yang menangani masalah recall per 1 Mei lalu.

Menurut Toyota, Satoshi yang saat ini memegang kendali divisi kualitas dan pelayanan konsumen di Eropa bisa mengendorkan tanggung jawabnya dan lebih fokus pada kualitas produk global.

Selain penunjukan Satoshi, Toyota juga melakukan pergantian pada jajaran tinggi manajemen merek premium Lexus, setelah berakhirnya masa jabatan Senior Managing Director Toshio Furutani.

Indonesia, yang juga merupakan pasar besar bagi merek Toyota pernah mengatakan bahwa mengungkap kasus recall (penarikan kembali) mobil Toyota di AS yang berbuntut pemanggilan bos Toyota Akio Toyoda di kongres AS, berbau politis.

"Saya rasa ada unsur politisnya. Kalau saya jadi Toyoda, saya tidak mau hadir ke Kongres AS, kan dia bisa menunjuk perwakilan untuk berbicara. Tapi, Toyoda ingin menunjukkan tanggungjawabnya kepada konsumen Toyota di AS makanya ia datang," ujar Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan, bulan Februari lalu, di Jakarta.

Belakangan menurut Johnny, recall beberapa varian Toyota seperti dicari-cari, mulai dari pedal gas, karpet hingga kasus terakhir soal power steering. Tapi, apapun alasannya, Toyota komit kepada tanggungjawabnya. [mdr]

iPhone Lebih Laku Ketimbang BlackBerry


VIVAnews - Apple berhasil melampaui Reseach In Motion (RIM), vendor perangkat BlackBerry, dan mengukuhkan diri sebagai produsen ponsel terbesar keempat di dunia per bulan September 2010.

Menurut data yang dirilis lembaga riset IDC, Nokia masih menjadi raja di posisi pertama dengan pengapalan lebih dari 110 juta unit ponsel. Samsung dan LG Electronics menyusul di posisi kedua dan ketiga.

Sementara RIM merosot ke peringkat kelima, turun satu peringkat dibandingkan kuartal sebelumnya. Di kuartal ketiga ini, produsen asal Kanada itu tak mampu menandingi penjualan Apple iPhone.

IDC melaporkan, Apple sukses mengapalkan sekitar 14,1 juta unit iPhone dibandingkan RIM yang hanya mampu menjual 12,4 juta unit BlackBerry. "Masuknya Apple ke jajaran lima besar menggarisbawahi besarnya pengaruh smartphone pada penjualan ponsel secara keseluruhan," kata Kevin Restivo, analis senior IDC dalam keterangannya, Minggu 31 Oktober 2010.

"Selain itu, produsen yang mendesain model smartphone yang unik dan populer menjadikannya sebagai perusahaan yang paling cepat berkembang," tandasnya.

Secara global, ponsel yang terjual telah mencapai 340,5 juta unit per bulan September 2010. Angka ini meningkat 14,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Dari jajaran lima vendor terbesar, Apple dan RIM tercatat sebagai produsen dengan pertumbuhan penjualan terbesar, di mana iPhone mencatat pertumbuhan hingga 90,5 persen dari tahun ke tahun.

Anehnya, di Indonesia, salah satu pasar ponsel terbesar di Asia Pasifik, iPhone tidak begitu populer. Menurut data terakhir yang dirilis Telkomsel, iPhone resmi hanya terjual sekitar 30.000 unit. Tak diketahui pasti berapa unit iPhone yang dipasarkan secara total termasuk di jalur non resmi.

Krakatau Dijual Murah, Amien Rais Berang


VIVAnews - Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memerintahkan Fraksi PAN di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera membongkar kasus dugaan korupsi yang lebih besar dari kasus PT Bank Century Tbk, yakni PT Krakatau Steel.

"Kami akan segera ledakkan kasus ini ke publik, bagaimana bisa saham Krakatau Steel (BUMN) dijual begitu murah, pasti ada sesuatu di balik itu semua," kata Amien usai melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2010-2015 di Asrama Haji, Yogyakarta, Minggu 31 Oktober 2010

Menurut dia, penjualan saham Krakatau Steel yang relatif murah akan merugikan bagi bangsa Indonesia. "Kalau itu terjadi lagi akan seperti Indosat yang akhirnya dimiliki oleh asing (Singapura). Jelas itu sangat merugikan, karena itu aset berharga," ujar Mantan Ketua MPR itu.

Amien menegaskan agar Fraksi PAN di DPR segera membongkar kasus tersebut. Dugaan korupsinya cukup besar, belum lagi kerugian negara yang begitu besar. "Ini aset berharga bagi generasi penerus. Kami sudah punya data lengkap dari kasus Krakatau Steel dan siap diungkap ke DPR," tuturnya.

Ia juga meminta agar nantinya jika kasus tersebut terkuak, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera mengusut kasus tersebut secara tuntas. "Ini dugaan korupsinya jauh lebih besar dari kasus Century. Jangan sampai kehilangan aset berharga untuk kedua kalinya," tutur dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo menegaskan akan secepatnya membongkar kasus tersebut ke publik melalui fraksi PAN di DPR. "Kami sudah dapat instruksi dari pak Amien Rais. Tidak hanya itu, kita juga telah memiliki data selengkap data kasus Century," ujarnya.

Namun saat ditanyakan mengenai data yang dimilikinya itu, Dradjad menolak untuk menungkapkan saat ini. "Sebaiknya ditanyakan dulu ke Menteri BUMN, kenapa saham Krakatau Steal dijual murah," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan dirinya meyakini harga Krakatau sudah ditentukan oleh komite penentu harga. "Yang penting prosesnya harus baik dan juga menjaga konsep good corporate governance (tata kelola perusahaan yang baik)," ujar dia usai peringatan Hari Keuangan ke-64 di Plaza Barat, Senayan, Jakarta, Minggu 31 Oktober 2010.

Namun, terkait harganya, Agus belum bersedia berkomentar. "Karena saya tidak dalam panitia penentuan harga," ujarnya.

Sebelumnya, terkait penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) Kementerian BUMN menetapkan harga saham perdana Krakatau Steel sebesar Rp850 per unit. Sedangkan kisaran harga sebelumnya adalah Rp800-1.150 per saham. (hs)

Anak Muda 14 Tahun Ini Tunggangi Paus


VIVAnews - Seorang anak muda berusia 14 tahun membuat berita setelah menunggangi seekor ikan Paus yang memiliki panjang 14 meter dan lebar 4 meter di Australia Barat pada bulan September 2010 lalu. Pelajar sekolah menengah atas bernama Sam Matheson ini mengaku melakukan hal itu hanya karena penasaran.

The Sunday Times, Australia, yang mewawancarai anak muda ini menyatakan, ide menunggangi paus itu muncul seketika saat dia melihat seekor mamalia terbesar di lautan itu berenang dekat sebuah tebing karang.

"Saya sedang berada di pantai bersama teman yang bernama Shayden. Paus itu berada di sana, hanya sekitar 10 atau 15 meter dari karang. Jarang sekali ada paus sedekat itu. Saya lalu memanfaatkan kesempatan itu untuk melihat lebih dekat," kata Sam seperti dilansir News.com.au, Minggu 31 Oktober 2010.

"Saya berenang mendekatinya dan memegangnya, lalu menaikinya sekitar 20 sampai 30 detik," kata Sam. Paus itu lalu membawa Sam berenang sejauh 30 meter.

Paus itu awalnya tak menyadari ada Sam di punggungnya. Namun akhirnya dia menggerakkan ekornya dan mendorong Sam sedikit. Sam lalu berenang kembali ke karang.

"Saya tak mengira telah melakukan perbuatan yang salah, sampai ada berita dan kisah itu di internet. Juga ada di CNN, di semua tempat. Jika saya tahu itu dilarang, saya tak akan melakukannya," kata Sam.

Ibunya, Tammy Smit-Sell, juga mengakui anaknya bukan tipe anak bandel. Sam menurutnya hanya anak yang berjiwa petualang.

"Dia tumbuh besar di sekitar lautan, dia mencintai lautan. Dia suka surfing, memancing dan menyelam. Sam tak akan melecehkan ikan, apalagi seekor paus," kata Tammy.

Namun yang jelas, ketika berita sudah merebak, Departemen Lingkungan setempat telah menginterogasi Sam dan memberinya peringatan. Sam terhindar dari denda maksimum 10.000 dolar Australia karena dugaan menyiksa binatang. Dan Sam menyesali perbuatannya. Dia mengatakan, tak akan melakukan tindakan semacam itu lagi.
• VIVAnews

Minum Susu Bersama, Makassar Pecahkan Rekor Dunia & MURI


MAKASSAR- Sekira 61 ribu warga Kota Makassar mengikuti jalan sehat yang dirangkaikan dengan minum susu dan makan sosis bersama. Rekor ini diklaim melampaui rekor MURI dan rekor dunia.

Para peserta itu memenuhi jalan protokol Kota Makassar Minggu (31/10/2010) di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Ahmad Yani dan Kartini. Mereka masing-masing membawa susu bantal dan sosis yang menjadi paket saat pendaftaran beberapa saat lalu.

Acara minum susu dan makan sosis dipandu langsung Aktor kenamaan Deddy Mizwar didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasil Limpo, Kapolda Sulsel Irjen Pol Johny Waenal Usman dan Walikota Makassar Ilham Arief Siradjuddin serta sejumlah pejabat Muspida lainnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kota Makassar ke-403 yang jatuh pada 9 Nopember 2010 mendatang. Usai minum susu dan makan sosis bersama, acara dilanjutkan dengan jalan sehat bersama yang dilepas Gubernur Syahrul.

Deddy Mizwar mengatakan capaian jumlah peserta minum suus dan makan sosis bersama ini melampaui rekor dunia yang sebelumnya hanya 58.500 orang. Menurut Deddy, ini merupakan capaian yang baik untuk membantu anak bangsa peduli pada kebutuhan gizinya.

"Semoga ini dapat menjadi contoh bagi tempat lain sehingga gerakan minum susu semakin digalakkan. JIka begitu, akan tercipta generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas, " kata artis senior ini.

Walikota Makassar Ilham Areif Siradjuddin berharap warga Makassar dapat meneruskan kebiasaan meminum susu sebagai sebuah rutinitas. Ilham malah menargetkan pada peringatan Ultah Makassar tahun depan pesertanya dapat menembus angka 100 ribu orang.

"Usia Makassar sudah 403 tahun, seharusnya warga kota semakin meningkatkan kualitas diri dan menunjukkan prestasi terbaiknya bagi bangsa ini, " harapnya.

Jalan sehat bersama dilakukan sepanjang rute 4 km dan mengitari jalan protokol Makassar dengan melintas di Pantai Losari dan berakhir di Lapangan Larebosi.(bul)
(ded)

Industri Rokok Nasional Diintervensi Asing


JAKARTA – Kalangan pelaku industri hasil tembakau (IHT) nasional menilai adanya intervensi dari pihak asing di balik kampanye anti rokok kretek buatan Indonesia. Pihak asing itu disponsori oleh Walikota New York Michael Bloomberg dan pemilik Microsoft Bill Gates.

"Gerakan yang mengharamkan rokok itu semakin besar. Ada tokoh Walikota New York Michael Bloomberg dan Bill Gates yang telah mengeluarkan dana yang besar untuk kampanye anti rokok. Terbesar USD6 juta masuk ke India, USD4,2 juta ke Indonesia, China USD3 juta," kata pemerhati industri nasional yang juga mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Fahmi, intervensi pihak asing tersebut terbukti dengan adanya aliran dana kepada sejumlah instansi pemerintah dan LSM di Indonesia. Website www.tobaccocontrolgrants.org mencatat, Bloomberg Initative telah mengeluarkan dana CSR sebesar USD4.195.442 untuk melakukan kampanye anti rokok di Indonesia.

LSM Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, lanjutnya, mendapatkan aliran dana terbesar yang sekitar USD542.600 untuk advokasi program Kawasan Tanpa Rokok di sejumlah provinsi di Indonesia. Sedangkan Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan menerima dana sebesar USD529.819 yang diterima sejak September 2009 untuk program 100 persen Kawasan Tanpa Rokok di tujuh Provinsi di Indonesia.

Fahmi menjelaskan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ternyata juga menerima aliran dana dari Bloomberg Initative sebesar USD454.480. Dana tersebut telah diterima oleh YLKI sejak periode Mei 2008 untuk advokasi Kawasan Tanpa Rokok di Pulau Jawa, khususnya di Surabaya, Semarang dan Jakarta.

Selain itu, kata Fahmi, Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga telah menerima dana sebesar USD360.952 untuk mendukung program Jakarta 100 persen Bebas Rokok. Sementara Dinas Kesehatan Kota Bogor menerima USD280.755 untuk program Bogor City 100 persen Bebas Rokok.

"Kalau ini dibiarkan, maka industri rokok kretek yang merupakan satu-satunya produk asli Indonesia, maka bisa meninggal dunia karena dikeroyok dari luar maupun dalam negeri secara intensif,"pungkas Fahmi.

Hal senada juga dikemukakan budayawan Mohamad Sobary.

"Saat ini banyak pejabat-pejabat kita yang menjadi tidak merdeka karena Perda-Perda tersebut dibuat karena adanya intervensi dari pihak asing,"ucap Sobary.

Sementara itu, Dewan Pembina Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Muhaimin Mufti menjelaskan, industri rokok dunia tengah menunggu pengesahan dari revisi Kerangka Kerja Konvensi Pengendalian Tembakau (Framework Convention on Tobacco Control/FCTC) pada November 2010 di Uruguay.

"Artikel 9 dan 10 FCTC akan disahkan di Uruguay pada bulan November, kalau itu disahkan, maka industri rokok dunia akan mengalami penderitaan, karena rencananya akan ada ketentuan produk rokok dilarang dicampur dengan bahan lain di luar tembakau, artinya rokok kretek maupun rokok putih menthol pun akan terkena dampaknya,” kata Muhaimin.(adn)(Sandra Karina/Koran SI/rhs)

Gelas Anggur Terbesar di Dunia


Liputan6.com, Beirut: Di tengah panasnya konflik politik dan komentar miring mengenai gaya hidup warganya, Libanon optimis untuk memecahkan rekor dunia dengan memamerkan gelas anggur terbesar miliknya. Gelas raksasa dengan tinggi 2,4 meter dan lebar 1,65 meter akhirnya diresmikan menjadi gelas anggur terbesar di dunia oleh Rekor Dunia Guinness World Records, Jumat (29/10).

"Aku bangga mengumumkan bahwa Libanon telah mencapai rekor baru. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Portugal selama 12 tahun berturut-turut," kata Liz Smith, Juri Guinness World Records. Seperti dilansir Reuters, Sabtu (30/10), Gelas raksasa ini sengaja dipamerkan untuk meramaikan festival anggur di Beirut dan juga menandakan kebangkitan industri anggur di Libanon.

Setelah rekor diumumkan, penyelenggara dan perwakilan dari produsen anggur menuangkan 100 botol anggur sebagai gerakan yang menyatukan semua produsen anggur di Libanon.(reuters/AYB)

Bersama Scooby Doo, Google Rayakan Halloween


INILAH.COM, Jakarta- Perayaan Halloween kali ini dirayakan Google dengan menampilkan
lima doodle bertemakan Scooby Doo. Seperti apa?

Kali ini, doodle tampil dalam lima gambar berurutan, sehingga user cukup mengarahkan mouse ke tanda panah kiri dan kanan, untuk mengetahui kisah lanjutan atau sebelumnya. Juga bisa dengan mengklik ikon berbentuk tapak kaki anjing di bawah doodle tersebut.

Untuk Halloween, doodle menggandeng kartun Scooby Doo dalam lima tampilan. Adapun Scooby Doo adalah kartun populer yang muncul sejak 1969, dengan kisah petualangan seputar memecahkan misteri.

Gambar pada doodle Google pertama menunjukkan dua orang dengan kostum Halloween dikejar kelelawar dan labu terbang berwarna merah muda.

Kemudian di doodle kedua, terlihat kehebohan, dimana peri fiktif Tinkerbell menangis. Para anggota Scooby Doo pun mulai bergerak mencari sumber masalah. Tidak berapa lama, doodle ketiga menunjukkan mereka mulai menemukan petunjuk.

Meski pada kisah selanjutnya, Shaggy dan Scooby Doo sempat dibuat ketakutan dengan penampakan hantu berwarna merah muda, pada doodle terakhir terungkap, bahwa hantu itu sebenarnya jadi-jadian, ulah iseng teman mereka sendiri.

Doodle Google hari ini, Minggu (31/10), memang khusus dibuat untuk memperingati Hallowen. Perayaan yang identik dengan buah labu yang diukir wajah menakutkan, kostum menyeramkan serta permainan 'trick or treat' ini memang populer di Amerika Serikat, Irlandia, Kanada dan Inggris.

Tahun lalu, doodle menampilkan beberapa UFO dan putaran aneh sebagai bentuk perayaan ulang tahun HG Wells, penerbit cerita fiksi ilmiah. Google doodle yang pertama kali muncul adalah 'Burning Man Festival of 1998'. [aji/ast]

Lima Profesi Ini Sangat Mengerikan


VIVAnews - Di hampir semua profesi, bekerja memang melelahkan, bikin stres, dan terkadang membosankan, apalagi dengan gaji rendah. Namun, tidak sedikit di antara kita yang memilih menikmati situasi itu ketimbang berkecimpung di profesi yang menakutkan.

Menawarkan tantangan yang tidak biasa, profesi yang demikian tidak cocok bagi mereka yang takut mati, merasa ngeri di tengah kegelapan maupun yang merasa seram melihat mayat.

Seorang produser CNBC, Paul Toscano, mencatat sedikitnya ada lima lahan pekerjaaan yang membutuhkan tidak saja kemampuan, namun juga keberanian ekstra bagi peminatnya. Itulah sebabnya kelima bidang pekerjaan ini tidak populer dilakoni banyak orang.

Berikut ini daftar lima profesi yang menakutkan bagi kebanyakan orang, setidaknya di Amerika Serikat, yang disusun Toscano berdasarkan sumber dari laman CareerCast.com.


1. Entomolog Forensik
Profesi ini, menurut Toscano, mempelajari serangga dan biologi arthropod untuk keperluan penyelidikan polisi atas kasus kriminal - baik itu investigasi kematian hingga mendeteksi narkoba dan racun.

Pengelola CareerCast.com, Tony Lee, mengungkapkan bahwa entomolog forensik biasanya mencari serangga yang berada di dalam mayat manusia, misalnya belatung dan lalat. Dengan penemuan serangga seperti itu, entomolog forensik bisa memperkirakan waktu atau tempat di mana korban mati secara tidak wajar.

Profesi ini tidak cocok bagi penderita necrophobia (takut dengan jenazah), entomophobia (takut dengan serangga), atau hemophobia (takut melihat darah). Bagi Careercast.com, entomolog forensik patut masuk peringkat pertama sebagai pekerjaan yang paling mengerikan, bukan karena bahayanya, melainkan terkait dengan hal-hal yang ditakuti banyak orang.


2. Pekerja tambang

Mereka biasa bekerja ratusan meter di bawah tanah dan berisiko terkubur hidup-hidup bila jalur keluar-masuk ke permukaan tanah tertutup longsor. Insiden ini sering terjadi di mancanegara.

Publik pun masih teringat dengan terkuburnya 33 pekerja tambang di Chile. Sejak 5 Agustus lalu, mereka terkubur selama 69 hari di bawah tanah dengan kedalaman 700 meter. Beruntung, mereka semua bisa selamat.

Tempat kerja para penambang pun sangat berbahaya. Mereka harus terbiasa berdekatan dengan bahan peledak, alat-alat berat dan berada di ruangan gelap yang sempit dan memiliki persediaan udara yang tipis.

Itulah sebabnya profesi penambang tidak cocok dilakoni oleh mereka yang takut berada di ruang yang sempit (claustrophobia), maupun penderita achluophobia (takut di dalam gelap), maupun mysophobia (takut dengan kuman atau kotoran).


3. Teknisi menara pemancar

Profesi ini dianggap lebih mengerikan ketimbang pembersih jendela gedung pencakar langit. Baru-baru ini ada tayangan rekaman video yang menunjukkan seorang teknisi dengan lincahnya memanjat suatu menara pemancar setinggi 1763 kaki (537,4 meter) di AS.

Menara pemancar tertinggi di AS adalah milik stasiun televisi KVLY-TV di North Dakota, yaitu setinggi 2.063 kaki (628,8 meter). Menara-menara itu butuh perawatan manual. Maka para teknisi pun harus memanjatnya.

Mereka yang mengalami acrophobia (takut di ketinggian) dan astraphobia (takut disambar petir) tidak akan coba-coba melamar jadi teknisi menara pemancar.


4. Penjinak bom

Film terbaik Festival Oscar 2010, "The Hurt Locker," cukup perinci menggambar betapa berbahayanya menjadi penjinak bom. Sedikit kesalahan membuat nyawa penjinak bom melayang, dan jarang sekali ada yang selamat dalam keadaan organ-organ tubuh tetap utuh walau sudah diperlengkapi dengan alat pengaman.

Bahkan penjinak bom bisa membahayakan nyawa orang lain bila mereka gagal mematikan alat peledak atau salah potong kabel pada detektor. Itulah sebabnya, penjinak bom termasuk profesi yang tidak populer. Selain dituntut sangat ahli dan telaten, penjinak bom juga harus mengandalkan intuisi yang tepat berdasarkan pengalaman dia sebelumnya atau orang lain, dan tidak bisa berlama-lama bila dia menghadapi bom waktu.

Profesi ini tidak cocok bagi pengidap nucleomitiphobia (takut dengan bom nuklir) dan thanatophobia (belum bertindak sudah takut mati).


5. Epidemiolog Lapangan

Pelaku profesi ini sudah paham dengan epidemiologi, yaitu suatu studi yang mempelajari penyebaran wabah penyakit yang berbahaya dan bagaimana pencegahan dan pengobatannya. Petugas epidemiolog lapangan ini lebih berisiko ketimbang pekerja medis tradisional, karena mereka harus berada di wilayah wabah dan berhubungan langsung dengan para penderita atau pihak yang dicurigai telah tertular suatu virus yang berbahaya.

Pada kasus-kasus tertentu, mereka diperlengkapi dengan perlindungan diri, mulai dari masker biasa hingga jubah khusus. Ini untuk menghidari risiko tertular penyakit yang mematikan.

Mereka sangat berjasa untuk mendapat keterangan pertama dari penderita sambil menyelidiki sumber penyebaran wabah penyakit.

Kelima profesi mengerikan itu memiliki tantangan masing-masing. Jadi, silakan pilih salah satu yang Anda minati. (ywn)

Hii, Masih Ada Orang Amerika Percaya Hantu


VIVAnews - Di negara yang, katanya, menonjolkan rasionalitas dan logika seperti di Amerika Serikat (AS), ternyata tidak sedikit yang percaya dengan hantu. Menurut mereka, hantu itu tidak saja berwujud mirip manusia, namun juga ada yang seperti hewan.

Demikian ungkap suatu lembaga survei di AS, Zogby Interactive, dalam menyambut tradisi Halloween - yaitu perayaan unik di negara-negara Barat yang identik dengan hal-hal menyeramkan, yaitu memakain baju penyihir atau berdandan ala setan. Tradisi tahunan itu berlangsung setiap 31 Oktober pada malam hari.

Seperti dimuat di laman Zogby International, sebanyak 37 persen responden percaya adanya hantu berbentuk manusia atau hewan. Bahkan 23 persen responden mengaku pernah dikunjungi kerabat atau teman yang telah meninggal.

Sebanyak 20 persen responden mengaku pernah melihat atau mendengar suara hantu, walau tak dijelaskan seperti apa bentuknya. Selain itu, 22 persen orang yang disurvei menyatakan kendati belum melihat langsung, namun punya teman atau kerabat yang mengaku pernah kontak dengan mahluk halus.

Jajak pendapat lewat internet itu melibatkan 2.100 responden dewasa, dengan marjin kesalahan kurang lebih 2,2 persen.

Saat ditanya apa kegiatan yang rutin dilakukan selama Halloween, 87 persen responden yang punya anak mengaku lebih suka mendandani buah hati mereka dengan kostum seram dan 71 persen mengajak anak-anak main trick-or-treat, yaitu tradisi menyambangi rumah-rumah tetangga untuk minta permen atau cokelat sambil berkostum seram.

Mayoritas respoden, yaitu 35 persen, memilih kostum sejumlah karakter pembunuh sadis di film, seperti Freddy, Jason, dan Michael Myers, sebagai yang paling menyeramkan untuk dipakai selama Halloween, sedangkan 22 persen memilih dandanan mirip mayat hidup atau zombie. (sj)
• VIVAnews

'Gol Aneh' Nani, Bukan Pertama Bagi Spurs-MU


VIVAnews - Gol kontroversial Luis Nani ternyata bukan yang pertama diderita Tottenham Hotspur saat bersua dengan Manchester United.

MU mengalahkan Tottenham 2-0 dalam bigmatch di Old Trafford, Minggu dini hari WIB, 31 Oktober 2010. Gol kedua MU yang dicetak Nani di menit 84 terbilang kontroversial.

Menurut 101 Great Goals, sebelumnya Spurs ternyata pernah mengalaminya kala bertemu Setan Merah. Ini menambah daftar kegagalan Spurs menang dari MU sejak Mei 2001. Juga kegagalan mencuri tiga poin saat berlaga di Old Trafford sejak Desember 1989.

Pada April 2009, Spurs sudah unggul 2 gol atas MU sampai turun minum. Spurs juga berpeluang untuk menggagalkan Manchester United meraih trofi Premier League.

Tapi, wasit Howard Webb memutuskan Heurelho Gomes telah melanggar Michael Carrick. Akhirnya, MU bisa membalas dan membalikkan keadaan. Bahkan, MU unggul telak 5-2 lewat gol-gol Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney dan Dimitar Berbatov di Old Trafford.

Insiden nyaris serupa terjadi ketika Spurs seharusnya mendapat hadiah penalti saat Roy Carroll menjatuhkan Pedro Mendes pada laga 4 Januari 2005. Laga di Old Trafford itu berkesudahan 0-0.

Laga seru yang selalu tersaji antara MU kontra Spurs tampaknya membuat wasit lalai atau lelah mengamati detail kejadian di lapangan. (rco)
• VIVAnews

Aneh, Bayi Kembar Tapi Beda Ras


VIVAnews - Shirley Wales sudah tahu akan memiliki anak kembar sejak masa kehamilan. Tapi, sama sekali tak terbayang di benaknya bahwa dua buah hatinya itu terlahir dengan dua ras berbeda.

Bayi laki-lakinya bernama Leo menuruni gennya yang seorang Grenadian: kulit gelap, mata coklat, dan rambut ikal coklat. Sedangkan bayi perempuannya, Hope, menuruni gen mantan suaminya: kulit putih, mata biru, dan rambut pirang.

Lewat operasi caecar di Dewsbury District Hospital, West Yorkshire, dua bayi itu lahir sehat dan selamat. "Saya tahu akan punya anak kembar dampit, tapi saya syok ketika perawat memberi tahu mereka punya warna kulit berbeda," ujar Wales.

Meski demikian, Wales menganggap bayi kembarnya sebagai sebuah anugerah. Ia menyapa dua bayinya yang sudah berusia 14 bulan dengan panggilan Leo the Lion dan Happy Hope. "Kalau saya cuma menggendong Hope, orang pasti akan mengira itu keponakan saya," katanya.

Kelahiran bayi kembar itu menyita perhatian media dan orang-orang di sekitarnya. Tak kurang 100 orang datang berkunjung di dua hari awal pascapersalinan.

Di dunia medis kasus semacam itu memang mungkin terjadi. Bahkan, di sejumlah negara ada kasus yang lebih mencengangkan yakni bayi kembar beda ayah. Setidaknya kasus ini terjadi di Texas, Turki, dan China

Jembatan Batam-Singapura, Untungkah?


VIVAnews - Perdagangan antara Singapura dan Kepulauan Riau sangat signifikan. Dan jika ada sebuah jembatan menghubungkan kedua kawasan, tentu angka perdagangan akan semakin signifikan.

Harry Azhar Azis, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari daerah pemilihan Kepulauan Riau, menyebut, ekspor non-minyak Kepulauan Riau ke Singapura mencapai US$4 juta, sementara impor US$6,5 juta. Angka itu perdagangan yang sah dan resmi, belum lagi jika dihitung perdagangan ilegal di antara kedua kawasan.

Menurut Wakil Ketua Komisi XI DPR yang membidangi keuangan itu, total investasi di Kepulauan Riau sampai Juni 2009 adalah US$1,16 juta, di mana 72 persen datang dari Singapura. Angka investasi yang umumnya sektor industri ini telah berlipat ganda dalam sepuluh tahun.

Turis masuk melalui Batam, dari 1,061 juta turis, 663 ribu di antaranya adalah dari Singapura. Desember 2008, pengeluaran turis adalah US$110 perhari dan rata-rata tinggal adalah 3,15 hari.

Namun, menurut Harry, sebelum jembatan dibangun, sejumlah infrastruktur di Batam, Bintan dan Karimun harus dibenahi dahulu. "Khususnya dalam hal yang bisa membuat mereka efisien," kata politisi Golkar itu dilansir laman pribadinya.

Kedua, harus ada kebijakan umum yang fleksible untuk menyediakan jasa yang ramah, sehingga sektor industri bisa berkembang dan lebih kompetitif. Ketiga, kawasan BBK ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah pusat untuk menyediakan infrastruktur seperti pelabuhan yang lebih efisien.

Kemudian, juga sinkronisasi kebijakan dan implementasi Dewan Kawasan BBK dan Dewan Pelaksana Free Trade Zone. "Problem dengan birokrasi harus dipecahkan dengan meningkatkan kapasitas dan sistem renumerasi," ujar Harry.

Jika masalah-masalah di atas bisa diselesaikan, sebuah jembatan yang menghubungkan Batam dengan Singapura bisa saling menguntungkan kedua pihak. "Ide membangun Jembatan Batam-Bintan sebagaimana Jembatan Batam-Singapura lebih baik diformulasikan untuk mengembangkan ukuran pasar di kawasan tersebut," kata Harry.

Setelah China- ASEAN Free Trade Arrangements (AFTA) berlaku, keberadaan Jembatan Batam-Singapura menjadi sebuah kesempatan baru. Ekspor-impor akan tumbuh kencang. Dan untuk memulainya, Indonesia dalam hal ini Kepulauan Riau harus banyak berbenah.

Jika Provinsi Kepulauan Riau bicara mengenai Jembatan Batam-Singapura, Provinsi Riau juga sudah bertemu dengan pihak Malaysia membahas Jembatan Selat Malaka. Jembatan ini nanti menghubungkan Malaka, Malaysia, dengan Dumai, Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri menegaskan, Jembatan Selat Malaka ini baru dibangun setelah Jembatan Selat Sunda menghubungkan Jawa dengan Sumatera selesai.
• VIVAnews

Konten Media Lokal Jadi Andalan


JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti perangkat tablet lainnya, e-reader atau aplikasi untuk membaca buku atau majalah digital menjadi andalan Samsng Galaxy Tab yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Sabtu (30/10/2010). Namun, bukan sekadar e-reader yang membuat Samsung Galaxy Tab diminati sehingga calon pembeli memadati tempat penyelenggaraan launchingnya di Atrium Plaza Senayan, Jakarta.

Masing-masing pembeli yang antre punya orientasi sendiri. Ada yang membeli hanya untuk lifestyle, ada pula yang membeli untuk mendapatkan beberapa aplikasi seperti internet dan video. Konten e-reader hanya salah satu dari sekian banyak aplikasi yang ditawarkan perangkat ini. Namun, bedanya e-reader Samsung menyediakan konten media lokal berbahasa Indonesia, baik buku, koran, maupun majalah.

Aplikasi e-reader memungkinkan pengguna untuk mengakses koran, majalah dan buku secara digital, tanpa kertas. Max, salah satu pengunjung yang juga membeli produk mengatakan, "Saya terus terang lebih tertarik pada konten e-readernya. Bisa buat baca-baca. Dengan ukuran Samsung Tab yang kecil, semuanya jadi praktis.

Pendapat yang sama juga diungkapkan pengunjung lain. "Saya sih ngejar konten e-readernya. Bisa download buku dan majalah di sini, selain itu juga mendukung pekerjaan saya," ungkap Steffen, pengungjung dan pembeli yang bekerja sebagai marketing.

Diantara banyak pilihan konten e-reader yang ada, konten milik Kompas Gramedia menjadi salah satu yang diminati. Max yang merupakan karyawan di United Chemical mengungkapkan, "Dengan e-reader ini baca koran kayak Kompas, bisa lebih enak." Sementara itu, Steffen mengatakan, "Baca koran kayak Kompas dengan lebih enak adalah salah satu tujuan beli Samsung Galaxy Tab ini."

Head of Marketing HHP Division Samsung Samsung Electronics, Eka Anwar, mengungkapkan, "Memang sekarang keunggulannya ada pada e-reader. Sudah lumayan lengkap kontennya. Untuk koran dan majalah, sudah ada koran milik kelompok Kompas Gramedia dan majalah milik MRA," ungkapnya. Dengan mengakses e-reader, kegiatan membaca jadi lebih praktis dan murah. Untuk berlangganan majalah misalnya, pengguna hanya diharuskan membayar setengah harga cetaknya saja.

Kompas Gramedia juga menyediakan ratusan judul buku dalam bentuk digital dalam layanan tersebut. Ini merupakan layanan digital pertama yang digarap KG dengan kerja sama khusus bersama Samsung. Tertarik? saat ini, konten e-reader sudah memuat Harian Umum Kompas. Selain itu, juga tersedia beberapa tabloid seperti Nova dan Otomotif.

Presiden SBY Meminta Rusia Tekan Israel


HANOI, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Rusia dapat mendorong keberhasilan pertemuan negara enam pihak untuk meredakan ketegangan di kawasan Semenanjung Korea.

"Khusus untuk pertemuan puncak ASEAN-Rusia, saya berharap Rusia mendorong diselenggarakannya pertemuan six party talks, agar Semenanjung Korea tidak jadi kawasan panas," kata Presiden dalam konferensi pers di Hanoi, Minggu (31/10/2010) pagi, sebelum kembali ke Jakarta.

Presiden mengatakan, Rusia juga diminta untuk berperan dalam pembicaraan konflik Israel-Palestina.

"Meminta Rusia menekan Israel karena membangun pemukiman yang kita anggap ilegal," katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mengatakan bahwa dalam pertemuan puncak ke-18 ASEAN di Bali mendatang, Indonesia akan mengusung deklarasi yang menunjukkan komitmen ASEAN pada dunia global sehingga turut berperan aktif dalam menciptakan tatanan dunia yang adil dan sejahtera.

Presiden Yudhoyono juga menjelaskan bahwa ia terpaksa membatalkan pertemuan dwipihak dengan China, Korea Selatan, Selandia Baru dan Jepang di sela-sela pertemuan puncak ke-17 di Hanoi karena terpaksa kembali ke Indonesia untuk meninjau proses tanggap darurat di Mentawai.

"Meski batal, pada prinsipnya saya telah bertemu di sela-sela summit, pembicaraan substantif, mereka ingin bekerja sama di bidang ekonomi," jelasnya.

Pada Senin, Mentawai digoncang gempa dan tsunami setinggi lebih dari tiga meter yang mengakibatkan sedikitnya 400-an orang meninggal dan puluhan yang lain masih hilang.

Besarnya skala bencana di Mentawai membuat Presiden Yudhoyono yang telah berada di Hanoi guna mengikuti pertemuan puncak ke-17 ASEAN kembali ke Indonesia untuk meninjau proses tanggap darurat di daerah itu.

Alamak... Antre 3,5 Jam demi Samsung Galaxy Tab


JAKARTA, KOMPAS.com — Peluncuran Samsung Galaxy Tab, Sabtu (30/10/10) kemarin di Plaza Senayan, Jakarta, disambut ribuan calon pembeli. Mereka berusaha memanfaatkan diskon Rp 1 juta yang ditawarkan Samsung khusus pada hari peluncuran itu. Harga yang semula dibanderol Rp 6,999 juta didiskon menjadi Rp 5,999 juta.

Tepat pukul 11.00, saat dibukanya peluncuran sekaligus penjualan, ribuan pembeli sudah memadati Atrium Plaza Senayan, melebar hingga eskalator yang berada di dekatnya. Masing-masing sudah memegang nomor antrean yang dibagikan pihak Samsung untuk membuat antrean lebih tertib dan adanya pengantre yang tak mendapat barang.

Beberapa pengunjung mengantre sejak pagi untuk mendapat produk dengan harga lebih murah. Max, seorang karyawan swasta, mengaku, "Saya mengantre sudah dari jam setengah 7 pagi. Jadi, sekitar 3,5 jam nih nunggunya." Ia mengaku sangat tertarik dengan produk tersebut karena bisa berfungsi seperti tablet, tetapi masih bisa digunakan untuk menelepon.

Selain itu, ada juga Steffen yang bekerja di bidang marketing yang mengantre sejak sekitar pukul 07.00. "Biar dapat diskon," ujarnya. Lilis, seorang pelajar SMU yang datang bersama ibunya, yang mengaku telah mengantre sejak pukul 09.00 pagi. Ia tertarik dengan Samsung Galaxy Tab sebab bisa digunakan untuk membaca koran dan buku digital.

Selain pembeli biasa, ada pula pedagang yang memanfaatkan momen diskon untuk kulakan. Salah satunya adalah Ibu Maria dari Roxy Mas. Ia datang mengantre sejak sekitar pukul 07.00 pagi bersama suaminya sengaja untuk kulakan produk baru ini. "Saya beli 16 buah. Ya, memanfaatkan momen aja biar dapat diskon, jadi nanti bisa dijual dengan keuntungan lebih tinggi," ujarnya.

Pengantre yang membeli untuk kepentingan pribadi punya target-target sendiri dengan produk ini. Ada Fero, karyawan swasta, yang mengungkapkan, "Yang penting buat lifestyle-lah, terus bisa juga untuk browsing dan lihat video klip," ujarnya. Lain lagi dengan Steffen yang mengungkapkan bahwa aplikasi yang ada sangat mendukung pekerjaannya.

Di penjualan perdana ini, pihak Samsung mempersiapkan lebih kurang 1.000 Samsung Galaxy Tab. Head of Marketing HHP Division Samsung Electronics Eka Anwar mengatakan, "Kita mempersiapkan sekitar 1.000-an unit untuk dijual hari ini, dibuka penjualan dari pukul 11.00 sampai mall-nya tutup."

Untuk mengatur antrean, pihak Samsung membagikan nomor antrean kepada para calon pembeli. Menurut Eka, hal itu dilakukan untuk mencegah calon pembeli yang sudah mengantre tak mendapatkan produk. Selain itu, ia juga berusaha mencegah timbulnya kericuhan bila ada yang tak kebagian produk berdiskon itu. Antrean mencapai sepanjang lebih kurang 200 meter dan calon pembeli rela mengantre di area parkir.

Samsung Galaxy Tab Yakin Kalahkan iPad


JAKARTA, KOMPAS.com — Samsung meluncurkan produk terbarunya, Samsung Galaxy Tab, Sabtu (30/10/2010). Peluncuran yang digelar di Plaza Senayan itu adalah peluncuran kedua yang dilangsungkan di Asia Tenggara, setelah sebelumnya diadakan di Thailand.

Eka Anwar, Head of Marketing HHP Division PT Samsung Electronics Indonesia, optimistis bahwa penjualan Samsung Galaxy Tab akan bagus, terutama jika melihat antusiasme konsumen di hari pertama peluncurannya. Ia bahkan yakin penjualan tablet baru keluaran Samsung ini mampu mengalahkan penjualan iPad buatan Apple.

"Saya yakin penjualan produk ini mampu mengalahkan iPad sebab Samsung Galaxy Tab punya keunggulan di portability. Ukurannya lebih kecil, hanya 7 inci, jadi di tangan enak. Selain itu, produk ini juga bisa buat nelepon. Jadi, it does everything," ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini Samsung hanya perlu membangun brand-nya. Hal itu ditekankan sebab mungkin brand lain bisa dengan mudah laku sebab citranya sudah kuat. Ia cukup optimistis dalam membangun citra itu karena saat ini penjualan Samsung pun meningkat dari nomor 3 dunia menjadi nomor 2 dunia.

Menanggapi komentar Steve Jobs bahwa ukuran tablet 7 inci dianggap terlalu kecil, Eka mengatakan, "Saya tidak setuju bahwa ukuran 7 inci terlalu kecil dan 10 inci-lah yang paling enak. Yang menentukan enak atau tidak enak itu kan konsumen, mereka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Mungkin juga ada yang bilang 10 inci itu kekecilan karena yang dibutuhkan laptop."

Ia mengatakan bahwa ukuran 7 inci cocok karena pas dengan genggaman. Selain itu, bisa dimasukkan dalam saku celana sehingga memudahkan dalam membawa. Dengan ukuran tersebut, pengguna juga sudah memiliki layar yang cukup lebar untuk membaca buku digital atau browsing di internet. Ditambah dua kamera yang ada, kata dia, Samsung Galaxy Tab juga bisa memuaskan orang Indonesia yang masih suka ngobrol.

Memungkas pembicaraan, ia justru mengatakan bahwa penjualan tablet 7 inci akan menjadi tren tahun 2011. "Saya yakin penjualan tablet 7 inci akan jadi tren tahun depan. Tidak hanya Samsung, tapi juga produk lain. Saya yakin persaingannya akan sangat kuat."

Pemenang Miss World 2010 Baru Lulus SMU


WAKIL dari Amerika Serikat, Alexandria Mills akhirnya berhasil merebut mahkota Miss World yang sebelumnya menghiasi kepala Kaiane Aldorino. Bagaimanakah sosok sesungguhnya Miss World yang baru ini?

Mungkin banyak orang tidak menyangka bahwa Alexandria Mills yang terpilih menjadi Miss World 2010 yang dihelat di Beauty Crown Theatre, Sanya, China. Pasalnya, pemilik postur tubuh 175 cm ini masih berusia muda dan baru lulus high school atau Sekolah Menengah Umum (SMU).

Namun nyatanya, usia tidak menghalangi Alexandria menjadi perempuan paling berpengaruh di ajang Miss World yang kali ini memasuki penyelenggaraan ke-60 tahun.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan Miss World Organization, Alexandria mengaku ingin menjadi seorang guru. Dia juga memiliki hobi traveling, fotografi, dan perkusi. Moto hidupnya yaitu hal-hal terbaik dalam hidup menunggu, berjuang untuk tetap percaya diri, dan tidak pernah melepaskan peluang.

Selain itu, Alexandria juga cerita tentang dirinya yang selalu berpikir positif berpandangan luas. “Saya belum pernah bertemu orang asing dan senang bertemu dengan orang baru,” ujarnya, seperti dilansir laman resmi Miss World, Sabtu (30/10/2010).

Seperti diketahui, Alexandria Mills berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya yang berasal dari Botswana dan Venezuela saat malam puncak Miss World 2010. Alexandria sukses membuat para juri Miss World terkesima dengan jawaban selama sesi tanya jawab Miss World. Salah satunya, jawaban dari perempuan cantik berusia 18 tahun saat terpilih menjadi tujuh besar Miss World. Dia mengatakan, selama sebulan mengikuti ajang Miss World memberikan dampak positif dalam kehidupannya dan akan menjadi kehormatan besar jika menang.

Ketika Sang Raja Jalanan Berdandan


TOKYO- Nissan GT-R selama ini dikenal sebagai mobil raja kebut jalan raya. Namun Nissan tertarik pula untuk kembali mendandani GT-R. Tidak tanggung-tanggung enam model baru ditampilkan oleh Nissan untuk menunjukkan sisi lain dari sang raja jalanan.

Nissan GT-R sudah dianggap "dewa" bagi penggila kecepatan. Bagaimana tidak, dari segi tampilan sedan dua pintu ini tak cuma memancarkan kesan sigap dan gesit, tetapi juga sangat kuat dengan aura powerful-nya.

Namun, itu belum dirasa cukup. Nissan justru berupaya menghadirkan sosok dewa yang lebih segar dan tentunya lebih fashionable. Semua itu terangkum dalam enam wajah Nissan GT-R terbaru yakni Nissan GT-R Pure edition, GT-R Black, GT-R Premium edition, GT-R Spec V dan GT-R EGOIST. Dengan tipe paling rendah yakni Pure dijual 8,7 juta yen dan paling tinggi yakni Egoist dijual 15 juta yen.

Jika model tahun 2007, GT-R hanya memiliki daya 485 hp, untuk model terbarunya GT-R sanggup mengeluarkan daya hingga 530 hp. Meski demikian fuel economy-nya diperbaiki dari 8,3 km per liter menjadi 8,5 km per liter. Shock, spring dan mekanisme lain yang terkait dengan suspensi sudah ditingkatkan untuk meraih kestabilan dan kenyamanan yang tinggi.

Nissan GT-R yang akan mulai tersedia di diler Nissan pada 17 November 2010 ini memiliki 6 tipe yakni GT-R Pure edition, GT-R Black, GT-R Premium edition, GT-R Spec V dan GT-R EGOIST. Dengan tipe paling rendah yakni Pure dijual 8,7 juta yen dan paling tinggi yakni Egoist dijual 15 juta yen.

Kita simak dulu yang paling tinggi yakni Egoist. "Ultra Exclusive" itulah sebutan Nissan untuk GT-R coupe edisi spesial dimana sedan tersebut diklaim memiliki cita rasa layaknya mengendarai mobil mewah Bentley, bahkan lebih.

Untuk interior, konsumen akan merasakan tangan-tangan Takumi yang terkenal dingin ketika membalut bagian interior mobil-mobil Nissan. Sebab ia disebut sebagai "master with greatest skills".

Agar lebih merasakan eksklusivitas, Nissan akan menyiapkan 20 warna interior berbeda. Dan akan dikombinasikan warna-warna cerah. Uniknya, konsumen bisa memesan langsung sesuai keinginan yang tentunya tidak terlepas dari kulit kualitas terbaik.

Sementara untuk bagian eksterior, baju Nissan GT-R coupe edisi spesial kini menjadi lebih ringan dengan pengaplikasian serat karbon. Akibat penyematan itu bukan tidak mungkin mobil asal Jepang itu bisa berlari hingga 300 km/jam.

Ubahan lainnya terdapat pada pelek yang kini lebih centil akibat balutan Blue Sword Chrome. Laburan itu tergolong baru pada versi GT-R. Sedangkan buritan terdapat ubahan pada exhaust yang kini menggunakan bahan titanium.

Nissan GT-R coupe edisi spesial diperkuat dengan mesin 3,8 liter twin turbo V6. Mesin ini membuat GT-R sebagai mobil tercepat yang dimiliki Nissan. Untuk bergerak dari titik 0-100 km, mesin tersebut hanya membutuhkan waktu kurang 5 detik. (uky)

Pendiri YouTube Mundur dari Jabatan CEO


Jakarta - Chad Hurley jadi pendiri YouTube terakhir yang masih punya jabatan sejak diakuisisi oleh Google. Kini, Hurley pun melepaskan posisinya sebagai CEO.

YouTube didirikan oleh tiga serangkai Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Sejak 2008, para pendiri itu satu demi satu pergi.

Hurley boleh dibilang adalah pendiri YouTube yang paling terakhir masih punya posisi di situs berbagi video tersebut. Hurley terakhir menjabat sebagai CEO.

Kini, seperti dikutip detikINET dari FinancialTimes, Minggu (31/10/2010), Hurley pun akhirnya turun dari jabatan itu. Ia hanya memegang posisi non-eksekutif sebagai penasehat.

Sebelumya, pada 2008, CTO YouTube Steve Chen sudah terlebih dahulu meninggalkan YouTube untuk menduduki posisi lain di Google. Sedangkan Karim, pria keturunan Pakistan - Jerman, telah meninggalkan YouTube sejak 2006.

Pengganti Hurley sebagai CEO adalah Salar Kamangar. Jagoan iklan online dari Google ini ditempatkan di YouTube sejak 2008 sebagai 'pendamping' Hurley.

Menurut Hurley, peran Kamangar memang sudah dominan sejak itu. "Selama dua tahun terakhir, saya telah mengambil peran sebagai penasehat dan Salar Kamangar memimpin perusahaan dalam operasional sehari-harinya," tutur Hurley.

Saturday, October 30, 2010

Inilah Cara Bill Gates Memanjakan Diri


INILAH.COM, Jakarta - Sebagian besar orang bermimpi memiliki kehidupan seperti pendiri Microsoft Bill Gates. Sebagai pria gemar beramal, seperti apa kenikmatan hidupnya?

Bill Gates adalah orang yang paling ekonomis. Ia tidak membuang uang dengan seenaknya meskipun dia sangat kaya. Sama halnya dengan keengganannya berbicara banyak. Saat diwawancara, ia hanya berkata halo dan duduk diam sambil menunggu datangnya pertanyaan.

Pria berusia 54 tahun ini tampak geek (culun) dengan kacamata dan pakaian yang tidak bermerek. Meskipun begitu, ia tidak terlalu memusingkan anggapan orang atas kesederhanaannya dan tingkahnya yang tidak senormal orang kaya lain.

"Jika culun berarti Anda bersedia belajar banyak hal membahas soal ilmiah atau teknis lainnya. Selain itu, saya banyak bergaul dengan orang seperti itu. Dalam pekerjaan kami, saya banyak berbincang dengan masyarakat luas seperti ibu tunggal, anak dan petani. Tentu saja, ini (culun) adalah hal baik. Jika budaya Anda tidak menerimanya, Anda dalam masalah besar," sebut Bill Gates dalam sebuah wawancara.

Namun sebagian besar orang mencintai Bill Gates. Sejak keluar dari Harvard University, ia mendirikan kerajaan Microsoft dan menciptakan lembaga amal terbesar di dunia. Dia menyumbangkan Rp294 triliun ke The Gates Foundation yang ia jalankan bersama istrinya, Melinda.

Lembaga tersebut berhasil menarik perhatian Warren Buffet dan Oprah Winfrey untuk turut bergabung. Pada akhirnya, yayasan amal ini memiliki secercah keajaiban bagi masyarakat miskin dengan dana sebesar Rp910 triliun.

Karir Gates pada dasarnya relatif sederhana. Ia adalah anak dari seorang pengacara dan ibu rumah tangga. Ia meninggalkan Harvard untuk mengejar visi dan misi yang berisiko. "Saya tahu bahwa saya ingin komputer pribadi untuk diri saya sendiri. Saya juga tahu apa yang diperlukan untuk mendapatkannya," kata Gates dengan enteng.

Ia tidak pernah merindukan mobil mewah atau perangkat materialistik lainnya. Ia hanya gemar membaca dan membeli buku. Pria ini juga pengagum Tony Blair dan Gordon Brown. Saat ditanya apakah Gates juga ingin diabadikan sebagai seorang maestro komputer. Ia hanya menjawab. Belum, tapi aku akan.

Kegemaran lain Gates adalah bertamasya. Ia memiliki banyak pesawat, namun dibalik kemewahan itu ia tetap menggambarkan kesederhanaan. "Pada dasarnya, seberapa banyak makanan yang mampu kita makan dan seberapa banyak pakaian yang harus kita beli?" ucap Gates.

Anak Gates bersekolah di tempat yang terpandang. Namun, ia berniat memanfaatkan sebagian besar uangnya ke amal. Gates tidak ingin membuat kemewahan yang hanya bisa dirasakan dirinya sendiri. Ia merasa sangat layak untuk memberikan apapun tanpa perlu membatasi diri sendiri.

"Saya belum membuat pengorbanan apapun sehingga mengasihi orang lain terasa sangat mengesankan," kata Gates. Ia akan membenci diri sendiri jika anak-anaknya tumbuh dengan mengharapkan warisan uang yang banyak. Gates mengakui sikapnya mungkin tampak aneh bagi banyak orang.

Namun, ia telah menegaskan kepada keturunannya yang berusia 14, 11 dan 8 tahun untuk tidak mewarisi banyak uang, hanya beberapa saja. Gates berharap mereka akan tumbuh dengan kemampuan sendiri sepanjang hidup.

"Saat mereka lulus dari sekolah, mereka mulai punya tanggung jawab sendiri. Karena sudah sangat beruntung karena mendapat pendidikan yang mengagumkan dibandingkan sebagian besar anak-anak di seluruh dunia. Ini adalah keputusan yang sangat baik," tegasnya.

Meskipun sempat meninggalkan bangku kuliahan, Gates tetap royal terhadap bidang akademik. Ia merupakan penyumbang dana terbesar bagi berbagai universitas di Inggris. Salah satunya adalah beasiswa bagi Cambridge University sebesar 136 juta poundsterling (Rp1,9 triliun).

Meskipun begitu, uang pribadi dinilai Gates tetap memberi peranan penting. Menyumbangkan sejumlah uang kepada beberapa universitas bergengsi adalah hal menakjubkan namun masih banyak yang bisa dilakukan.

Pernikahannya yang langgeng dengan Melinda juga sangat disyukuri Gates. Mereka tetap bekerja, melakukan kegiatan amal dan bersenang-senang. Keduanya sering terlihat bermain tenis, liburan, bermain ski dan hal menyenangkan lainnya. "Saya sangat beruntung dalam banyak hal, terutama pernikahan." [ito/mdr]

Twitter Heboh TV ONE Dilarang Masuk Yogya


INILAH.COM, Jakarta- Pengguna Twitter saat ini sedang ramai membicangkan larangan TVOne masuk ke Yogyakarta. Perbincangan itu mencuat setelah beredar foto bertuliskan "TV One Dilarang Masuk di situs itu.

Pertanyaan menyangkut penolakan TV One masuk Yogyakarta itu diajukan sejumlah pengguna Twitter yang bingung.

Namun menjadi jelas saat ada user lain yang menjelaskan TV One telah memberikan info yang salah.

Disebut-sebut, reporter TV One melaporkan wedus gembel sudah mencapai Yogyakarta. Padahal yang ada cuma abu vulkanik biasa dan informasi itu membuat masyarakat panik bahkan disebut-sebut di Twiiter ada yang tewas.

Foto itu sendiri merupakan larangan bagi TV One meliput pemakaman pelaku terorisme pada 12 Agustus 2009.

Pengumuman yang ada di papan tulis itu dipasang di depan rumah Eko Joko Sarjono alias Eko Peyang. Sedangkan pengumuman di selembar kertas dipasang di rumah Air Setiawan.

Rumah Air dan Eko terletak berdekatan di Kampung Brengosan, Purwosari, Solo.

Foto itu mencuat kembali, setelah TV One disebutkan telah menyampaikan informasi salah menyangkut Gunung Merapi.

Suzuki Recall 70.000 SX4 Karena Kaca Spion


INILAH.COM, Detroit-Suzuki menarik kembali hampir 70.000 unit SX4 di Amerika Serikat (AS) karena ditemukan masalah pada kaca spion karena dapat membahayakan pengendara.

"Penggantian sekrup dan perbaikan pada kaca spion akan dilakukan di semua dealer Suzuki di AS. Konsumen dapat mendatangi langsung dealer Suzuki terdekat untuk mendapatkan perbaikan. Kami meminta maaf atas masalah yang terjadi," tulis Suzuki AS.

Laporan dari National Highway Traffic Safety Administration, Jumat (29/10), menyebutkan bahwa 69.587 unit SX4 bermasalah pada kaca spionnya.

Tiga sekrup yang menyangga kaca spion di pintu depan sebelah kiri dan kanan bisa melonggar karena getaran atau hentakan mobil sehingga kaca spion dapat terlepas sehingga membahayakan pengendara untuk melihat keadaan di belakang dan samping.

Recall ini meliputi Suzuki SX4 hatchback yang diproduksi antara tahun 2007 dan 2010 dan Suzuki SX4 sedan produksi 2008-2010.[ito]

Timo: Irfan Bachdim Akan Sukses di Timnas


VIVAnews - Pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann yakin akan asuhnya, Irfan Bachdim akan sukses di Tim Nasional Indonesia. Timo pun memberi masukan untuk pelatih Timnas, Alfred Riedl.

Nama Irfan masuk dalam daftar 30 pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional (BTN) untuk menjalani seleksi Timnas tahap 3 mulai 8 November 2010 mendatang untuk persiapan ke Piala AFF. Ini kali pertama pemain keturunan Belanda itu dipanggil masuk Timnas.

Pemanggilan Irfan tidak lepas dari permainan impresif yang diperlihatkan gelandang 22 tahun tersebut bersama Persema di Liga Super Indonesia (ISL) musim ini. Sejauh ini, Irfan sukses mencetak tiga gol bagi Laskar Ken Arok.

Mengomentari terpilihnya Irfan, Timo yakin pemain yang lahir di Amsterdam, Belanda, 11 Agustus 1988 ini akan meraih sukses bersama Timnas Indonesia.

"Pastilah (Irfan akan sukses bersama Timnas Indonesia). Skill, kecepatan dan kerja kerasnya luar biasa. Biasanya pemain (lainnya hanya) punya 2 dari 3 (kelebihan) tadi," ujar Timo dalam komentar di akun Facebook pribadinya,
Jumat 29 Oktober 2010.

Timo kemudian memberi masukan untuk pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. "(Irfan) lebih cocok (bermain) di sayap kiri atau kanan," kilah Timo mengomentari posisi yang ideal bagi mantan pemain FC Utrecht itu di Timnas.
• VIVAnews

"Pipi Monyet", Cara Bangkok Bebas Banjir


VIVAnews - Selain berhasil menekan kemacetan dengan pengembangan kereta bawah tanah, Bangkok, Ibukota Thailand, juga telah lama berhasil mengendalikan banjir. Bangkok telah berpengalaman puluhan tahun dalam menghadapi banjir yang menimpa daerahnya.

Warganya tidak lagi perlu takut akan akan adanya banjir parah, karena ibukota Thailand ini mempunyai sistem yang disebut “pipi monyet”.

Pipi monyet adalah sistem penampungan yang terdiri dari 21 wadah penampungan air hujan. Penampungan ini dapat menampung air hujan yang berlebih hingga 30 juta kubik. Lalu pada musim panas, air ini dapat digunakan untuk keperluan konsumsi warga Bangkok, termasuk diantaranya air minum dan air keran.

“Nama ini terinspirasi dari monyet yang biasanya makan berlebih. Kelebihan makanan ini disimpan di pipinya, sehingga pipinya menggembung. Ketika nanti dia merasa lapar, dia akan memakan makanan di pipinya tersebut,” ujar Gubernur Bangkok, Sukhumban Paribatra, yang ditemui usai konferensi pers gubernur dan walikota se-Asia Eropa pada pertemuan Asia Europe Meeting, Jumat, 29 Oktober 2010.

Sebenarnya Bangkok yang terletak satu meter di bawah permukaan laut rawan terkena banjir. Ditambah lagi jika terjadi hujan lebat, gelombang tinggi dari sungai Chao Praya akan meluap hingga ke pusat kota. “Jika hujan lebat datang, aliran air dari utara membanjiri daerah Bangkok,” ujar Paribatra.

Namun, berkat sistem yang telah dikembangkan puluhan tahun lalu oleh kerja keras Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, ketakutan itu sirna. Raja Thailand, kata Paribatra, memiliki pengetahuan dan ketertarikan yang besar terhadap sistem pengairan dan pengendalian banjir di Bangkok. “Beliau menginspirasi sistem ini sehingga dapat bekerja dengan baik,” ujar Paribatra.

Bangkok juga memiliki tanggul sepanjang 72 kilometer dan saluran air sepanjang 75 kilometer untuk mengalirkan air yang meluap dari sungai Chao Phraya. Hal ini, ujar Paribatra, adalah sistem yang telah dikembangkan selama puluhan tahun di Bangkok.

“Sistem pengendalian banjir ini mulai dikembangkan oleh Bangkok setelah kota ini didera banjir parah 27 tahun lalu. Kala itu Bangkok tenggelam selama hampir tiga bulan,” ujar Paribatra.

Kendati sistem penanggulanganh banjir Thailand yang canggih, Paribatra tidak dapat menjamin Bangkok tidak kebanjiran lagi. “Tapi setidaknya kami dapat memastikan banjir besar seperti 27 tahun lalu tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.
• VIVAnews

Maradona Pemain Terbaik Sepanjang Masa


VIVAnews - Diego Maradona, salah satu legenda sepakbola dunia hari ini, Sabtu, 30 Oktober genap berusia 50 tahun. Pemain berjuluk 'Golden Boy' ini, merayakan ulang tahun emas dengan bermain bersama mantan rekan setimnya di Napoli yang berhasil menjuarai Seri A Liga Italia pada 1987 dan 1991.

Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis mengucapkan selamat ulang tahun kepada legenda San Paolo Diego Armando Maradona dengan memberinya label pemain terbaik sepanjang masa.

Di hari spesial ini, De Laurentiis mengeluarkan pujian bagi legenda Napoli di laman resmi klub Napoli itu.

"Pada 30 Oktober 1960 telah lahir seorang manusia yang kelak akan mengubah sejarah sepakbola, pemain terbaik sepanjang masa, dan mampu mengangkat status Napoli menjadi salah satu legenda yang tak pernah mati," tulis De Laurentiis, dalam laman resmi Napoli.

"Hari ini sang juara merayakan sesuatu yang tidak akan bisa dilupakan, perayaan masa keemasan dalam hidupnya."

Napoli mengucapkan selamat ulang tahun kepada Diego Armando Maradona. 50 tahun yang sudah dilewatinya sungguh luar biasa seperti cinta yang selalu diperlihatkan Napoli kepada seorang maestro sepakbola abadi.

Sepanjang karir sepakbolanya, Diego Maradona memang kontroversial. Terlepas dari masa lalu nya yang diwarnai ketergantungan kokain dan alkohol, Si Boncel tetap dipandang sebagai pebola paling fenomenal sepanjang sejarah.

Aksi-aksi kontroversial mendekati 'gila' itu pula yang membuat Maradona bak magnet. Dan di laga kontra Peru lalu, kegilaan seorang El Pibe d'Oro kembali terlihat.

Gol Martin Palermo yang membuat Argentina akhirnya unggul 2-1 disambut dengan aksi diving pelatih timnas Argentina ini.

Galaxy Tab Isi Celah Antara PC dan Smartphone


KOMPUTER tablet saat ini memang tidak bisa dijadikan pasar mandiri karena memang segmen ini belum memiliki kategori khusus.

"Lembaga survei seperti JFK pun belum mencatat tablet ke dalam kategori baru, tapi masuk ke dalam smartphone," ujar Head of Marketing HHP Business Samsung Electronics Indonesia Eka Anwar.

Bisa jadi, lanjut Eka Anwar, Galaxy Tab akan mengisi celah kosong antara smartphone dan PC. "Terutama pengguna yang menganggap smartphone kurang besar, juga netbook yang tidak portable," paparnya.

Saat ini, penjualan tablet memang tidak akan memberikan kontribusi yang terlalu signifikan karena pasarnya yang masih tergolong baru dan relatif kecil. Namun, pada masa mendatang, bukan tidak mungkin tablet akan tumbuh dengan cepat. Salah satunya karena dorongan dari operator.

Strategy Analytics Mobile Broadband Opportunities (MBO) memprediksi,operator dapat mendorong pertumbuhan volume tablet hingga 70 persen di Amerika dan Eropa.

"Operator telekomunikasi bisa mengakselerasi pertumbuhan pasar tablet," papar Chris Ambrosio, Executive Director dari Strategy Analytics Global Wireless Practice.

"Pada masa mendatang, ini akan menjadi kesempatan yang sama-sama menguntungkan antara vendor dan operator," katanya.

Teguh Prasetya, Group Head Brand Marketing Indosat, mengungkap bahwa Galaxy Tab beroperasi cukup baik di jaringan Indosat. Potensi tablet di Indonesia, Teguh menilai, memang cukup besar.

"Saya yakin Galaxy Tab ini akan cepat diserap pasar karena trennya ke arah sana," paparnya. (Koran SI/ Danang Arradian) (srn)

Manajer Kegemukan, McDonald's Harus Ganti Rugi


SAO PAOLO - Sebuah persidangan yang digelar minggu ini memvonis McDonald's, harus membayar mantan manajernya, sebesar Rp156 juta. Hal itu lantaran berat badan sang manajer naik 30 kilogram selama dia bekerja selama 12 tahun.

Pria berusia 32 tahun tersebut merasa terpaksa harus mencicipi contoh makanan setiap hari, untuk memastikan kualitas standar makanan tetap terjaga.

Kewajiban mencicipi makanan dilakukan karena McDonald's selalu menyewa "tamu misterius" di setiap restoran secara acak, untuk melaporkan makanan, pelayanan dan juga kebersihan.

Manajer juga mengatakan, bahwa perusahaan menawarkan makanan gratis kepada karyawan, menambah asupan kalorinya pada saat bekerja di sana. Demikian, seperti dilansir Associated Press, Jumat (29/10/2010).

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Hakim Joao Ghisleni Filho di pengadilan Porto Alegre. Ghisleni mengatakan, bahwa McDOnald's bisa saja naik banding atas keputusan tersebut.

Sementara McDonald menyatakan, makanan yang mereka keluarkan adalah makanan sehat. "Perusahaan menawarkan berbagai pilihan menu makanan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan karyawannya," demikian pernyataan resmi restoran cepat saji.(rhs)

Protes China, Biksu Tibet Naik Motor ke 22 Negara


DHARMASALA - Biksu Tibet yang dalam pengasingan di India, menyambut meriah kedatangan seorang biksu Tibet yang mengunjungi 22 negara mengendari motor. Aksi biksu Tibet petualang ini dilakukan untuk mendesak kemerdekaan atas Tibet dari genggaman China.

Sambil meneriakkan slogan agar China untuk membebaskan Tibet, puluhan biksu yang dalam pengasingan di India menyambut Lhakpa Tsering begitu ia tiba di Dharmasala. Tsering yang mengendarai motor, telah mengunjungi 22 negara untuk membawa pesan kemerdekaan Tibet.

Saat tiba, biksu lain langsung mengarak Tsering ke sekolah di mana dia dibesarkan sebagai anak yatim piatu 40 tahun lalu.

"Saya hanya berpikir harus ada seseorang yang bisa menyuarakan aspirasi warga Tibet. Saya memutuskan untuk melakukan perjalanan keliling dunia, memberitahu warga dunia mengenai pentingnya kemerdekaan Tibet," ungkap Tsering seperti dikutip Associated Press, Jumat (29/10/2010).

Menurut biksu berusia 41 tahun tersebut, dia merasa berhasil dengan apa yang rasakan sekarang.
Dirinya yakin jika dunia mendengar pendapatnya tentang China yang mencaplok wilayah Tibet dan mendesak Negeri Tirai Bambu untuk memerdekakan Tibet.
(faj)

Chicharito-Rooney Rebutan Starting XI


MANCHESTER – Nama Javier ‘Chicharito’ Hernandez melejit seiring menurunnya penampilan Wayne Rooney.

Chicharito menjadi pahlawan saat dua golnya ke gawang Stoke City, akhir pekan kemarin, membuat Setan Merah mengamankan tiga angka. Penampilan striker internasional Meksiko berlanjut ketika United membungkam Wolverhampton Wanderers 3-2 tengah pekan lalu.

Penampilan brilian Chicharito seperti angin segar untuk United yang kehilangan taji Rooney. Skandal seks serta rentetan cedera membuat Rooney belum banyak berkontribusi untuk United musim ini.

Ferguson tak menyembunyikan kekagumannya kepada Chicharito. Kendati demikian, striker 22 tahun tetap harus berjuang keras memperebutkan tempat utama jika Rooney pulih dari cedera.

“Penampilan Chicharito membuktikan itu. Kami merasa dia mampu menembus (skuad inti), ini memberi Anda masalah saat selesksi pemain. Tapi, ini masalah yang sifatnya positif,” tandas Fergie seperti disitat Guardian, Sabtu (30/10/2010).

“Akan sulit meninggalkan Hernandez. Saya bahkan tak terpikir meninggalkannya. Dia mendapat tempatnya karena memang layak berada di tempat utama,” pungkas pelatih Skotlandia.
(wei)

Ferrari Luncurkan 5 Unit Mobil Oakley Edition


ITALIA- Ferrari dikabarkan akan membuat kendaraan edisi terbatas dari model 458 Italia, yang dibuat oleh tim Oakley Design.

Perusahaan asal Italia tersebut mengatakan, salah satu model produksi pertama mobil edisi khusus itu akan melakukan debut di acara SEMA Auto Show yang akan dilaksanakan pekan depan.

Super car dua pintu tersebut akan dilengkapi secara eksklusif dengan pelek forget HRE P40S Monoblok Custom.

Dengan menggunakan pelek keluaran HRE, daya cengkeram roda ke aspal menjadi lebih baik karena bidang yang menapak ke aspal lebih lebar. Namun pelek tersebut masih lebih ringan dibanding dengan roda standar.

Mobil ini juga telah mengalami penurunan bobot, sehingga akan meningkatkan handling, pengereman, dan akselerasi.

Untuk sektor sumber tenaga, 458 edisi Oakley telah dilengkapi dengan sebuah ECU yang disetel ulang, sehingga dapat meningkatkan tenaga yang dikeluarkan dari 570 hp sampai 627 hp, sedangkan torsi juga meningkat dari 540 Nm menjadi 567 Nm.

Dengan bobot yang turun sebesar 65 kilo, akselerasi yang dibuat mobil tersebut menjadi lebih cepat. Dari 0 hingga kecepatan 100 km/h, waktu yang dibutuhkan turun dari 3,4 detik menjadi sekitar 3,0 detik. Sementara kecepatan tertinggi dapat diraih hingga 330 km/h.

Aerodinamika mobil juga ditingkatkan dengan penggunaan spoiler depan yang ditambah down forde hingga 45kg pada ujung depan, dan mampu menahan hingga kecepatan 241 km/jam. Spoiler belakang baru dengan flap Gurney juga menambahkan downforce sebesar 25 kg.

Selain itu, aliran udara ditingkatkan dengan penggunaan ventilasi radiator di bagian tengah, dan exhaust radiator di sebelah lampu. Side sills kini lebih stylish dan bagian belakang serta diffuser pada bagian bawah bodi mobil baru.

Ferrari hanya akan memproduksi mobil ini secara terbatas, yakni hanya 5 mobil. Namun buat yang tidak kebagian, Ferrari juga tetap akan membuat perangkat aksesoris edisi Oakley yang dijual terpisah. (uky)

Nge-Tweet Soal Anggur Vietnam, Pejabat Filipina Menuai Kontroversi


Hanoi - Twitter memang kian mewabah. Namun ini peringatan untuk para pejabat agar tidak sembarangan nge-tweet.

Seorang pejabat pemerintah Filipina harus meminta maaf karena telah memposting komentar yang meremehkan negara lain lewat situs micro-blogging, Twitter.

Maria Carmen Mislang tengah berkunjung ke Vietnam bersama Presiden Filipina Benigno Aquino untuk mengikuti KTT ASEAN di Hanoi. Mislang merupakan penulis pidato Aquino yang memegang jabatan asisten sekretaris.

Saat mengikuti KTT tersebut, Mislang nge-tweet mengenai minuman anggur yang disajikan tuan rumah Vietnam. "The wine sucks @rickycarandang," begitu bunyi tweet wanita tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/10/2010).

Tweet menghina minuman anggur tersebut tampaknya untuk merespons pertanyaan dari atasan langsung Mislang, Ricky Carandang, juru bicara Presiden Aquino.

Tweet tersebut pun ramai dibicarakan di negaranya sendiri, Filipina. Banyak warga Filipina mengungkapkan kekesalan mereka pada Mislang lewat Twitter dan situs jejaring sosial, Facebook. Sebagian besar kesal karena Mislang dianggap tidak menghormati negara tuan rumah Vietnam yang tengah dikunjunginya.

Buntutnya, Mislang pun meminta maaf atas komentarnya itu. Juru bicara kepresidenan Filipina, Abigail Valte, mengatakan bahwa Mislang telah memposting permintaan maaf atas komentar kontroversialnya itu. Mislang pun telah menghapus tweet soal anggur tersebut.

Kabarnya, selama di Hanoi, Mislang pun sempat nge-tweet mengenai tidak adanya pria-pria tampan di negeri itu.
(ita/ita)

Fahma dan Hania, Pengembang Aplikasi OVI-Nokia Termuda


Jakarta - Fahma Waluya Rosmansyah (12) dan Hania Pracika Rosmansyah (6), kakak beradik ini tak hanya menjadi jawara di 10th Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) 2010. Tapi mereka juga mencatat rekor sebagai pengembang aplikasi OVI-Nokia termuda.

Dalam kompetisi yang digelar di Malaysia, 12-16 Oktober silam, Fahma dan Hania menjadi peserta termuda. Materi presentasi dan aplikasi yang mereka tampilkan dalam kompetisi software ini menarik perhatian petinggi Nokia yang hadir dalam acara tersebut.

English for Children (Enrich) dan Belajar Huruf, Angka dan Warna (Banana), dua aplikasi buatan mereka pun langsung diminta untuk dimasukan ke dalam OVI Store. Merekapun mendapatkan hadiah dari Nokia sebuah ponsel N8 atas prestasinya.

"Awalnya mereka minta Enrich buat dimasukin ke dalam OVI Store. Terus belakangan Banana juga dimasukin," ujar Fahma saat berbincang dengan detikINET di rumahnya, Jalan Bukit Ligar No 19, Jumat (29/10/10).

Kedua aplikasi tersebut sengaja digratiskan. Mereka beralasan dengan gratis maka akan banyak yang menggunakan aplikasi ini. "Biar semuanya bisa pakai dan bisa belajar," katanya polos.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang telah dibuat oleh Fahma. Selain Enrich dan Banana, ada satu aplikasi yang diikutsertakan dalam APICTA 2010. Matematika Anak Pintar (Mantap), sebuah aplikasi untuk belajar menghitung.

Aplikasi terbaru yang sudah dibuatnya adalah Doa Usaha Ikhlas Tawakal (DUIT). Aplikasi ini lebih kental unsur permainannya. Dalam DUIT, kita harus menangkap uang yang berjatuhan dari langit menggunakan kopiah. Selain melatih motorik, DUIT juga melatih berhitung. Karena dari uang-uang yang berhasil ditangkap akan dijumlahkan.

Saat ini keduanya telah membuat beberapa aplikasi dan game. Fahma telah membuat 12 aplikasi dan 4 diantaranya versi mobile. Sedangkan Hania sudah membuat 8 aplikasi.

"Belum semuanya bisa diaplikasikan di handphone. Baru 4 yang versi mobile. Tapi nanti semuanya akan dibuat versi mobile-nya," kata Fahma menjelaskan.

( afz / wsh )

5 Langkah Bersihkan Account Facebook


Jakarta - Sebuah program jahat yang mencatut nama 'McDonalds' merebak di Facebook. Jika menjadi korbannya, account Facebook Anda akan menyebarkan hal itu pada semua kenalan.

Tentunya hal itu sangat menyebalkan. Selain ada juga potensi dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkah berikut ini seperti disampaikan Alfons Tanujaya, analis antivirus Vaksincom, yang dikutip detikINET, Sabtu (30/10/2010):
Jika anda sudah terlanjur menjadi korban dan menyebarkan Event Invitation pada seluruh kontak Anda, segera informasikan ke seluruh kontak Facebook Anda untuk tidak mengklik link yang diberikan apalagi sampai menyetujui instalasi aplikasi.
Klik [Account] [Privacy Settings]. Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”
Klik [Edit your settings] dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications, Games and Websites"
Klik [Remove unwanted or spammy applications] untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use" dan klik tanda X di sebelah “Edit Settings”
Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player.
( wsh / wsh )

Waspadai Video 'McDonalds' di Facebook


Jakarta - Sebuah aksi tidak bertanggungjawab menyebar lewat Facebook dengan mencatut nama besar McDonalds. Berikut adalah beberapa judul video yang perlu diwaspadai.

Keberadaan aksi itu disampaikan Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (30/10/2010).

Alfons mengingatkan, aksi ini bisa mengenai siapa saja, tak peduli sistem operasi yang diguunakan. "Perlu menjadi catatan dan perhatian para pengguna komputer, eksploitasi ini terjadi pada API Facebook dan bukan pada OS komputer Anda," ujarnya.

Berikut adalah beberapa judul yang perlu diwaspadai:
The Truth behind Mcdonalds
What McDonalds DOESNT Want You To See
SHOCKING McDonalds Video
The DISGUSTING Truth Behind McDonalds

Pelaku akan menyebarkan aksinya melalui Invitation di Facebook. Jika hanya klik 'Yes', 'No' atau 'Maybe', penerima undangan tak akan terkena apa-apa.

Namun, jika mengikuti tautan pada undangan itu, pengguna akan dihadapkan sebuah pertanyaan untuk mengizinkan aplikasi 'HD Video Player' di Facebook.

Nah, jika aplikasi itu diizinkan (Allow) maka ia akan tertanam di account Facebook korban dan menyebarkan undangan yang sama ke semua temannya. Jelas ini bisa sangat mengganggu.
( wsh / wsh )

Thursday, October 28, 2010

Bocor, Foto Ponsel PlayStation Ber-OS Android


INILAH.COM, Jakarta - Gambar bocoran PlayStation Phone seolah memastikan Sony mempertimbangkan Android untuk me-reboot platform game portable mereka.

Sementara itu, rumor PSP2 santer berhembus dan membuatnya semakin membingungkan.

Sejumlah foto yang beredar diklaim sebagai ponsel PlayStation Sony Ericsson. Ponsel bersistem operasi (OS) Android itu dengan layar sentuh empat inci dan kontrol game slider termasuk D-pad di kiri dan empat tombol PS (segitiga, kotak, bundar dan x) di kanan.

Selain itu juga ada pad sentuh di tengah yang diperkirakan berperan sebagai joystick analog.

Menurut Engadget, PlayStation Phone akan menggunakan Android versi 3.0 dengan prosesor 1 GHz Qualcomm MSM8655, RAM 512MB serta slot microSD.

Namun pinggiran handset dalam foto yang dikeluarkan Engadget ini terlihat kasar.

Engadget berkilah foto ini merupakan prototipe yang berarti perangkat dalam foto ini kurang polesan untuk menjadi sebuah produk final.

Lalu apakah foto ini asli? Sejumlah blogger game tak yakin akan hal ini, namun Engadget tetap meyakininya.

Semnetara Sony mengungkapkan pernyataan standar. "Kami tak mengomentari rumor atau spekulasi".

Sementara rumor PlayStation Portable juga berhembus, Kotaku mengklaim perangkat genggam terkenal PSP 3000 dan PSP Go akan memiliki layar yang lebih besar, pad sentuh, serta dual analog stick.[ito]

Windows 8 Segera Gantikan Windows 7


VIVAnews - Dalam sebuah posting blog di website Belanda, Microsoft mengatakan Windows versi berikutnya, yakni Windows 8, tengah dikembangkan. Dikatakannya, Windows 8 tidak akan diluncurkan hingga dua tahun ke depan.

Kabar itu muncul di sela posting blog yang sedang memperingati satu tahun Windows 7. Dalam halaman Web yang sama, dituliskan pula bahwa Windows 8 akan termasuk Windows App Store, serupa dengan yang diperkenalkan Apple untuk Mac minggu lalu.

Selain itu, login ke dalam Windows tak lagi dengan fingerprint atau mengetik password, tetapi pada pengenalan wajah (face recognition). Selain itu, Microsoft menjanjikan boot-up yang jauh lebih cepat dari Windows 7.

Desas desus yang beredar, termasuk pada slide deck yang terpampang di halaman Websiter tersebut, Windows 8 akan diluncurkan Microsoft di awal tahun 2011. Pasalnya, perusahaan yang dikendarai Steve Ballmer itu enggan disaingi Apple yang baru saja memperkenalkan Mac OX X Lion. Nampaknya Microsoft ingin mempertahankan suasana yang kompetitif.

Namun, mendengar kabar Windows 8 baru akan keluar sekitar dua tahun lagi bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya, perusahaan yang berkantor di Seattle itu pernah menghabiskan waktu lebih lama dan tertinggal jauh dari Apple saat mengembangkan Windows 7.

Ya, Windows 7 dirilis pada bulan Oktober setahun lalu, sekitar dua tahun setengah setelah Windows Vista. Sementara gap antara Windows Vista dan Windows XP lebih jauh lagi, sekitar lima tahun.
• VIVAnews

Tiga Kondisi Dilarang Keramas


VIVAnews - Rambut lepek dan berminyak seringkali membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Rasanya pasti ingin segera keramas. Tapi, ada kalanya seseorang tidak diperkenankan mencuci rambut.

Berikut tiga situasi yang mungkin memaksa Anda harus menunda mencuci rambut untuk sementara waktu, seperti dikutip dari laman Genius Beauty:

Usai keriting rambut
Anda harus menahan diri melakukan keramas setidaknya selama 24 jam setelah proses keriting rambut. Bahkan, beberapa ahli kesehatan rambut menyarankan untuk tidak keramas selama 72 jam atau setidaknya selama 3 hari.

Jika nekat melakukan keramas dikhawatirkan efek obat pengeriting rambut akan luruh dan proses keriting rambut gagal. Selain mematuhi aturan keramas, usai pengeritingan juga disarankan menggunakan sampo khusus yang lebih lembut.

Menjelang ke salon
Anda mungkin malu jika datang ke salon dengan rambut sangat berminyak atau kotor. Tapi, ini jauh lebih baik daripada Anda memaksakan diri mencuci rambut dahulu di rumah. Sebab, terlalu sering cuci rambut dalam rentang waktu berdekatan justru bisa merusak rambut.

Jangan khawatir para penata rambut di salon akan mencemooh rambut Anda. Justru dengan keadaan rambut tanpa dikeramas, mereka akan tahu kondisi rambut Anda yang sesungguhnya. Ini akan mempermudah mereka menemukan solusi masalah rambut.

Usai suntik botoks
Botoks agaknya menjadi prosedur kecantikan yang kian populer. Dokter biasanya memeringatkan pasien mereka untuk menghindari semua jenis pijat wajah (termasuk daerah di sekitarnya) dan memerintahkan mereka untuk tidak tidur dengan wajah tersentuh bantal atau kasur.

Sementara mencuci rambut adalah prosedur yang melibatkan kulit kepala dan wajah. Jadi Anda harus menghindari mencuci rambut Anda tepat setelah injeksi botoks. Berapa lama? Untuk menghindari efek samping yang tidak menyenangkan, seperti memar, setidaknya Anda baru boleh keramas enam jam setelahnya. (pet)
• VIVAnews

Ingin Mimpi Indah? Coba Makan Keju


VIVAnews - Sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi keju saat santap malam mampu membuat tidur nyenyak, bahkan mimpi indah. Benarkah asupan nutrisi makan malam memengaruhi kualitas tidur?

Sebanyak 200 sukarelawan yang terlibat dalam penelitian itu diminta mengonsumsi 20 gram keju setengah hingga sejam sebelum tidur. Aktivitas ini dilakukan selama tujuh malam berturut-turut.

Hasilnya, 72 persen partisipan merasa tidur lebih nyenyak. Bahkan, sekitar 70 persen di antaranya bisa menceritakan mimpi-mimpi indahnya. Bisa mengingat mimpi merupakan tanda tidur malam yang berkualitas.

Para peneliti yakin bahwa keju benar-benar dapat membantu tidur seseorang lebih lelap. Ini mungkin karena keju mengandung protein dan asam amino seperti tryptophan, yang dapat mendorong dan merangsang timbulnya rasa kantuk.

Nyaris tak ada di antara mereka yang mengalami mimpi buruk selama percobaan. Sejumlah ahli mengatakan, hal tersebut disebabkan kandungan tryptophan yang terdapat pada keju, asam amino yang mampu melepaskan stres dan membantu Anda untuk tidur.

Ada banyak varian keju yang bisa Anda pilih. Coba saja keju Stilton yang mungkin bisa memancing mimpi-mimpi 'gila', keju Cheddar yang katanya bisa membuat Anda mimpi indah bersama selebriti pujaan, atau keju Red Leicester jika ingin nostalgia dengan masa lalu.

Meski demikian, sebaiknya Anda perlu membuktikan kebenaran testimoni orang-orang itu tentang jenis keju dan efek mimpi indahnya. Selamat bersantap malam dengan keju!
• VIVAnews