GM Pamer Kendaraan Antimacet Masa Depan


INILAH.COM, Jakarta – Saat di Consumer Electronics Show (ECS) 2011, General Motors (GM) memamerkan ‘Electric Networked Vehicle’. Kendaraan ini diklaim antimacet.

GM menguak Electric Networked Vehicle (EN-V) tahun lalu saat di World Expo Shanghai. Produsen mobil bervisi mobilitas berkelanjutan perkotaan ini mengatakan siap memberi pandangan kendaraan roba dua ini di Consumer Electronics Show 2011 (CES).

Di parkiran luar Las Vegas Convention Center, perancang EN-V beserta teknisinya mendemonstrasikan kemampuan kendaraan itu berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain dan menyetir secara otomatis atau di bawah kendali sopir.

Kendaraan ini juga mampu menghilangkan salah satu manuver paling ditakuti sopir perkotaan, yakni keterampilan parkir di set paralel. Prototipe EN-V memiliki tiga rancangan berbeda.

Merah dan hitam Jiao ‘kebanggaan’ China terinspirasi dari Opera topeng Beijing. Sedangkan seperti dikutip Scientificamerican, hijau neon dan abu-abu Miao ‘sihir’ China terinspirasi rumah di perkotaan pada sekuel TRON terbaru.

Sementara itu, Xiao ‘tawa’ China terlihat sedikit seperti helm menyelam tradisional. Solusi pada macetnya lalu lintas kota telah lama dipikirkan. Selama beberapa tahun terakhir, teknisi GM mencari jalan keluarnya melalui lensa berbeda.

Salah satunya yaitu mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi kendaraan listrik dan konektivitas nirkabel guna mengaktifkan modus transportasi yang lebih pribadi, lebih cepat dan lebih aman dibanding motor namun lebih kecil dan lebih ramah lingkungan dibanding mobil. [vin]
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto