Menata Barang Bawaan di Mobil Kala Mudik

KOMPAS.COM - Minggu ini menjadi awal dari perjalanan mudik lebaran dengan kendaraan sendiri. Dengan menggunakan mobil, baik jenis sedan, multi purpose vehicle (MPV) maupun sport utility vehicle (SUV), masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Terutama dalam membawa barang dan penumpang.

Seperti sedan, misalnya paling enak bawa barang karena tersedia bagasi. Tapi, tidak bisa membawa penumpang lebih dari 5 orang. Sementara MPV mampu mengangkut lebih 5 orang, hanya kerepotan menjejalkan koper dan barang lainnya.

Inilah langkah-langkah yang harus diperhatikan kala menyusun barang di bagasi.

- Untuk mobil jenis SUV atau MPV, bagasi bisa dikasih cargo net untuk mencegah barang tidak jatuh saat membuka pintu. Harganya antara Rp100 sampai 200 ribu.

- Pastikan tidak membawa koper besar-besar atau ukurannya sama semua. Sebaiknya, masing-masing memiliki ukuran berbeda (ukurannya mengecil).

- Koper paling besar masuk lebih dulu, kemudian diikuti yang ukurannya lebih kecil.

- Tas yang sering diambil sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah terjangkau.

- Jangan sekali-sekali meletakkan barang di di atasp mobil, jika tidak punya tempat khusus seperti roof rack atau bagasi tambahan. Karena kena hujan akan hancur (kardus), mengurangi kestabilan, dan bensin boros.

- Kalau memang barang bawaannya banyak, sebaiknya sebagian dikirim lewat paket pengiriman. (Aries Aditya Putra/SBT)

Editor: Bastian
Car & Tuning Guide
Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto