Taksi Ramah Lingkungan akan Berseliweran di London


Jakarta - London akan memiliki armada taksi ramah lingkungan pertama di dunia. Menjelang perhelatan Olimpiade 2012 di kota tersebut, black cab atau taksi bercat hitam yang menjadi ikon London akan disulap agar 'hijau'.

Agar mengurangi polusi, taksi yang dikembangkan oleh Intelligent Energy ini menggunakan sel bahan bakar hidrogen dan baterai polimer lithium.

Kombinasi bahan bakar sel dan baterai mampu memberi energi bagi taksi untuk berkeliling London atau dalam jarak sekitar 250 mil.

Selain bertujuan mengurangi emisi gas karbon, dikatakan Walikota London, Boris Johnson, dia ingin kota yang dipimpinnya menjadi yang terdepan dalam teknologi sel bahan bakar.

Prinsip kerja sel bahan bakar adalah memanfaatkan proses elektrokimia di mana hidrogen (H2) dan oksigen (O2) digunakan sebagai bahan bakar.

Taksi akan mulai bekerja ketika sel bahan bakar menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Adapun hasil pembakarannya berupa air (H2O) sehingga tidak menimbulkan polusi.

"Prototype taksi nol emisi ini adalah contoh kecerdikan Inggris dalam mengombinasikan teknologi sel bahan bakar yang revolusioner dengan ikon taksi London yang klasik," ujarnya seperti dikutip detikINET dari Popular Science, Jumat (1/4/2011).

Dia juga mengumumkan rencananya untuk meningkatkan jumlah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di sekitar London. Rencananya, black cab ini akan berseliweran di jalanan London, menjadi kendaraan resmi untuk mendukung perhelatan Olimpiade 2012 mendatang.




( rns / ash )