Saturday, January 30, 2016

Pengalaman Menggunakan Layanan E-money Mandiri E-cash di Smartphone



Note: Layanan ini bisa digunakan oleh non nasabah bank mandiri dan tentunya oleh nasabah bank mandiri. Dan kebetulan gw sendiri bukan nasabah bank mandiri, yang dibutuhkan hanya nomor ponsel kita sebagai nomor rekening :).

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu akan semakin memudahkan hidup manusia. Nah dalam dunia keuangan sendiri ada istilah e-money yang membuat transaksi apapun bisa dilakukan tanpa menggunakan uang fisik. Nah jenis e-money sendiri ada beragam dan tidak hanya perbankan saja yang boleh menyelenggarakan e-money ini. Bentuknya pun beragam dari mulai menggunakan kartu nirsentuh seperti BCA Flazz, Mandiri E-money, Mandiri E-Toll, BNI Tap Cash dan lain sebagainya. Lalu Operator seluler juga tidak mau kalah menyelenggarakan layanan e-money seperti Telkomsel T-cash, Indosat Ooredo Dompetku, XL Tunai dan mungkin akan menyusul layanan e-money dari operator lainnya. Lalu ada dari pihak lain selain bank dan operator selular seperti Doku, Skye Mobile Money, Artajasa Mynt dan lain-lain.

Nah ada juga layanan e-money yang menggunakan aplikasi di smartphone maupun layanan USSD di ponsel lawas seperti Mandiri E-cash, BCA Sakuku, CIMB Niaga Rekening Ponsel, Bank Permata dengan BBM Money dan akan banyak lagi yang akan bermunculan di masa yang akan datang.

Nah kali ini gw akan berbagi pengalaman menggunakan layanan mandiri e-cash walaupun gw bukan nasabah bank mandiri. Sebenarnya gw yang nasabah bank BCA berharap layanan sakuku bisa lebih lengkap namun karena aplikasi sakuku ini sendiri baru diluncurkan 2015 kemarin ya jadi wajar saja belum banyak fitur yang tersedia. Mungkin saat fitur-fiturnya sudah lengkap seperti bisa tarik tunai dan merchant yang bekerja sama sudah banyak gw akan coba layanan sakuku dari BCA.

Nah kembali lagi ke mandiri e-cash, untuk bisa menikmati layanan mandiri e-cash cukup download aplikasi mandiri e-cash di toko aplikasi smartphone atau melalui USSD *141*6#. 



Nah setelah kita mendownload dan melakukan registrasi kita telah dapat menggunakan layanan mandiri e-cash ini dengan status unregistered. Nah bedanya status unregistered dan registered itu apa sih? Nah berikut perbedaannya:


Untuk mengupgrade status ke registered gimana sih? Gini nih caranya:




Kebetulan karena gw bukan merupakan nasabah bank mandiri, gw datang deh tuh ke kantor bank mandiri terdekat untuk upgrade status menjadi registered.

Tampilan awal setelah melakuakan registrasi dan login adalah seperti ini



Setelah login tampilan di home akan berisi saldo beserta histori transaksi kita


Untuk tampilan menu sendiri akan terlihat seperti ini


Pengalaman gw sendiri dalam menggunakan layanan mandiri e-cash ini sendiri cukup memuaskan. Saat pertama kali mengisi saldo mandiri e-cash menggunakan ATM BCA kita mentransfer menggunakan kode bank mandiri yaitu 008 lalu untuk rekening yang dituju biasanya diawali dengan 80 diikuti dengan nomor ponsel kita contoh 800812758395 nah nanti akan muncul nama pemilik rekening tersebut yaitu nama kita sendiri. Jika jumlah uang yang akan ditransfer dan nama pemilik rekeningnya sudah sesuai maka tekan ya saja. Otomatis setelah saldo mandiri e-cash terisi kita juga akan menerima SMS pemberitahuan bahwa saldo kita berhasil diisi.

Untuk tarik tunai sendiri hanya bisa dilakukan di ATM Mandiri maupun di agen yang telah bekerja sama seperti indomaret. Gw sendiri untuk tarik tunai mencoba di ATM mandiri. Caranya masuk ke aplikasi mandiri e-cash pilih tarik tunai lalu pilih tarik tunai ATM setelah itu pilih jumlah yang ingin ditarik dan masukkan PIN kita. Nanti kita akan menerima kode SMS OTP berisi kode yang akan kita masukkan di ATM Mandiri. Nah untuk menarik uang di ATM Mandiri tanpa kartu ATM adalah dengan menekan tombol hijau pada ATM lalu pilih mandiri E-cash setelah itu masukkan nomor ponsel kita lalu masukkan nomor SMS OTP yang tadi kita terima dan uang pun bisa kita tarik. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video ini nih: 


Layanan mandiri e-cash yang udah gw gunakan beberapa minggu terakhir ini sendiri baru gw coba untuk tarik tunai dan isi ulang pulsa sih. Karena gw kalo untuk transaksi belanja online masih menggunakan BCA Klikpay.

Mungkin cepat atau lambat layanan cashless seperti ini akan semakin banyak ya digunakan oleh masyarakat apalagi saat layanan Apple Pay, Android Pay, Samsung Pay dan layanan lain sudah masuk ke Indonesia.

Kesimpulannya sih layanan Mandiri E-cash ini bisa jadi solusi untuk menjadi dompet digital seandainya kita ketinggalan dompet di rumah namun kita membawa smartphone bersama kita. Nah kalo ada yang mau tahu informasi lebih banyak tentang mandiri e-cash ini bisa langsung ke http://mandiriecash.co.id/home/ .