Alasan Memilih Lumix GM1 Bersensor Micro Four Thirds

Sumber gambar: http://photogear.com

Beberapa teman banyak yang bertanya mengapa gw memilih kamera mirrorless Panasonic Lumix GM1 yang memiliki sensor yang lebih kecil dari pada full frame ataupun APS-C yaitu format Micro Four Thirds (MFT) atau berukuran 4/3". Format MFT ini sendiri ditemukan oleh Olympus & Panasonic untuk standard kamera mirrorless mereka. Berbeda dengan pabrikan lain seperti Canon, Nikon, Samsung, Sony, Fujifilm, Leica dan lain sebagainya yang banyak menyematkan sensor kamera yang lebih besar seperti APS-C dan Full Frame bahkan beberapa mirrorless Nikon & Samsung ada yang menggunakan sensor yang lebih kecil dari MFT yaitu berukuran 1". Karena standard MFT ini dibuat oleh Olympus & Panasonic maka lensa kedua kamera ini bisa ditukar-tukar tanpa perlu menggunakan adapter.

Berikut perbandingan ukuran sensor yang ada pada kamera digital:
Sumber gambar: http://photoseek.com
Gw masih amatiran sih dalam dunia fotografi namun untuk memilih kamera harus disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. Kamera yang memiliki sensor yang lebih besar biasanya memiliki efek blur yang baik, performa low light juga biasanya lebih baik. Namun semakin besar sensor biasanya ukuran lensa juga semakin besar. Untuk itu setiap orang punya pertimbangan tersendiri dalam membeli kamera sesuai kriteria dan kebutuhan masing-masing orang tersebut.

Nah pertimbangan dan kebutuhan gw waktu membeli kamera adalah kamera harus mirrorless, ukuran kecil, hasil gambar baik, konektifitas memiliki wifi, autofocus cepat. Nah setelah gw browsing akhirnya menemukan kamera yang sesuai dengan kriteria gw yaitu Panasonic Lumix GM1. Kamera ini kecil bahkan sangat kecil untuk ukuran kamera mirrorless namun performanya sangat baik terutama autofocusnya yang cepat. Hasil gambarnya sendiri bisa diadu dengan kamera lain yang lebih besar.

Enaknya menggunakan kamera mirrorless yang tampak seperti kamera pocket ini adalah kita bisa melakukan street photography tanpa merasa mengintimidasi objek yang kita potret (kamera ini memilki fitur silent shutter). Selain itu Lumix GM1 ini juga menyediakan fitur wifi untuk mentransfer hasil foto & video ke smartphone bahkan mengontrol kamera melalui smartphone terutama android dan iOS.

Kamera yang udah gw gunakan beberapa bulan terakhir ini sendiri hampir selalu gw bawa kemana-mana karena yaa itu tadi ukurannya yang sangat mungil namun performanya baik. Mungkin kalo gw punya kamera yang ukurannya besar malah jarang gw gunakan hehe.

Berikut penampakkan Lumix GM1:

Lumix GM1 dengan lensa kit G Vario 12 - 32mm

Lumix GM1 dengan Lumix G Vario 45 - 200mm

Lumix GM1 menggunakan lensa Olympus M. Zuiko 14 - 42mm

Lumix GM1 dengan Fujifilm X-M1

Lumix GM1 dengan Samsung NX Mini

Setiap orang pasti memiliki kriteria dalam memilih kamera namun untuk gw kamera yang bisa dibawa setiap hari karena ukurannya ringkas, cepat, memiliki wifi bahkam memilki flash internal sudah mampu menjawab kebutuhan gw yang membutuhkan hasil foto & video yang mumpuni. Karena sayang jika ada momen liburan, acara atau momen tak terduga lainnya yang tidak diabadikan dengan baik, karena ngga setiap saat momen itu bisa diulang kan? hehe. Tapi dibalik semua kelebihan Lumix GM1 ini ada beberapa kekurangan yang menurut gw lebih baik ditambahkan seperti baterai yang lebih awet, fitur in body image stabilization, flash yang lebih cepat dan terang. 

Berikut beberapa hasil foto yang pernah gw abadikan dengan Panasonic Lumix GM1:
































Email: rizky.prawinto@gmail.com
Facebook Page: Rizky Prawinto Page
Facebook Profile: Rizky Prawinto
Instagram: @rizkyprawinto
Linkedin: Rizky Prawinto
Pinterest: rizkyprawinto